Pengertian, Fungsi, Dan Contoh Kalimat Interjection Dalam Tata Bahasa Inggris - Basic English Grammar #14


Saat hujan turun membasahi jalanan depan rumahmu, kamu asyik memandanginya, melihat titik-titik partikel air yang berjatuhan dari langit membuatmu merasa ketenangan dan kedamaian, namun sayangnya, ada seseorang yang merusak perasaan damaimu itu, saat-saat syahdu menikmati hujan, adik kecilmu yang nakal mengagetkanmu, reflek saja, kamu langsung terkejut dibuatnya.

Berdasarkan ilustrasi di paragraf pertama tulisan ini, kalau kamu sedang mempelajari bahasa Inggris, ada satu tata bahasa dasar yang cocok dengan cerita singkat itu. Ia adalah interjection. Melalui artikel ini saya ingin mengenalkanmu dengannya, siapa dia dan alasan apa yang membuatnya ada di tata bahasa inggris, tertarik untuk mengenalnya?
Apa itu interjection?

Penjelasan mudahnya, dia itu ada di kalimat bahasa inggris untuk membantumu mengungkapkan rasa terkejutmu, rasa empatimu pada sesama, atau kamu bisa juga mengekspresikan rasa kesalmu karena ada orang yang membuatmu marah, ya, dengan interjection, kamu bisa mengungkapkan apa yang kamu rasakan saat ini. Biasanya ungkapan-ungkapan dalam interjection sering digunakan disaat yang tak terduga seperti ilustrasi di paragraf pertama, lagi asyik dengerin suara air hujan jatuh, tiba-tiba ada yang mengagetkanmu, so, saat momen inilah interjection ada dan bisa kamu gunakan untuk mengekspresikan apa yang kamu rasakan detik itu juga. Selain itu, ia juga bisa digunakan untuk mengungkapkan rasa senang atau bahkan saat dirimu merasa ragu-ragu, so, every single emotion that you feel, you can express it by using interjection. :)


Kata-kata apa saja yang masuk dalam kategori interjection?

Ouch, oh, wow, eh, oh my god, ah, well, hi, phew, oh well, hush, dammit, gee, yuck, eww, bravo, dear, argh, boo, grr, aw, huh, eek, hmm, whoa.


Kapan kamu bisa menggunakan interjection?

1. Saat terkejut

Kata yang bisa digunakan: Eh, oh, oh well, well, eek, wow.

Eh! You won the debate competition?
Oh!!! This is Nintendo Switch that release this year, cool!
Oh well!!! You made me surprised!
Eek, there is a cockroach on my foot!
Wow, you got an A on your advance english structure, awesome!


2. Saat ragu-ragu

Kata yang bisa digunakan: hmm, er.

Hmm, I don't know what is the correct answer for the question number 21.
Your name is . . . er . . . Sasha, right?


3. Saat kesal dan marah

Kata yang bisa digunakan: Dammit, argh, grr.

Argh, he broke his promise to bring back my book!
Dammit! I lose the blog writing competition!


4. Saat senang

Kata yang bisa digunakan: Yippee, hooraray.

Hoorray, we will have a long holiday in Bali.


Oh iya, ini ada infografis dari penerbit inspira mengenai interjection, melalui gambar ini, kamu akan tahu kata apa lagi sih yang masuk kategori conjunction beserta fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya. :)

Apa Itu Interjection Dalam Tata Bahasa Inggris? - Basic English Grammar #14

Click to comment