Bingung Gimana Caranya Menjelaskan Kegiatanmu Sekarang Dalam Bahasa Inggris? Pakai Present Continuous Tense Aja

Bingung Gimana Caranya Menjelaskan Kegiatanmu Sekarang Dalam Bahasa Inggris? Pakai Present Continuous Tense Aja
Credit: Pinterest

Saat ini, kamu lagi asyik membaca novel favoritmu yang baru dibeli kemarin, tiba-tiba, salah seorang temanmu bertanya apa yang sedang kamu lakukan saat ini. Lalu, kamu pun menjawab pertanyaan temanmu itu kalau kamu sedang membaca novel yang baru saja kamu beli.

Nah, coba deh kamu perhatikan iilustrasi diatas, kalau kamu ingin membuat aktifitas itu sebagai sarana latihan Bahasa Inggris, kamu bias banget lho.

Why do I say so?

Soalnya Bahasa itu kan tujuannya emang untuk digunakan dalam keseharian. Maka dari itu, melalui artikel ini, saya ingin berbagi lagi nih dengan pembaca blog ini, kali ini saya ingin mengenalkanmu dengan tata Bahasa yang namanya "Present continuous tense."

Itu apaan lagi dah?

Enggak usah bingung ya, ini mau dijelasin kok, simpel aja, present continuous tense itu tenses yang bisa kamu pakai untuk menjelaskan kegiatan yang sedang kamu lakukan sekarang.

Misalnya, kamu lagi asyik nonton film kesukaanmu sekarang, itu masuk kategori present continuous tense, kamu lagi main petak umpet sama temanmu juga present continuous tense, kamu lagi asyik makan es krim trus temanmu jahil numpahin itu es krim sampe luluh lantah ke Tanah dan akhirnya kamu bete juga present continuous tense.

So, apapun kegiatan yang kamu lakuin sekarang, kamu bisa pake present continuous tense. Mudah, bukan?

Mudahnya, kalau kamu mau menggunakan tata Bahasa yang satu ini, kamu bisa pake formula berikut ini:

S + To Be + V-ing

Only Human 02
Credit: Bentang Pustaka

Contoh kalimat: I am reading a comic namely Only Human right now

Penjelasan

I: Subjek
Am: To Be
Reading: Verb-ing
A comic namely Only Human: Objek Kalimat
Right now: Keterangan waktu sekarang.

Note: Kalau kamu mau menggunakan present continuous tense, kamu punya dua pilihan lho, pertama, kamu bisa banget pake keterangan waktu seperti contoh kalimat diatas "Right Now" sebagai penjelas kalau kegiatannya sedang kamu lakukan saat ini.

Kedua, kamu juga bisa menghilangkan keterangan waktunya lho, soalnya tanpa menambahkan keterangan waktu pun, orang yang bertanya padamu tak akan mempermasalahkannya, soalnya dia kan emang lagi nanyainnya pada momen sekarang, so, enggak masalah kalau keterangan waktunya dihilangin. 

Gimana guys? Mudah, bukan? Semoga artikel ini mudah dimengerti dan bisa menambah pengetahuanmu mengenai tata Bahasa Inggris ya. :)

Bagaimana artikel ini menurutmu?

Click to comment