Grammarly, Aplikasi Yang Bisa Membuat Tulisanmu Bebas Dari Kesalahan Grammar

Mau Hasil Tulisan Bahasa Inggrismu Bebas Dari Kesalahan Grammar? Pakai Saja Aplikasi Grammarly
Credit: Grammarly (Logo) & The Write Life (Background)

Kamu mau menulis artikel, esai, atau bahkan skripsi dalam bahasa Inggris yang baik tapi masih ragu memulainya karena masih takut grammar yang kamu gunakan salah dan berantakan? Tenang saja, ada aplikasi web yang dikembangkan khusus yang bisa membantumu menulis dengan baik dalam bahasa Inggris.

Perkenalkan, nama aplikasi web ini namanya Grammarly. Aplikasi berbasis web online ini bisa bantuin kamu nyari kesalahan grammar yang ada di tulisanmu, saya sendiri sudah pernah mengujinya sendiri sewaktu mengambil mata kuliah essay writing, selain user interface yang terbilang ramah dengan pengguna, grammarly juga mudah banget dijalankan oleh siapapun lho.

Pertama, kunjungi langsung web resmi Grammarly, kalau kamu belum punya akun, buat saja, gratis kok, kamu hanya tinggal mengisi formulir email beserta passwordnya, voila, akun grammarly milikmu pun jadi.

Mau Hasil Tulisan Bahasa Inggrismu Bebas Dari Kesalahan Grammar? Pakai Saja Aplikasi Grammarly
Mau Hasil Tulisan Bahasa Inggrismu Bebas Dari Kesalahan Grammar? Pakai Saja Aplikasi Grammarly

Kedua, kalau sudah punya akunnya, login saja, begitu sudah masuk ke akun pribadimu, kamu bisa langsung menggunakan aplikasi ini untuk keperluan menulismu.

Mau Hasil Tulisan Bahasa Inggrismu Bebas Dari Kesalahan Grammar? Pakai Saja Aplikasi Grammarly



Ketiga, begitu masuk ke halaman akun grammarly milikmu, pilih ikon kotak berlogo file dengan caption bertuliskan new dan upload.

Mau Hasil Tulisan Bahasa Inggrismu Bebas Dari Kesalahan Grammar? Pakai Saja Aplikasi Grammarly

Keempat, setelah mengklik ikon itu, kamu akan diarahkan ke halaman editor grammarly yang nantinya bisa kamu gunakan untuk mengedit tulisanmu yang mungkin saja masih terdapat kesalahan grammar.

Mau Hasil Tulisan Bahasa Inggrismu Bebas Dari Kesalahan Grammar? Pakai Saja Aplikasi Grammarly

Kelima, kamu bebas memilih lho, mau menulis di editor tulisan grammarly langsung atau menulis di microsoft word dulu baru dipindahkan ke editor grammarly, apapun pilihannya, grammarly akan membantumu mencari kalimat atau kata yang salah dan memberikan saran berupa kata yang seharusnya kamu gunakan dalam tulisanmu. Mudah, bukan? Kira-kira seperti ini bentuk tulisan yang sudah dicek melalui aplikasi grammarly:

Mau Hasil Tulisan Bahasa Inggrismu Bebas Dari Kesalahan Grammar? Pakai Saja Aplikasi Grammarly

Terakhir, coba deh kamu perhatikan gambar diatas, di paragraf yang saya tulis melalui aplikasi grammarly ini, kamu bisa melihat ada dua kata yang bergaris bawah merah yang ditandai sebagai kesalahan penggunaan tata bahasa oleh Grammarly. Bagaimana cara memperbaiki kedua kata itu? Mudah saja, coba deh kamu lihat di sidebar sebelah kanan, disitu ada saran berupa pilihan kata yang benar dan bisa kamu gunakan untuk memperbaiki tulisanmu, semua kemudahan menulis ini bisa kamu dapatkan hanya dengan menggunakan Grammarly lho. :)

Oh iya, jangan karena ada aplikasi canggih seperti Grammarly ini kamu jadi malas latihan menulis ya, karena mau bagaimanapun canggihnya aplikasi, tetap saja kamu harus menulis draft tulisanmu sendiri lho, baru deh setelah itu kamu bisa pindahkan tulisanmu itu ke aplikasi Grammarly untuk diperbaiki grammarnya. As simple as that.

Last but not least, saya ingin memberitahu kalau artikel ini hadir di blog ini dari request peserta pelatihan menulis bahasa inggris yang pernah saya latih, lebih jelasnya bisa dilihat bukti pelatihan dan requestnya melalui dua artikel ini:


Saya harap artikel ini bisa bermanfaat sekaligus membantumu memperbaiki kualitas tulisanmu dari sisi tata bahasanya ya, terimakasih sudah membaca artikel ini ya. :)

Bagaimana artikel ini menurutmu?

1 komentar:

avatar

Ternyata ada aplikasi seperti ini ya, Mas, jadi mempermudah di jaman digital sekarang ini. Daftarnya juga mudah, aku coba cek dlu..

Click to comment