6 Keahlian Ini Bisa Membuatmu Menjadi English Debater Yang Baik

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok, kasih tip donasi minimal 10k sebagai bentuk apresiasi untuk kreator via Lynk.ID / Whatsapp
10k 20k 25k 10k 20k 25k

6 Keahlian Ini Wajib Kamu Pelajari Supaya Bisa Menjadi English Debater Yang Baik
Dokumentasi Pribadi - UHAMKA English Debating Championship 2017

Ingin jadi English Debater? Kalau iya, ada 6 keahlian yang wajib kamu pelajari lho. Walau tak bisa menjaminmu mendapatkan kemenangan mutlak, keahlian ini bisa meningkatkan kemampuanmu dalam debat Bahasa Inggris. So, apa aja sih 6 keahlian yang wajib kamu miliki supaya bisa menjadi English Debater yang baik? Let's check it out :)

1. Definition

Skill pertama, kamu harus mempelajari bagaimana caranya mendefinisikan sebuah topik debat. Kenapa hal ini penting? Dengan menguasai skill ini, kita bisa membuat debatnya menjadi bagus dan lebih produktif. Pastikan tidak ada kata kunci penting dalam topik debatnya yang terlewatkan ya, kalau ada yang terlewat, bisa dipertanyakan lawanmu lho. Hihi : D

Manfaat lainnya, kalau kamu sudah menguasai skill yang pertama ini, kamu bisa terhindar dari unfair definition alias definisi yang enggak adil dan merugikan pihak tim kamu. Kalau kamu belum menguasai definition, ya, I have to say sorry ya kalau lawanmu curang membuat definisi yang merugikan tim kamu, biasanya, dampaknya itu kalo kena efek unfair definition itu, lawanmu lebih mudah membuat argumen yang relevan dan kuat dibandingkan tim kamu.


2. Contextualization

Mendefinisikan topik memang penting, namun itu belum cukup, kamu harus juga menguasai contextualization. Apa itu? Penjelasan mudahnya, setelah mendefinisikan topik debatnya, kamu harus menjelaskan masalah utama dari topik debat tersebut, membuat tujuan yang ingin kamu capai dalam debat tersebut, beserta mekanisme cara mencapai tujuanmu itu, simpelnya, contextualization seperti itu.


3. Argument, Rebuttal, and Research

Dalam debat, kamu harus bisa membuat argumen. Tidak hanya itu, kamu juga harus bisa menyanggah (rebuttal) argumen dari tim lawan, dengan adanya argumen dan sanggahan, debat bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya. Keduanya bisa kamu kuasai asalkan kamu sudah melakukan studi literature (research) mengenai topik debatnya bersama tim debatmu.


4. Roles of Speaker

Dalam debat Bahasa Inggris, satu tim terdiri dari dua atau tiga orang. Nah, semua anggota tim memiliki perannya masing-masing. Oleh karena itu, menguasai peran tiap pembicara (roles of speaker) sangat penting karena bila semua anggota bisa memenuhi perannya dengan baik, maka debatnya bisa berlangsung dengan lancar.


5. Style of Speaker

Keahlian kelima ini terbilang sangat penting, kenapa? Karena gayamu menyampaikan (style) argumen diperhatikan oleh juri dan audien. Oleh karenanya, pastikan kamu memiliki kemampuan public speaking yang baik supaya bisa meyakinkan juri kalau argumen tim kamu lebih unggul disbanding tim lawan.


6. Know how a debate is adjudicated

Keahlian terakhir, kamu dan anggota tim harus tahu bagaimana sebuah debat dinilai oleh juri. Dengan mengetahui bagaimana juri menilai sebuah debat, kamu bisa tahu seberapa bagus performamu debat Bahasa Inggrismu.


Itu dia 6 keahlian yang wajib kamu miliki supaya bisa menjadi English Debater yang baik. Saya harap tulisan ini bisa bermanfaat untukmu ya, terlebih, kamu yang ingin mendalami bidang ini, English Debate. :)

Sudah berapa keahlian yang kamu kuasai? Yuk tulis pendapatmu di kolom komentar. :)

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating & kirim tip donasi minimal 50k untuk kreator via Lynk ID / Whatsapp ;


50k 100k 150k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten & Aturan Berkomentar

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang keras menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website, blog, karya ilmiah (jurnal, skripsi, buku komersil). Aturan berkomentar mudah, cukup komentar sesuai topik artikel, semua komentar akan dimoderasi, komentar yang relevan & tidak SPAM akan diterbitkan.