Apa Bedanya Penggunaan "a, an, dan the" Dalam Kalimat Bahasa Inggris?

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok kasih tip biar kreator hepi dan makin semangat update bikin konten edukasi buat Kamu;
10k 20k 25k 50k 100k 150k

On the beautiful bench of park that we first met
On the beautiful bench of park that we first met - Credit to Pinterest

Buat kamu yang sedang melatih kemampuan berbicara Bahasa Inggris, kamu pastinya pernah dong bingung kapan kata a, an, dan the digunakan dalam percakapan sehari-hari. Melalui artikel ini, saya ingin mengenalkan perbedaan dan kegunaan a, an dan the supaya kamu bisa menggunakannnya dalam percakapan Bahasa Inggris sesegera mungkin tanpa harus bingung lagi.

Ketiganya, a, an, dan the dalam Bahasa Inggris dikenal dengan sebutan "article". Article terbagi menjadi dua. Pertama, Definite article. Kedua, Indefinite article. So, dimana kelas a, an, dan the dalam article?

Definite: The
Indefinite: A, dan An

Apa Bedanya?

Definite: Kamu bisa menggunakan definite article "the" ketika ingin menjelaskan benda, tempat, atau kejadian yang diketahui oleh lawan bicaramu. Kalau Indefinite sebaliknya, kamu ingin menjelaskan sesuatu yang belum pasti dan lawan bicaramu pun tak tahu apa yang kamu maksudkan itu.


On The Beautiful Bench Of Park That We First Met


Yakumo: Do you know the place when we first met, Haruka?

Haruka: Of course, I know! It's in here, on this beautiful park, you were sitting all by yourself on the bench, then, I approach you. Because of our first meeting here, you and I became a couple, right?

Yakumo: Yeah, I am glad that I have an opportunity to meet you at that time, Haruka.

Haruka: Me too.


Yuk, kita analisis cerita pendek diatas, ada dua orang yang sedang ngobrol, yang lelaki namanya Yakumo, sedangkan si gadis bernama Haruka. Mereka sedang mengenang momen pertama mereka bertemu.

Yakumo bertanya pada Haruka tentang tempat pertama mereka bertemu.


Yakumo: Do you know the place when we first met, Haruka?


Kata The dalam kalimat Yakumo merujuk pada suatu tempat yang sudah diketahui Haruka. So, kalau kamu mau menjelaskan tempat yang pasti diketahui lawan bicaramu, pakai article "the" ya, seperti yang Yakumo ujarkan.

Selanjutnya, Haruka merespon pertanyaan Yakumo kalau mana mungkin ia bisa lupa dengan tempat dimana mereka bertemu, Haruka jelas sekali mengingatnya. Haruka juga ingat saat itu Yakumo sedang duduk di kursi yang ada di taman sendiri, oleh karenanya, Haruka pun mendekatinya, karena pertemuan itu, mereka bisa menjadi sepasang kekasih seperti sekarang ini.


Haruka: Of course, I know! It's in here, on this beautiful park, you were sitting all by yourself on the bench, then, I approach you. Because of our first meeting here, you and I became a couple, right?


Di kalimat sebelumnya Yakumo bertanya tempatnya dengan frase "The place". Nah, sebagai jawaban kalau Haruka memang tahu tempat yang Yakumo maksudkan ialah pada saat Haruka mengucapkan kata:

on this beautiful park
on the bench

Di taman yang indah, lebih tepatnya, Yakumo duduk di kursi yang ada di taman itu. Itu jawaban yang Yakumo inginkan dari Haruka. So, itu sebabnya kata "The" digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang sudah pasti diketahui oleh lawan bicara, karena memang saat kamu membahas itu, lawan bicaramu pasti mengetahuinya.

Analisis selanjutnya, Haruka juga bilang kalimat yang menyatakan jikalau karena pertemuan itulah mereka berdua bisa menjadi sepasang kekasih, it is proven by Haruka's word:


you and I became a couple, right?


Haruka mengucapkan kata "a couple" yang artinya sepasang kekasih, mereka memang tahu apa arti kata itu, tapi kita sebagai pembaca kan enggak tahu, mereka itu sepasang kekasihnya pacaran aja atau memang sudah menikah. So, kata indefinite article "a" itu ngebahas sesuatu yang belum jelas dan masih umum banget kaya apa yang Haruka bilang.

Pembahasan terakhir, Yakumo bilang dia seneng banget bisa diberi kesempatan bertemu dengan Haruka saat itu, makanya dia bilang begiini:


Yakumo: Yeah, I am glad that I have an opportunity to meet you at that time, Haruka.


Analisis indefinite article "an"; kata an juga sama-sama membahas sesuatu yang belum jelas, oke, emang bener sih lewat kesempatan momen itu mereka akhirnya get into relationship, tapi, momen yang mana? Enggak mungkin kan pas Haruka baru duduk disampingnya langsung jadi couple, no, it's impossible, oleh karena itu, karena momen dalam pertemuan itu ada banyak banget, makanya susah ditebak bagian mananya. Oke, paham ya, kalau "an" itu juga ngejelasin sesuatu yang masih belum pasti. Oh iya,  kata "an" juga dipakai saat bertemu dengan huruf vokal, coba deh kamu perhatiin kata setelah "an" awalan hurufnya apa:

an opportunity

Nah, kalau awalan hurufnya diawali oleh huruf vokal, kamu bisa memakai article "an".


Saya harap artikel ini bisa bermanfaat buatmu ya dalam memahami tata Bahasa Inggris, dalam hal ini, tata Bahasa article: a, an dan the dalam kalimat Bahasa Inggris. Sengaja kontennya yang sebenernya serius di-remake dengan ilustrasi story romance gitu biar gampang kalian pahamnya, apalagi kalo yang bacanya masih youth dan single, aish, ups, lupakan. : D

Bagaimana artikel ini menurutmu?

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating terbaikmu atau kirim tip donasi sebagai bentuk apresiasi kepada kreator;


10k 20k 25k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website atau blog lain. Apabila kamu ingin menggunakan konten kami sebagai referensi karya ilmiah baik itu; jurnal, skripsi, buku komersil, harap ajukan izin terlebih dahulu kepada admin website DBP.

Aturan Berkomentar

Pembaca bebas berdiskusi dan konsultasi terkait materi edukasi sesuai topik konten. Semua komentar akan dimoderasi dan hanya komentar yang relevan saja yang akan terbit, untuk komentar spam yang dikirim spammer, maaf, komentar Anda tidak akan lolos dan semua link aktif di komentar sudah dinon-aktifkan melalui sistem website kami.