Tips Cara Case Building Yang Baik Dalam Debat Bahasa Inggris

Tips Cara Case Building Yang Baik Dalam Debat Bahasa Inggris
Dokumentasi Pribadi: Case Building Saat Ronde ke-2 di NUDC 2015 Kopertis III

Kalau kamu sedang mengikuti lomba debat Bahasa Inggris, tentunya, seusai motion launch, kamu akan diberi waktu sebanyak 15 menit untuk case building. Setelah itu, baru deh debat Bahasa Inggrisnya dimulai.

Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi ilmu dengan teman-teman pembaca mengenai pengalaman saya pribadi selama menekuni aktifitas debat Bahasa Inggris. Di artikel mengenai motion launch sebelumnya, pembaca blog ini juga ingin mendapatkan update selanjutnya mengenai English Debate.


Oleh karenanya, hari ini saya menuliskan tips cara case building yang baik dalam debat Bahasa Inggris sebagai jawaban dari komentar diatas.

So, apa sih case building itu dalam debat Bahasa Inggris?

Penjelasan mudahnya, case building itu momen setelah motion launch dimana kamu diberi waktu 15 menit untuk membuat argumen yang nantinya akan kamu presentasikan bersama tim debatmu di debat adjudicator alias juri.

Oke, langsung saja, berikut ini tips gimana sih cara case building yang baik itu, here we go:


Tips Cara Case Building Yang Baik Dalam Debat Bahasa Inggris

Pertama: Brainstorming Segala Informasi Yang Terkait Dengan Topik Debat Dan Catat Di Kertas Sesegera Mungkin

Kamu tahu kalau waktu yang diberikan sangat terbatas, yakni hanya 15 menit. Oleh karenanya, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah brainstorming semua kata kunci yang ada di pikiranmu saat ini dan catat langsung di kertas. Misalnya, kamu mendapatkan mosi di bidang pendidikan seperti ini: "This House believes that the traditional university will be replaced by online learning"

Pastikan kamu pernah membaca literatur segala hal terkait dengan alasan kenapa pembelajaran konvensional universitas bisa tergantikan oleh pembelajaran online.  Ya, seperti yang kamu ketahui, pembelajaran online saat ini sedang hype banget, sebut saja MOOCs, atau massive open online courses yang popular saat ini, Harvard dan MIT bahkan menginisiasi edX yang fokus dalam pemembuatan konten pembelajaran digital dimana orang-orang bisa belajar dengan gratis asalkan terknoneksi dengan internet.

Informasi mengenai topik debat itu akan sangat membantumu sewaktu brainstorming. Kalau kamu tim pro, kamu harus memilah-milah informasi mana yang bisa kamu gunakan untuk membuktikan kalau pembelajaran online memang terbukti bisa menggantikan pembelajaran konvensional tatap muka di universitas. Begitu pula sebaliknya.


Kedua: Buat Strategi Yang Baik Supaya Kamu Enggak Kehabisan Waktu Ketika Membuat Argumen

Setelah melakukan brainstorming, kini, saatnya bagimu untuk membuat argumen. Umumnya, karena kompetisi debat memakai format tim, kamu harus punya strategi sendiri supaya kamu berhasil membuat argumen tanpa kehabisan waktu.

Kalau formatnya Asian yang terdiri dari tiga orang, kamu bisa menggunakan strategi berikut:

Debater 1: Membuat setup / mekanisme debat, background, goal, dan argumen
Debater 2: Membuat argumen
Debater 3: Membuat argument yang nantinya diberikan ke debater pertama atau kedua


Kalau formatnya British yang terdiri dari dua orang, kamu bisa menggunakan strategi berikut:

Debater 1: Membuat setup / mekanisme debat, background, goal, dan argumen
Debater 2: Membantu membuat set-up, setelah itu baru fokus buat argumen

Note: Sewaktu membuat argumen, pastikan masing-masing debater dalam tim debatmu tidak terlalu ketergantungan dengan yang lain, soalnya, berdasarkan pengalaman penulis, kalau teman debatmu ketergantungan, biasanya dia enggak ngerti soal topik debatnya dan kalau dia minta dijelasin soal topiknya itu wasting time banget. Diskusi boleh-boleh aja, penting malah, tapi jangan minta dibuatin argumen juga kali, kan kasian temennya kerjanya double. :)


Ketiga: Kalau Masih Ada Waktu Yang Tersisa Saat Case Building, Usahakan Bantu Teman Setim Debatmu

Kalau masih ada waktu yang tersisa meskipun itu 3 menit, manfaatkan waktu itu untuk melengkapi argumen tim debatmu, bisa itu dengan berdiskusi apakah argumennya sudah bagus, bisa juga dengan membantu menambahkan evidence alias bukti yang relevan untuk ditambahkan dalam argumen teman setim debatmu.


Well, itu dia tips case building yang bisa saya bagikan dengan kamu, pembaca blog ini. Honestly, setiap debater punya gayanya masing-masing saat case build baiknya gimana, tapi seenggaknya, melalui artikel ini, kamu yang masih baru banget sama English Debate jadi tahu gimana sih case building itu. :)

Oh iya, untuk teknik pembuatan argumennya akan saya buat di blog post selanjutnya. So, pastikan kamu kembali lagi ke blog ini untuk mendapatkan update terbaru mengenai tips seputar English debate ya. Semoga bermanfaat ya :)

Bagaimana artikel ini menurutmu?

Click to comment