Mewujudkan Impian Masa Kecil Dengan Cara Bermain Game Nintendo 3DS Kingdom Hearts Dream Drop Distance Di Laptop Gaming ASUS X550IK

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan lomba blog yang diadakan oleh Bocahrenyah.com dengan tema lomba ASUS AMD - Laptop for Everyone

Pernah enggak sih punya keinginan yang belum terwujud semasa kecil dulu? Saya pernah, dan masih mengingatnya hingga kini. Kenangan masa kecil itu masih suka mengingatkan saya dikala senggang, keinginannya mungkin terbilang sederhana, selayaknya anak kecil pada umumnya yang suka bermain, saya pun begitu dulu, anak-anak pada waktu itu sangat menggemari bermain game konsol portable.

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan penerbit game bernama Square Enix, bukan? Perkenalan saya dengan game konsol besutan Square Enix dimulai dari permainan Kingdom Hearts yang saya mainkan di perangkat PlayStation 2.

Game ini memiliki banyak sekuel yang saling terhubung satu sama lain semenjak perilisannya di Playstation, bila ingin melanjutkan sekuel selanjutnya, kita harus memain seri lanjutannya di konsol game yang berbeda-beda, mulai dari Nintendo Dual Screen (DS) dengan seri sekuel Kingdom Hearts - 358/2 Days, Gameboy Advance dengan seri sekuel Kingdom Hearts - Chain of Memories, dan masih banyak seri lainnya yang diterbitkan pada perangkat konsol game multiplatform.


Long Story Short: Kingdom Hearts mengisahkan seorang anak lelaki bernama Sora yang juga protagonist karakter utama dalam game ini. Dalam petualangannya, Sora ditemani oleh teman-temannya yang berasal dari Disney World, yakni Donald Duck dan Goofy. Selain ditemani karakter Disney, Sora juga akan bertemu dengan banyak karakter lainnya seperti Final Fantasy dan The World Ends with You.

Mereka bertiga bertarung melawan entitas yang terwujud dari kelemahan dan kegelapan hati setiap manusia di dunia ini yang dinamai dengan panggilan Heartless.

Dalam petualangannya, Sora, Donald, dan Goofy akan habis-habisan bertarung atas nama keadilan dan menciptakan kedamaian di semua penjuru dunia Disney yang dikunjunginya.

Demi mewujudkan impian tersebut, ketiganya akan diuji dengan berbagai tantangan yang bisa melemahkan kekuatan hati dan ikatan pertemanan mereka melawan para entitas Heartless. Selain itu, Sora juga akan melawan entitas kegelapan yang lebih kuat lagi, mereka bernama The Nobodies yang berasal dari Organisasi 13. 


Dari semua seri sekuel game Kingdom Hearts yang ada, hanya sekuel Dream Drop Distance yang belum pernah saya mainkan karena saya tidak memiliki konsol game Nintendo 3DS. Meskipun begitu, saya tetap berharap kelak bisa memainkan seri ini. Kalau kamu ingin tahu seperti apa gamenya, silahkan tonton cuplikan video berikut ini:


Beruntungnya, di tahun 2014, ada pengembang aplikasi yang membuat software emulator konsol Nintendo 3DS, namanya Citra. Setelah mengalami perkembangan yang menghabiskan waktu 4 tahun, emulator Nintendo 3DS ini telah mampu memainkan banyak game 3DS dengan kecepatan maksimum 60 frame rate per-second (FPS).


Citra mampu menjalankan banyak game populer yang digemari banyak pemain game 3DS seperti Final Fantasy Explorers, The Lezend of Zelda Series: Ocarina of Time, Majora's Mask, A Link Between Worlds, Super Mario 3D Land, bahkan game kesukaan saya pun bisa dimainkan melalui software 3DS emulator ini, yaitu Kingdom Hearts - Dream Drop Distance. Berikut bukti kompabilitas gamenya:


Demi mewujudkan impian masa kecil saya ini, saya harus memiliki laptop yang bisa menjalankan game sekelas konsol game Nintendo 3DS.

Dalam hal ini, saya percaya kalau; "Specification is the king."

Apa yang pertama kali orang cari tahu saat ingin membeli laptop?

Spesifikasi.

Apa yang dicari dari sebuah laptop bagi seorang gamers?

Spesifikasi.

Apa yang membuat saya dan kamu tertarik untuk membeli sebuah laptop?

Spesifikasi.

Spesifikasi. Spesifikasi. Spesifikasi. Ya, itulah faktanya. Orang membeli laptop karena jatuh hati dengan spesifikasi yang dimiliki laptop tersebut. 

Oleh karenanya, saya harus mempertimbangkan baik-baik tipe laptop seperti apa yang memiliki spesifikasi mumpuni yang cocok untuk dijadikan teman setia untuk bermain game Kingdom Hearts Dream Drop Distance ini.


Pada akhirnya, setelah melakukan penelusuran di berbagai web tentang laptop, saya menjatuhkan pilihan pada laptop ASUS X550IK Notebook Gaming AMD FX-9830P dengan Radeon RX560 ke dalam wishlist barang-barang yang ingin saya beli.


Spesifikasi pertama, salah satu pertimbangan kenapa kita harus memiliki ASUS X550IK adalah laptop ini telah dibekali dengan prosesor FX-9830P generasi ke-7 terbaru seri termutakhir AMD APU Mobile.


Bagian menariknya, prosesor ini memiliki clockspeed yang mumpuni untuk memainkan game kelas tinggi, yakni 3.0Ghz - 3,7Ghz.


Berdasarkan hasil tes benchmark yang saya dapatkan, prosesor FX-9830P terbilang sangat memuaskan dengan hasil skor 4.773 yang performanya masuk dalam kelas prosesor yang setara dengan Intel Core i7.

Salah satu syarat memainkan game sekelas Nintendo 3DS adalah spesifikasi performa prosesor yang tinggi, melihat data benchmark dan clockspeed yang mumpuni, saya bisa memainkan game Kingdom Hearts 3D kesayangan saya melalui Citra Nintendo 3DS Emulator. Mau maen game kelas tinggi? Laptopnya ya ASUS X550IK.


Spesifikasi kedua, prosesor yang kuat akan bekerja maksimal dengan adanya dukungan kartu grafis (Graphic Processing Unit) yang mumpuni. Radeon seri RX560 adalah kartu grafis gaming yang telah dikembangkan dari seri sebelumnya, yakni RX460 yang diklaim memiliki clockspeed lebih unggul yang berjalan pada frekuensi 1175 - 1275Mhz dengan peningkatan sebesar 8% dibanding seri pendahulunya. Ditambah lagi, kapasitas Radeon RX560 juga cukup lapang, yakni 4GB.

Cara paling mudah untuk melakukan uji coba performa kartu grafis adalah melakukan game testing pada beberapa game yang dinilai memiliki standar tinggi. Skala pengukuran objektifnya adalah seberapa besar framerate/second (FPS) atau grafis yang bisa ditampilkan dalam satu detiknya, skala 45 - 60 FPS adalah standar baku game berjalan dengan baik.

Dari hasil game-testing yang diadakan oleh perusahaan semikonduktor AMD, Radeon RX 560 mampu menjalankan game dengan kecepatan maksimum dengan kisaran 65 - 75 FPS pada game DOOM, Battlefield 1, Civilization VI, dan Hitman. Sedangkan, saat memainkan game Overwatch, performanya melampaui ekspektasi para gamers, game Overwatch mendapatkan framerate tinggi yakni 110 FPS, angka ini terbilang fantastis, karena saya pikir angka 60 sudah dikatakan maksimum, bila terjadi kelebihan FPS seperti ini, kabar baiknya, kamu bisa memainkan game dari mode kualitas grafik rendah (low) hingga grafik super tinggi (High Graphic Resolution).

Dalam kasus saya, selain saya harus memastikan kualitas dan performa kartu grafis yang baik, saya juga harus melakukan uji coba dukungan software driver grafis untuk kebutuhan emulasi game Nintendo 3DS di emulator Citra. Salah satu persayaratan berat yang harus dipenuhi kalau ingin memainkan game Nintendo 3DS adalah kartu grafis harus mendukung fitur OpenGL 3.3 dan system operasi windows 64-bit.

Dilansir dari AMD.com, semua seri kartu grafis Radeon termasuk Radeon RX 560 mendukung fitur grafis OpenGL 3.3 serta bisa berjalan dengan baik pada system operasi windows 64-bit. Itu berarti, kartu grafis ini cocok dan sesuai dengan kebutuhan saya untuk memainkan game konsol sekelas Nintendo 3DS, yakni Kingdom Hearts - Dream Drop Distance (3D). Yeay. Mau laptop gaming dengan kualitas dan performa grafis mutakhir? Laptopnya ya ASUS X550IK.


Spesifikasi ketiga, kalau sudah menemukan spesifikasi prosesor dan kartu grafis yang sesuai untuk kebutuhan gaming, aspek selanjutnya yang tak kalah penting adalah memilih laptop yang memiliki spesifikasi ram yang besar. Kenapa demikian? Mudah saja, game-game kelas atas yang memiliki kompleksitas grafis High Definition saat ini membutuhkan akses memori yang banyak supaya dapat berjalan dengan baik.

Oleh karenanya, memiliki laptop berkapasitas ram besar adalah sebuah keharusan bagi seorang gamer. Begitu saya mengecek spesifikasi ram laptop ASUS X550IK, ternyata ramnya cukup besar, yaitu 8GB. Masih belum cukup puas? ASUS menambahkan fitur dual channel sehingga kamu bisa menambah memori ram secara manual hingga 16GB.

Dengan spesifikasi ram 8GB saja, saya pikir spesifikasi ini cukup untuk menjalankan game Nintendo 3DS di software emulator Citra. Oh well, mulai dari cpu, gpu, sampai ram spesifikasinya besar semua dan cocok untuk keperluan gaming, semua spesifikasi yang dicari gamers sudah tersedia di ASUS X550IK. Mau laptop gaming dengan kapasitas ram sebesar 16GB? Beli saja ASUS X550IK.


Spesifikasi keempat, aspek ini seringkali tidak menjadi perhatian penting bagi kebanyakan orang, tapi tidak dengan saya, saya pikir, saya akan menikmati game Kingdom Hearts 3D yang saya mainkan kalau laptopnya memiliki kualitas suara yang bagus. Tanpa adanya dukungan audio yang bagus, saya tidak akan merasakan sensasi bermain game yang menyenangkan, coba deh main game tanpa suara, pasti kurang greget, oleh karena itu, kualitas audio menjadi aspek yang saya pertimbangkan ketika ingin bermain game di laptop.

ASUS mengerti betul kebutuhan saya yang satu ini, oleh karenanya, ASUS menyematkan fitur SonicMaster beserta AudioWizard di laptop seri X550IK miliknya sehingga laptop ini bisa menghasilkan suara yang jernih dan berkualitas.


Spesifikasi kelima, aspek lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah kualitas layar (display) laptop. Dalam bermain game, ada dua perangkat yang saling terhubung untuk menampilkan detail grafis game yaitu GPU dan display.

Untungnya, ASUS X550IK telah mengadopsi layar berkelas high definition (HD) sekaligus lebar sehingga saya bisa puas saat memainkan game yang saya sukai karena kartu grafis Radeon RX560 akan berkolaborasi dengan display full HD untuk menampilkan detail gambar yang memukau.


Spesifikasi terakhir dan paling penting: ketahanan baterai menjadi aspek yang patut dipertimbangkan. Kalau baterainya tahan lama, itu berarti, kamu bisa bermain game selama dan sepuas yang kamu bisa. ASUS melihat poin ini sebagai kebutuhan penting yang harus mereka sediakan untuk para gamer yang ingin bermain game dengan durasi jangka panjang, oleh karenanya, ASUS menghadirkan seri X550IK sebagai notebook gaming yang dibekali baterai 4-cells yang bisa bertahan lama saat bermain game.

Semua kelebihan laptop gaming ini bisa kamu dapatkan hanya dengan membeli satu laptop saja, laptop apalagi kalau bukan laptop ASUS X550IK. Ingin tahu spesifikasi lengkapnya? Mudah saja, saya telah menyiapkan daftar spesifikasinya diakhir tulisan ini, siapa tahu kamu berminat ingin membeli laptop gaming seharga Rp. 9.559.000 satu ini untuk dijadikan teman nostalgia bermain game Nintendo 3DS  atau bahkan game pc high-end dirumah bersama orang terdekat, :)


  • Processor
    AMD® Bristol Ridge FX-9830P Processor,
  • Operating System
    Windows 10 Home
  • Memory
    4 GB DDR4 2133MHz SDRAM Onboard Memory, 1 x SO-DIMM socket for expansion, up to 16 GB SDRAM
  • Display
    15.6" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) 60Hz Glare Panel with 45% NTSC
    15.6" (16:9) LED backlit HD (1366x768) 60Hz Glare Panel with 45% NTSC
  • Storage
    Hard and Solid State Drives:
    1TB 5400RPM SATA HDD & 128GB SATA3 SSD
  • Optical Drive
    Super-Multi DVD *1
  • Keyboard
    Chiclet keyboard
  • Card Reader
    Multi-format card reader (SD/SDHC/SDXC)
  • WebCam
    VGA Web Camera *1
  • Networking
    Wi-Fi
    Integrated 802.11b/g/n
    Integrated 802.11 AC
    10/100 Base T
  • Interface
    1 x COMBO audio jack
    1 x VGA port
    2 x USB 3.0 port(s) Type A
    1 x USB 2.0 port(s)
    1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert *1
    1 x HDMI, Support HDMI *1
  • Audio

    ASUS SonicMaster Technology
  • Battery
    4 Cells 44 Whrs Battery
  • Power Adapter
    Plug Type :ΓΈ5.5 (mm)
    Output :
    19 V DC, 6.3 A, 120 W
  • Dimensions
    38.0 x 25.1 x 2.92 ~3.17 cm (WxDxH)
  • Weight
    NB:
  • Security
    Kensington lock
    BIOS Booting User Password Protection
  • Certificates
    UL, FCC Compliance, BSMI, CCC, Energy star
  • Manufacturer Warranty
    2-year limited International hardware warranty. *different by country

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba Blog Competition ASUS AMD - Laptop For Everyone yang diadakan oleh Bocahrenyah.com.

2 komentar

avatar

wah, reviewnya keren kk. Jgn lupa ke blog aku juga yaa, soalnya aku juga ikutan. hehehe

avatar

Terima kasih sudah berpartisipasi dalam Blog Competition ASUS AMD - Laptop for Everyone. Good luck.

Click to comment