Biar Enggak Sekedar Ngucapin "The" Karena Kebiasaan Tiap Kali Ngobrol Dalam Bahasa Inggris, Yuk Kenalan Dengan "Determiner" Supaya Pemahaman Tata Bahasa Inggrismu Lebih Luas

Biar Enggak Sekedar Ngucapin "The"  Karena Kebiasaan Tiap Kali Ngobrol Dalam Bahasa Inggris, Yuk Kenalan Dengan "Determiner" Supaya Pemahaman Tata Bahasa Inggrismu Lebih Luas
Credit: Freepik
Saat pertama kali belajar Bahasa Inggris, sebentar-sebentar kamu pasti mengucapkan kata "The" diawal pembicaraan, pokoknya belum enjoy kalo belum bilang "The" pas ngomong Bahasa Inggris. Anyway, sebenernya "The" itu masuk ke ranah tata Bahasa apa sih sampe-sampe banyak orang yang ngucapin kata itu tiap kali ngomong Inggris? 

Sesuai dengan judul artikel ini, kata "The" itu masuk dalam kelas Determiner. Apa itu Determiner?

Pengertian Determiner

Determiner adalah kata-kata yang muncul pada awal frasa kata benda.


Contoh Kata-kata yang masuk dalam kelas Determiner

The, a, an, my, your, his, her, its, our, their, whose, any, another, other, & what.


Oh iya guys, Determiner juga banyak macemnya lho. Wait, banyak? Ada dua doang sih padahal. >_<

Macam-macam Determiner

1. Spesific Determiner

Specific Determiner adalah jenis determiner yang bisa kamu gunakan kalau orang yang ajak ngobrol tahu apa yang kamu maksudkan. Contoh:

Can you pass me the juice, please? - Bisakah kamu ambilkan jusnya untuk saya, kumohon?

Keterangan: Dalam kalimat diatas, saat kamu meminta tolong diambilkan jus, temanmu tahu jus mana yang kamu maksudkan, misalnya kamu ingin diambilkan jus apel kesukaanmu, karena temanmu sudah tahu apa kesukaanmu, tentu ia tidak akan salah mengambilkanmu jusnya.

Kata-kata yang masuk dalam kelas specific determiner

The, My, your, his, her, its, our, their, whose, This, that, these, those, & Which

2. General Determiner

General Determiner adalah kebalikan dari versi specific, jenis determiner ini bisa kamu gunakan kalau ingin membahas sesuatu yang umum dan orang yang kita ajak ngobrol tidak tahu maksud spesifik dari apa yang kita obrolkan dengannya. Misalnya:

Riding bicycle is very easy. Any child can do it - Mengendarai sepeda itu sangat mudah. Semua anak kecil juga bisa melakukannya.

Keterangan: Dalam kalimat diatas, saat kita menyebutkan kata any child yang berarti semua anak kecil, kita membahasnya secara umum, dan orang yang kita ajak bicara itu tidak tahu sekumpulan anak kecil mana yang sedang kita bahas.

Kata-kata yang masuk dalam kelas general determiner

Any, a, an, another, other, & what.

Saya ucapkan selamat ya, dari kebiasaanmu mengucapkan kata "The" tiap kali ngobrol Bahasa Inggris telah mengantarkanmu untuk mengenali salah satu tata Bahasa Inggris yang berkaitan dengan kata itu, yakni Determiner. Semoga bermanfaat ya.

Click to comment