Mau Menceritakan Kegiatanmu Di Masa Lalu Pada Temanmu Dengan Bahasa Inggris? Gunain Used To Aja

Mau Menceritakan Kegiatanmu Di Masa Lalu Pada Temanmu Dengan Bahasa Inggris? Gunain Used To Aja
Credit: Freepik
Kalau kamu sedang melakukan persiapan bahasa Inggris sebelum berangkat kuliah ke luar negeri atau sekedar ingin melatih keahlian Bahasa Inggrismu dengan topik hobi yang dahulu kamu tekuni namun kini sudah tidak kamu lakukan lagi. Gimana cara ngomongnya dalam Bahasa Inggrisnya ya?

"Gimana cara ngomongnya sih kalo gue mau ngobrolin hobi atau kegiatan yang dulu gue lakuin tapi sekarang udah enggak gue lakuin lagi?"


Simpel, gunain kata kerja used to aja. Dalam tata Bahasa Inggris, used to sering digunakan untuk mengekspresikan cerita mengenai kegiatan yang kamu lakukan di masa lalu dan sudah tidak kamu kerjakan lagi sekarang. Berikut contoh kalimat Bahasa Inggrisnya beserta artinya dalam Bahasa Indonesianya ya:

When I was 8, I used to play console game playstation 1 at game rental place.


Keterangan Tata Bahasa

When I was 8 = Dependent clause (Kalimat pendukung dari kalimat utama, klausa ini tidak bisa berdiri sendiri tanpa ditemani kalimat utama)

When: Preposition of time (Keterangan waktu)
I: Subject, pronoun.
Was: Main verb (kata kerja utama)
8: Object, noun.

I used to play console game playstation 1 at game rental place = Independent clause (Kalimat utama yang independen dan memiliki makna yang utuh).

I: Subject, Pronoun.
Used to: helping verb (kata kerja bantu)
Play: Main verb (Kata kerja utama)
Console game playstation 1: Object, noun.
At game rental place: Prepositional of place (Kata keterangan tempat)


Pengertian dalam Bahasa Indonesia

Ketika usia gue 8 tahun, gue biasa main konsol game playstation 1 di tempat rental game.


Pengertian harfiah dari penggunaan Used to dari kalimat diatas

Ketika gue masih 8 tahun, gue emang sering main game playstation 1 di tempat rental game tapi sekarang udah enggak lagi.

Contoh kalimat yang menggunakan Used to lebih banyak lagi
1. We used to go out when we were senior high school
Terjemahan: Kita biasa main ke luar (jalan-jalan) sewaktu kita SMA.
Meaning: Sekarang seusai SMA, kita udah enggak sering main bareng lagi.

2. I used to play game mobile legend everyday.
Terjemahan: Gue biasa main game mobile legend setiap hari.
Meaning: Sekarang gue udah enggak main game mobile legend sama sekali.

3. When I was kid I used to play football at noon.
Terjemahan: Ketika gue kecil, gue biasa main sepakbola setiap sore.
Meaning: Sekarang gue udah enggak pernah main sepakbola lagi setiap sore.


Kapan kamu bisa gunain Used to sewaktu ngobrol dengan orang terdekatmu?

1. Lagi nongkrong sama temen
2. Pas lagi curhat sama sahabat atau orang terdekatmu.

So, itu dia kegunaan Used to dalam rutinitas keseharian, so kalau kamu lagi kumpul sama temen, dan obrolannya lagi ngebahas soal hobi atau kegiatan di masa lalu, kamu bisa gunain used to ya. Semoga bermanfaat. 

1 komentar:

avatar

This is really exceptional blog. Salam kenal dari blogger Ndeso mas. Saya follow blognya, mau belajar banyak dari blog inil Thanks for sharing...

Click to comment