Review Nokia 2: Smartphone Android Entry Level Bertenaga Baterai 4100 mAh Ini Cocok Buat Anak Muda Aktif Yang Ingin Terus Terknoneksi Dengan Orang Lain Seharian

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Nokia 2 yang diadakan oleh Jalantikus.com
Referensi Gambar: Nokia 2 dan Dokumentasi Pribadi 

Pernah enggak sih punya pengalaman kehabisan baterai hp di momen penting dalam hidupmu?

Misalnya kamu sedang ngobrol dengan klien yang akan memberimu kerjaan freelance tapi hp mendadak mati, alhasil, kamu bisa kehilangan kesempatan dapet kerjaan hanya karena kehabisan baterai.

Tentunya kamu enggak mau kan mengalami kejadian buruk seperti itu? Oleh karenanya, punya smartphone dengan daya tahan baterai yang lama dan bisa diandalkan udah jadi keharusan buat millennials zaman now. 

Enggak bisa dipungkiri ya, buat kita generasi yang sudah tersentuh teknologi dalam segala aspek aktifitas keseharian, lepas dari smartphone itu susah banget ya rasanya.

Gimana enggak bisa lepas dari smartphone coba, mau baca berita terkini tinggal swipe dan scroll aja di hp. Mau nonton film favorit udah enggak harus rebutan remot tv lagi sama adek soalnya udah ada Youtube. Pengen ngemil aja udah enggak harus keluar rumah dan tinggal pesen lewat apps. 

Tapi semua fitur dan kemudahan yang ada di smartphone itu enggak bakal ada gunanya kalau baterainya cepet habis.

Yup, literally, percuma aja punya smartphone kelas atas tapi dikit-dikit rewel harus di-charge. Mau ngisi baterai di tempat umum? Percuma aja, orang yang kehabisan baterai hp itu enggak cuma kamu doang, jumlah stop kontak yang bisa kamu gunakan di tempat umum itu terbatas dan harus rebutan.

Kalau baterai cepat habis diwaktu genting kan ribet banget ya, mau beli baterai cadangan malah jadi lebih boros, solusinya ya cari smartphone yang baterainya awet seharian, bahkan kalau ada, kamu harus cari smartphone yang tahan dua hari.


Oleh karena itu, enggak ada salahnya kamu beli hp baru yang baterainya tahan lama hingga dua hari seperti nokia 2 supaya bisa terus terkoneksi dengan orang lain seharian. 


Seperti taglinenya nokia; "Connecting People", dengan daya baterai berkapasitas besar 4100 mAh, nokia 2 membantu saya terhubung dengan orang lain dan menciptakan momen baik bersama. Momen apa saja yang telah saya lakukan bersama Nokia 2? Yuk disimak ulasannya.


Nokia 2 is connecting me to meet new people on Blogger Jakarta Community


First Connection - Dengan bantuan teknologi gps di Nokia 2, saya bisa bertemu langsung dengan blogger-blogger yang ada di Jakarta. Saya menuju lokasi dengan bantuan gps dan sesekali bertanya di grup WhatsApp, sesampainya di Reneo Space, saya senang sekali bisa bisa bertemu sekaligus belajar bersama teman-teman Komunitas Blogger Jakarta. Mau smartphone berdaya baterai awet saat mencari lokasi dengan gps sekaligus chatting? Beli aja Nokia 2. 


Nokia 2 is connecting me to meet new people on National School Debating Championship 2018


Second Connection - Bulan ini saya diundang sebagai tim juri lomba debat Bahasa Inggris dalam ajang National School Debating Championship (NSDC) 2018 yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur.


Selama menjadi juri, saya membutuhkan stopwatch untuk menghitung waktu presentasi argumen tiap debater, kalkulator untuk menghitung skor individu dan tim debat, koneksi 4G yang cepat untuk berkoordinasi dengan tim juri lain, dan mengambil dokumentasi foto sewaktu menjuri lomba. Semua aktifitas itu tentunya menguras baterai. Untungnya ada hp nokia 2, semua kebutuhan saya selama menjadi juri lomba debat terpenuhi. Mau smartphone yang bisa multitasking banyak app yang terkoneksi dengan jaringan cepat 4G tanpa kehabisan baterai? Smartphone-nya ya Nokia 2.




Nokia 2 is connecting me to meet my idol and new people on Sekolah TOEFL Community


Third Connection - Saya dari dulu punya keinginan untuk melanjutkan studi master ke luar negeri dengan beasiswa. Oleh karenanya, saya harus menemukan komunitas yang fokus pada pengembangan, persiapan, dan kaya akan informasi beasiswa studi ke luar negeri. Bersyukurnya, saya menemukan komunitas yang saya cari, namanya sekolah TOEFL. Foundernya adalah Ka Budi Waluyo, penerima beasiswa S2 Ford Foundation dan Beasiswa S3 Fullbright Scholarship.

Untuk bertemu dengan ka Budi Waluyo secara langsung, rasanya agak susah deh, tapi entah bagaimana caranya, keinginan itu terwujud. Kala itu beliau sedang ada di Jakarta dan diundang oleh sponsor beasiswanya untuk membahas; "How to Measure the Impact of Int'l Scholarship Program: Seeking Appropriate & Practical Approaches." Untuk bisa datang ke seminar tersebut, saya harus berebut tiket di Eventbrite dengan peserta lain karena kuotanya terbatas. Untungnya, dengan bantuan nokia 2, saya berhasil mendapatkan tiket seminarnya, soalnya browsernya enggak gampang nge-lag karena didukung dengan prosesor Qualocom Snapdragon 212 dan koneksi 4G super cepat.  Yeay, bisa dapet tiket seminar. Terima kasih Nokia 2. ^_^


Seusai event seminar, ka Budi Waluyo mengajak murid-murid Sekolah TOEFL yang didirikannya untuk berdiskusi di FX Sudirman. Kami mendiskusikan persiapan beasiswa yang sudah kami upayakan, mulai dari persiapan sertifikasi Bahasa Inggris yaitu TOEFL, pengalaman kerja, organisasi, dan persiapan lainnya. Dan saya juga berkesempatan untuk foto berdua dengan idola saya itu, dan memori ini terekam dalam foto yang diambil dari kamera 8 MP Nokia 2.



Nokia 2 is connecting me to meet the Founder of Ruangguru.com, Ka Iman Usman



Fourth Connection - Ceritanya ketika saya dan teman-teman bidang keilmuan BEM Fakultas membuat program kerja seminar pendidikan, saya ingin mengundang ka Iman Usman dalam seminar pendidikan kami. Oleh karenanya, kami datang dalam event Global Shaper Fellowship yang diadakan di Graha Gedung A Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 


Selama kegiatan tersebut, kami mendapat banyak materi menarik dan bermanfaat. Seusai acara, kami mendekati ka Iman dan mengutarakan maksud kami untuk mengundangnya dalam seminar pendidikan di kampus.

Namun, rencana kami gagal karena jadwalnya berbenturan dengan kegiatan beliau, well, it's okay, setidaknya saya senang karena bisa bertemu langsung dengan founder Ruangguru.com. Sebelum kami pulang, kami menyempatkan diri untuk berfoto bersama ka Iman. Well, it's a good experience to meet great person. Dan semua memori ini tersimpan rapih di kartu SD yang ada di Nokia 2. Buat kamu yang ingin mengetahui spesifikasi Nokia 2, kamu bisa melihatnya melalui gambar berikut ini:



Setelah beraktifitas selama dua hari, baterai Nokia 2 belum habis, well, fitur andalan hemat baterai nokia memang teruji ya. Andai saja kalau tidak ada Nokia 2, saya pasti akan kehabisan baterai, kalau smartphone saya kehabisan baterai, maka saya tidak dapat mengikuti banyak event seru yang sudah saya jelaskan di blog post ini.

Alasan lain kenapa Nokia 2 itu hemat, yaitu smartphone ini didukung oleh sistem Android Nougat 7.1.1 yang ramah daya karena sistem tampilan antarmukanya menggunakan tampilan pure android alias tampilan polos tanpa kustomisasi vendor yang biasanya memberatkan performa smartphone. Kalau kamu mau update OS ke versi Oreo, kamu bisa mendapatkan akses itu di Nokia 2. See? Nokia tahu betul keinginanmu untuk punya smartphone ramah daya dan awet yang bisa dipakai seharian atau bahkan dua hari.


Nokia 2 cocok untuk anak muda yang aktif beraktifitas sosial dengan orang lain. Begitupun dengan saya, Nokia 2 telah menghubungkan saya dengan banyak sekali kegiatan seru dan orang-orang hebat. Buat kamu yang tertarik ingin membeli Nokia 2, ponsel ini dibanderol dengan harga 1.499.000. Kamu bisa memesannya di Erafone atau JD.ID. Last but not least, ini cerita saya bersama Nokia 2, bagaimana ceritamu?


31 komentar

avatar

kapasitas baterainya besar juga yah. bisa nih buat yang sering berkegiatan di luar rumah.

avatar

Iya gede banget kapasitas baterainya fa, so, enggak harus lirik sana-sini nyari stop kontak gara2 batere hp cepet habis, udah deh move on dari habit begitu kalo udah ada nokia 2. Haha ^_^

avatar

Wahhh inikan pertanda kebangkitan nokia, jaman dulu taiada orang yang gak pake hempun nokia. Batrenya oke juga tuh kapasitasnya enak dibawa traveling yang susah nemu colokan hehe

avatar

Semoga cita-citanya untuk lanjut studi ke luar negeri bisa tercapai. Aamiin. Saya suka nokia, tetap tidak tergerus zaman dan gadget2 kekinian, harganya terjangkau ya, pingin juga nostalgia dengan Nokia

avatar

Nokia 2, 4100 mAh. Gawai yang cocok buat orang - orang yang aktif di alam bebas untuk mengabadikan momen. Tidak perlu pusing memikirkan daya habis atau power bank. Great work Nokia.

avatar

Haha, kuy beli lah lustika, lumayan buat traveling di daerah sumatera.

Pengalaman ya susah nyari colokan pas jalan2? Kalo ada hp nokia 2 ini udah enggak usah ribet nyari2 colokan lagi tik. Hehe ^_^

avatar

Amin ya Allah. Makasih buat doanya ka. Iya nih ka, buat apply beasiswa master masih banyak yang harus dipersiapin, tahun ini lagi ngelengkapin persyaratannya dulu sekalian ngejar lulus S1. Hehe

Harganya terjangkau kok ka, lumayan lah nokia 2 bisa buat nemenin jalan2, ka evri kan suka jalan2 tuh, kemarin aja ke Kawaguchi Lake di jepang.

avatar

Power bank suka error, mending beli hp yang daya baterenya gede aja han kaya nokia 2 ini. Dijamin traveling kaya naik gunung gitu bakalan seru soalnya bisa ngambil banyak dokumentasi foto tanpa khawatir kehabisan batere. Hehe ^_^

avatar

Nokia 2 hadih dg kapasitas baterai cukup besar, perlu diapresiasi. Meskipun memang harus diakui dari segi fitur masih terasa sangat minim seperti CPU yg jadul masih menggunakan Snapdragon 212. Padahal masih di kisaran 11jutaan1Merk HP lain bisa berikan CPU yg lebih baik Snapdragon 625. Kemudian di sektor layar juga masih masih tertinggal nokia 2 masih menggmenggu layar type TFT, padahal untuk standar minimal saat ini dikisaran harga 1 jutaanjkita bisa dapatkan layar IPS yg tentu jauh lebih baik (setidaknya). Dan terakhir dari segi RAM & ROM, nokia 2 masih menggunakan kapaskapas 1Gb/8GB, sangat minim jika dilihat dari kebutuhan saat ini terlebih ukuran aplikasi saat ini terbilang besar.
Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi,sehingga nokia bisa menjadi pilihan utama lagi.

avatar

Kalau kebutuhan penggunanya enggak banyak, semisal untuk konektifitas dengan orang lain, menurut gue sih fine-fine aja sih gi, soalnya gue sering pake android entry level.

Untuk prosesor, kenapa pakenya snapdragon 212? Gue pikir, tipe ini lebih ramah daya dibanding snapdragon 625, you know lah, semakin tinggi performa prosesornya, semakin banyak pengeluaran dayanya. Kebanyakan android entry level seringnya mengusung prosesor single core atau dual core, untuk nokia 2, ponsel ini udah pake tipe quad-core yang udah lumayan sih menurut gue, buat game testing, gue nyobain dua game grafis HD yang file sizenya 1 GB - 2,3 GB kaya judul Game Chaos Ring II dan Chaos Ring III jalan lancer 60 fps.

Tiap hp yang dipasarin ke pasar pastinya punya segmentasinya sendiri sih yog, kalo nokia 2 ini sih lebih cocok buat yang suka ngobrol via smartphone aja, baik itu phone call, sms, chat, sosmed, dan apps yang bisa kita gunain untuk berinteraksi sama orang lain. Jadi ya spesifikasinya udah cukup sih, sisi menjualnya dari nokia 2 kan dari ketahanan baterainya, so, spesifikasinya pun disesuaikan dengan tujuan awalnya. That's what I think about this smartphone.

Kalo mau spesifikasi smartphone nokia yang lebih dari nokia 2, bisa pilih seri lainnya seperti seri nokia 3, 5, dan 6. Kapasitas baterainya dari 2650 mAh - 3000 mAh. Cuma kalo nyari nokia yang baterenya gede, nokia 2 lebih menang sih.

avatar

Widihh endorse dia wkwk. Mau dong dibeliin hape nokia juga:v

avatar

Beliin enggak ya? Wkwkwk >_<

Nabung gih biar bisa beli nokia 2. ^_^

avatar

Saya suka nokia 2 karena baterainya, gak khawatir kehabisan saat di jalan buat cek GPS

avatar

Hi, kak Agung. Terima kasih untuk review di atas. Udah lama banget ga update Nokia. Saya sendiri cukup gaptek, sehingga, gadget yang technologically sophisticated tapi user-friendly sangat dibutuhkan. Terkait review yang kak Agung buat, saya setuju banget ketika elemen-elemen seperti daya tahan baterai, RAM dan kualitas kamera harus mendapatkan perhatian dalam pengembangan smartphone pada masa kini. Kesibukan pada era advanced technology seperti menuntut individu dan kelompok untuk bergerak secara lebih fleksibel dan dinamik tanpa mengorbankan hal-hal yang bersifat prinsipil, terutama soal ketepatan waktu dan berkontribusi dalam masyarakat secara optimal. Jadi, didukung dengan daya tahan baterai selama dua hari, RAM yang cukup, serta kualitas kamera yang tinggi akan memudahkan bukan hanya akses komunikasi yang lebih lancar dan cepat, tetapi juga transaksi data yang lebih cepat. Bagaimanapun, in my humble opinion, para pengguna smartphone juga tetap perlu mampu memperkirakan dengan baik waktu penggunaan smartphone serta kekerapan penggunaan aplikasi sesuai jadwal rutin dan insidentilnya masing-masing. Supaya gadgetnya juga awet. He he. Akhir kata, semangat sukses dan selamat berkarya ya, kak Agung, bersama dengan Nokia 2-nya.. ditunggu postingan-postingan berikutnya :)

avatar

Yup betul sekali. Saya setuju dengan pendapatnya. Kalo baterainya awet, enggak usah ribet tengok sana sini nyari colokan buat ngecas hp ya ka. Hehe ^_^

avatar

Terima kasih atas komentarnya, ka Tulus. ^_^

Iya juga sih, meskipun teknologi smartphonenya canggih, tapi harus memperhatikan aspen user experience-nya juga ya, biar yang terkendala dengan penggunaan teknologi bisa merasakan manfaatnya juga. Untungnya sih di nokia 2 ini, UX alias user interfacenya terbilang mudah buat dioperasikan buat siapa aja, so, I think this entry level smartphone is good enough to help all of people activities.

Ram 1 GB di Nokia 2 juga dirasa cukup soalnya smartphone ini kan pake Pure Android OS, jadinya enggak ada aplikasi bloatware alias apps bawaan vendor yang ngeberatin system dan gak bisa dihapus, that in the end, cuma malah bikin boros batere karena apps.y jalan di latar belakang. That's what I like from nokia 2 sih ka.

Kemudian, membahas mengenai penggunaan hp, setuju sih dengan pendapatnya ka tulus, ketika produsen hp seperti nokia udah ngebuat desain yang solid dan kokoh baik itu dari software dan hardwarenya, masa pakainya juga tergantung dengan kebiasaan pengguna smartphonenya, dalam hal ini, kapasitas baterai 4100 mAh ini bisa bertahan 2 hari atau bahkan bisa lebih tergantung dengan habit usernya.

Siap ka, nanti saya update lagi kok. ^_^

avatar

Kangen pakai gawai Nokia hehehehhe. Gawai favorit ketika masa sekolah

avatar

Setuju. Dan semua orang pada waktu itu hp-nya nokia semua. ^_^

avatar

Wah gila sih ini. Kapasitas baterai lumayan besar dan tahan sampai 2 hari?
*Kemudian mbuang power bank*

Androidnya juga udah Nougat, mau di upgrade ke Oreo pun bisa? Lha smartphone saya masih pakai versi yang Lollipop mas. Bisa kali ya, dibeli buat HP kedua. Sekalian nostalgia sama Nokia :D

avatar

Wow hp nokia skrg udah pake android, keren bro, harus beli ini mh, thanks bro atas reviewnya yaaaak. 😊

avatar

Keren ya hp nokia bisa awet 2 hari. Jdi pen beli deh. Makasih min buat review y. Meluncur langsung beli ke konter terdekat. Hehe

avatar

Wah power banknya buat gue aja wis, jangan dibuang. Hehe >_<

Bisa tuh beli nokia buat dijadiin hp keduanya, siapa tahu hp pertamanya suka lowbat, kan ada cadangannya. Hehe

avatar

Iya dong, nokia 2 namanya, udah pake android nougat dan bisa diupgrade ke versi oreo lho mi. Kuy, beli gih hp nokia 2 di konter hp terdekat. ^_^

avatar

Wah iya dong nokia 2 emang keren banget, baterainya itu lho yang enggak nahan, bisa awet sampe dua hari. Yay ^_^

avatar

Bisa tahan sampai 2 hari? Wow gila banget. Aku tuh dlm sehati sampe 2x ngecharge dan klo kemana2 wajib banget bawa power bank.

avatar

Akhirnya produsen Nokia mengeluarkan smartphone sistem android.
Dan ngga nanggung2, dibekali spek mumpuni dan harganya terjangkau.

avatar

Benarkah dg event sebanyak itu selama 2 hari mas Agung ga pernah ngecas hp nokia 2 sekalipun?
Mohon dijawab ya mas,soalnya sy jg mau beli. Biar mantep gtu lho mas hehe..

avatar

Benarkah dg event sebanyak itu selama 2 hari mas Agung ga pernah ngecas hp nokia 2 sekalipun?
Mohon dijawab ya mas,soalnya sy jg mau beli. Biar mantep gtu lho mas hehe..

avatar

Iya irit kok mas, kalo saya sih pake hp.y buat chatting, nge-game, dan foto dokumentasi aja sih, jadi hari kedua pun masih awet.

avatar

Wow makasih byk mas udah mau ngejawab pertanyaanku. Semakin mantab dan penasaran aja pengen cepet2 beli dan membuktikannya sendiri 🙏
Klo sy seringnya buat telp, chatting dan browsing aja mas 😀

avatar

Oya mas sy mau tanya lg,dl sewaktu beli nokia 2 pertamakali ngecasnya brp jam ya?

Click to comment