A Story of Solo Blog Writer That Hangout With Jakarta Blogger Community

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok, kasih tip donasi minimal 10k sebagai bentuk apresiasi untuk kreator via Lynk.ID / Whatsapp
10k 20k 25k 10k 20k 25k

A Story of Solo Blog Writer That Hangout With Jakarta Blogger Community
Credit: Blogger Jakarta dan Dokumentasi Pribadi

Bulan februari lalu saya mengikuti event blogger gathering, saya tahu event ini lewat sebuah akun komunitas blogger yang saya ikuti di Instagram kalau komunitas blogger jakarta mengadakan event gathering, topik yang dibahas adalah cara membuat infografis di postingan blog.


Materi ini disampaikan oleh salah seorang pemenang Indonesian Website Award (IWA) tahun 2017, yaitu kak Ridho, pemilik Ublik.id. Dalam acara ini, semua peserta diberi software grafis untuk keperluan pelatihannya. 

Dalam event ini, saya hanya ikut memperhatikan step by step proses pembuatan infografisnya tanpa praktek karena spesifikasi notebook saya tidak mampu digunakan untuk mengolah grafis, tapi, saya menikmati event ini.


Lewat event ini, saya jadi punya kenalan bertemu dengan banyak blogger secara langsung. Berdiskusi mengenai topik blog yang kita tekuni, perkembangan blog yang kita kelola, dan lagi-lagi, pasti bahas trafik. Hehe

Awalnya agak minder sih, bukan minder karena saya ini introvert ya, soalnya saya sudah sering sekali mengikuti event yang isinya banyak orang atau bahkan diharuskan berbicara di depan umum, so, minder kenapa gung?

Minder karena saya pikir semua blogger yang datang pada event ini adalah blogger senior yang trafiknya sudah besar, punya pembaca banyak, dan sudah punya domain tentunya. (Saat itu, saya belum mengganti subdomain blogspot ke domain .com seperti sekarang ini).


Saya sendiri baru menseriusi aktifitas ngeblog di pertengahan tahun 2015, kurang lebih baru dua tahun lebih, jatuh bangun memperbanyak konten yang awalnya hanya ada 30 hingga 300 artikel lebih, jatuh bangun membangun trafik pageview harian yang cuma 30 view perhari ke 3000-an view perhari. Dan semuanya saya lakukan sendiri karena di lingkungan kampus tidak ada blogger yang bisa saya ajak berdiskusi.

Tapi, rasa minder saya itu tidak ada gunanya sama sekali, karena di event ini, bloggernya beragam, ada memang yang blognya sudah besar, namun ada juga yang baru memulai, atau bahkan ada pada level yang sama dengan saya. So, I forget my unreasonable fear and enjoy the event.


Di event ini, semua blogger mendapat makan siang gratis dari sponsor, dari Kulina ID, tahu kan? Itu lho, startup bisnis kuliner dengan konsep katering makan siang. Bayar Rp.25.000 aja, trus udah dapet makan siang enak deh. Anyway, thank ya Kulina buat makan siangnya. ^_^

Oh iya, selayaknya tech-event pada umumnya, tempatnya ya gak jauh-jauh, pasti di coworking space. Khusus untuk event ini, komunitas blogger jakarta memilih Reneo Space yang letaknya di Jakarta Timur. Letak yang deket sama tempat kost jadi pertimbangan saya buat dateng ke event ini sih, biar enggak kejebak macet pas berangkat dan pulangnya, you know lah how chaos the Jakarta traffic it is. 


Buat kamu, solo blog writer, enggak ada salahnya kok buat nyobain ikut event gathering, banyak hal yang bakalan kamu dapetin, mereka juga orangnya baik-baik kok, siapa tahu kan dapet inspirasi baru buat nulis postingan selanjutnya.

Last but not least, makasih buat komunitas blogger jakarta atas undangan eventnya ya. ^_^

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating & kirim tip donasi minimal 50k untuk kreator via Lynk ID / Whatsapp ;


50k 100k 150k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten & Aturan Berkomentar

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang keras menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website, blog, karya ilmiah (jurnal, skripsi, buku komersil). Aturan berkomentar mudah, cukup komentar sesuai topik artikel, semua komentar akan dimoderasi, komentar yang relevan & tidak SPAM akan diterbitkan.