4 Tips Mudah Menjadi Blogger Yang Memberi Dampak Positif Terhadap Pembaca Di Bidangnya Masing-Masing


Apa yang membuatmu memutuskan untuk menjadi seorang blogger? Apakah kamu menjadi blogger karena tergiur oleh uang yang bisa kamu hasilkan lewat iklan google adsense? Apakah kamu memilih menjadi blogger hanya karena mengikuti tren yang sedang hype saja? 

Apapun alasanmu, baik itu karena hobi, potensi finansial, menyampaikan pemikiran, curhatan, media untuk mengembangkan bakat menulis, dan alasan logis lainnya. Saya dan kamu serta semua blogger di Indonesia pasti setuju dengan pertanyaan ini: bagaimana caranya supaya menjadi blogger yang bisa memberi dampak positif untuk pembaca blogmu sesuai bidang yang kamu tekuni?

Masalahnya, ketika kamu mencari informasi tips mengenai cara menjadi blogger yang memberi dampak positif terhadap pembaca di bidang yang kamu tekuni itu gampang-gampang susah lho, bahkan bisa saja keyword yang kamu ketikkan dan hasil artikel yang tampil di halaman pertama berbeda jauh dengan apa yang kamu cari atau bahkan tidak relevan sama sekali.

Oleh karenanya, saya ingin berbagi 4 tips mudah yang saya lakukan supaya bisa memberi dampak positif terhadap pembaca blog ini di bidang yang saya tekuni, yaitu bahasa Inggris.

Tulisan ini saya buat spesial untuk kamu, iya kamu, teman-teman blogger yang saya kenal yang sering berkunjung maupun blogger yang baru pertama kali mengunjungi blog ini, atau bahkan pembaca blog ini yang kelak bisa saja memutuskan untuk menjadi seorang blogger.

So, apa saja sih 4 tips yang telah saya lakukan dan mungkin saja bisa kamu terapkan supaya bisa menjadi blogger yang berpengaruh untuk pembaca blogmu?

1. Tentukan Segmentasi Pembaca Blogmu


Apakah kamu menulis untuk dirimu sendiri? Tentunya, tidak, bukan? Walaupun pada awalnya kamu sudah puas dengan berhasil mempublikasikan dan membaca tulisanmu sendiri di blog, tapi saya yakin, kamu menulis sebuah konten untuk dibaca banyak orang. Masalahnya, kalau kamu tidak menentukan pembaca spesifikmu, kamu akan kesulitan untuk melibatkan pembaca atau bahkan memberi manfaat lebih untuk pembaca blogmu baik melalui tulisan yang bisa diakses secara online maupun lewat keterlibatanmu langsung secara offline.

Dalam hal menentukan segmentasi pembaca yang tertarget sangatlah penting. Saya memilih target pembacanya itu mahasiswa pendidikan bahasa Inggris, guru dan dosen bahasa Inggris serta khalayak umum yang ingin belajar bahasa Inggris dari awal melalui tulisan edukasi bahasa Inggris di blog ini yang terus saya perbaharui secara berkala supaya pembaca mendapat materi pembelajaran baru tentunya.

2. Fokus Membuat Konten Berkualitas Dan Bermanfaat Untuk Pembaca Blogmu


Apa yang membuat pembaca mau mengunjungi blogmu lagi, lagi, dan lagi sewaktu mereka berselancar ria di mesin pencari google? Iya benar, konten berkualitas dan bermanfaat bisa memenangkanmu untuk mendapatkan tempat spesial di hati pembaca blogmu.

Pada akhirnya, hanya blog yang memiliki konten berkualitas dan bermanfaatlah yang bisa menyentuh hati pembacamu untuk menjadi loyal reader yang akan berlangganan membaca artikel blogmu setiap hari.


Untuk membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat, saya menerapkan 5 tips berikut ini yang masih saya terapkan hingga hari ini, termasuk tulisan yang kamu baca ini. Apa saja tipsnya? Yuk disimak:

Sebagai penutup tips kedua, saya ingin berpesan padamu; Terus tulis konten yang kamu sukai dan kuasai hingga kamu menjadi ahli di bidang yang kamu tekuni itu.



We can't have everything, but we can go for something that can bring us everything. - Budi Waluyo (Founder Sekolah TOEFL dan Sekolah Inggris)
Kamu harus memiliki mimpi kalau ingin aktifitas bloggingmu punya arah, misalnya saya mahir dalam bahasa Inggris, maka saya akan menulis konten bahasa Inggris supaya bisa membantu banyak orang yang semangat belajar bahasa inggris. Fokuslah menulis konten yang kamu kuasai, dengan begitu, kamu bisa menjadi ahli di bidang itu kelak dan menjadi rujukan utama yang dicari-cari orang yang tertarik dengan bidang yang kamu tekuni. 

Kamu memang bisa menulis banyak konten di blogmu seperti lifestyle, food, book review, tutorial, filsafat, tips menulis, atau bahkan berita harian. Namun kalau kamu harus menjawabnya dengan jujur, apakah kamu benar-benar ahli dalam semua bidang itu? Jika kamu tidak ahli pada semua bidang itu, fokuslah pada satu bidang karena kita tidak bisa menulis semuanya, tapi kita bisa menulis satu diantara jenis tulisan itu yang bisa membawa kita memiliki segalanya. :)


3. Menulis Artikel Request Dari Pembaca Blogmu


Saya percaya, bila kita ingin menjadi blogger yang bisa memberikan dampak positif terhadap pembaca, maka, kamu harus melibatkannya langsung dalam perjalanan bloggingmu. Bagaimana cara mudah melibatkan pembaca blogmu? Mudah saja, kamu bisa mengumumkan di blog dan sosial mediamu kalau kamu menerima request artikel sesuai keinginan pembaca, begitu ada pembaca yang menyampaikan requestnya, kamu tulis dan publikasikan artikelnya di blog, maka, kamu sudah berhasil memberikan satu kebaikan nyata untuk pembaca blogmu. 


Saya kerap kali menerima artikel request dari pembaca blog ini sampai sekarang, kebanyakan pembaca merasa senang ketika saya menuliskan sesuatu yang mereka ingini. So, mulai sekarang, yuk libatkan pembacamu dengan membuka artikel request dari pembacamu.

4. Memberikan Pelatihan Soft Skill Di Bidang Topik Yang Kamu Tekuni Untuk Pembaca Blogmu


Selain mendapat request dari pembaca, seiring berjalannya waktu, ada pembaca yang membaca portofolio pengalaman saya memenangkan beberapa lomba debat bahasa inggris sehingga saya diminta untuk memberikan pelatihan debat bahasa Inggris di sekolah dan kampus. Selain aktif memberikan pelatihan, ada juga pembaca ynag meminta saya menjadi juri di beberapa lomba bahasa Inggris mulai dari juri lomba English storytelling, Debate, dan Scrabble. Terkadang, saya juga diundang untuk mengisi materi English Conversation atau bahkan pembicara seminar di kampus.


Kalau kamu menekuni topik yang kamu tulis di blog, lambat laun, kamu akan ahli di bidang tersebut, perlu waktu memang untuk menguasainya. Begitu menguasainya, kamu bisa berbagi manfaat untuk pembaca blogmu dengan bertemu mereka langsung dan memberikan manfaat terbaikmu sesuai bidang yang kamu kuasai.

Itu dia 4 Tips Mudah Menjadi Blogger Yang Memberi Dampak Positif Terhadap Pembaca Di Bidangnya Masing-Masing yang bisa kamu terapkan, siapa tahu kamu akan menjadi "The Next Professional Blogger" yang bisa memberikan dampak nyata untuk pembacamu.

Bagaimana tips ini menurutmu? Apakah kamu sudah menerapkan ide di artikel ini? Atau kamu punya ide unik tersendiri untuk menjadi blogger yang berpengaruh? Yuk bagikan idemu lewat kolom komentar yang sudah disediakan di blog ini.

Click to comment