Apakah Kamu Sudah Tahu Tentang Idiom Dalam Bahasa Inggris? Jika Belum, Ini Panduan Lengkapnya

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok, kasih tip donasi minimal 10k sebagai bentuk apresiasi untuk kreator via Lynk.ID / Whatsapp
10k 20k 25k 10k 20k 25k

English Idiom, Pengertian Idiom Dalam Bahasa Inggris, Contoh Kalimat Idiom, Contoh Kata Idiom
Sumber Gambar: Freepik.com

Kalau kamu sedang belajar bahasa Inggris, belum lengkap rasanya kalau belum tahu apa itu Idiom.

Saya yakin, bila kamu mengenal dan bisa menggunakan idiom dalam bahasa Inggris, kamu enggak akan kesulitan lagi saat mengobrol dengan turis atau teman bule di kelas persiapan bahasa Inggris untuk mahasiswa internasional yang menempuh studi di UK. 

Terkadang, saat ngobrol dengan mereka, kamu akan mendengar kata-kata asing yang jarang ditemukan di kamus, oleh karenanya, menguasai idiom bisa sangat membantumu untuk berkomunikasi dengan baik dengan lawan bicaramu.

Apa itu idiom?

Idiom adalah sebuah ungkapan atau kata yang tidak bisa diartikan sebagaimana makna kata aslinya.

Bagaimana Saya Bisa Tahu Kalau Lawan Bicara Saya Menggunakan Idiom Dalam Bahasa Inggris?

Mudah saja, kalau lawan bicaramu melontarkan kata yang dirasa aneh dan tidak nyambung, bahkan ketika kamu mencari pengertian kata perkatanya di kamus, ternyata maknanya malah berbeda jauh dan tidak pas dengan konteks pembicaraan, yups, seperti definisi idiom di sub judul sebelumnya, idiom memang enggak bisa diartikan secara literal.

Contoh Percakapan Singkat Yang Menggunakan Idiom

Ria: Oh well, a bed head again. Didn't you bother to comb your hair when you woke up? 

Edo: I did!

Terjemahan

Ria: Duh, rambutnya berantakan lagi. Kamu males banget ya nyisir rambut tiap kali bangun tidur?

Edo: Udah kok! / Aku udah sisiran kok!

Keterangan: Kata "Bed Head" kalau diartikan satu persatu, maknaya jadi rancu, jadinya seperti ini:
Bed: Tempat Tidur | Head: Kepala

Bila digabung, masa iya kita mengartikan "Bed Head" dengan makna "Kepala tempat tidur" kan enggak nyambung. So, jadi apa makna sebenarnya dari "Bed Head?" | Maknanya adalah Rambut Berantakan.

Oleh karenanya, karena kata "Bed Head" ini enggak bisa diartikan sebagaimana asli katanya, kata itu masuk dalam kategori Idiom.

Sebagai penutup, saya ucapkan selamat ya, kini, kamu udah tahu apa itu Idiom dalam bahasa Inggris, cara mencari tahu kata yang masuk kategori idiom saat ngobrol dengan temanmu, dan juga, kamu sudah membaca contoh percakapan singkat berisi idiom. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buatmu ya. Kalau temanmu belum tahu idiom dalam bahasa Inggris, boleh kamu share artikel ini ke temenmu ya.

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating & kirim tip donasi minimal 50k untuk kreator via Lynk ID / Whatsapp ;


50k 100k 150k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten & Aturan Berkomentar

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang keras menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website, blog, karya ilmiah (jurnal, skripsi, buku komersil). Aturan berkomentar mudah, cukup komentar sesuai topik artikel, semua komentar akan dimoderasi, komentar yang relevan & tidak SPAM akan diterbitkan.