Ada Apa Dengan Fitur Balas Komentar Di Blogger.com? - Blogger Diary #1

Ada Apa Dengan Fitur Balas Komentar Di Blogger.com? - Blogger Diary #1

Sudah lama nih saya nggak nulis di rubrik "blogging" di DBP. Dan untuk topik kali ini, saya ingin membahas mengenai update terkini di dunia blogger nih.

Tulisan kali ini bakalan ngebahas tentang pengguna blog berplatform blogger.com.

Bulan desember ini, semua template blogger mengalami error pada salah satu widgetnya. Widget apa yang bermasalah?

Well, widget ini kalau kamu suka blogwalking pasti "ngeh" widget apa yang bakalan mengganggu kenyamanan kamu buat naruh link name / url, eh komentar relevan dan positif dengan tujuan ngobrol deh maksudnya. "- No Offense ya, Dear -" Hihi  XD


Widget Reply Comment Blogger Error!




Sebenernya saya sudah lama sekali ingin membahas topik artikel ini, tapi karena ini dan itu yang ujung-ujungnya cuma "ngeles" doang biar reader bisa dapet update terbaru karena lagi mode "ngilang". Yaudah, saya nulis lagi deh di akhir bulan ini.

Setelah tahu tentang informasi ini, saya langsung mencoba fitur tombol bales komentar di blog ini, dan ternyata;


Oke, fitur balas komentar di blog gue rusak!


Kalau sudah begini, kamu punya dua pilihan, kamu bisa pilih memperbaikinya atau membiarkannya saja.

Kalau saya sih, saya coba untuk memperbaikinya, kamu bisa coba tutorial dari Arlina Design.

Setelah mengikuti panduan dari Arlina Design, hasilnya? Well, fitur tombol balas komentar di blog ini bisa di klik dan muncul kotak komentar selayaknya sama seperti sebelum event error error nggak jelas ini menyerang template blogger.com.



But you know what? Setelah melakukan perbaikan sesuai panduan dari artikelnya Arlina Design, ternyata untuk template blog ini, ketika berhasil nge-klik dan nulis komentar, tekan tombol publish, hasilnya malah gagal. Ya, beda template, beda struktur kode sih. Jadi wajar kalo ada kode yang tidak cocok. Tapi coba saja panduannya ya, siapa tahu template blog milikmu cocok dengan kode perbaikan yang disediakan oleh blog Arlina Design. Berikut ini ilustrasi dari komentar di blog ini;



Lantas, kalau sudah begini, bakalan tetep nyari cara buat nyelesaiin masalah ini nggak, gung?


Well, iya, bakalan dibenerin kok, sambal baca-baca tutorial cara memperbaiki fitur balas komentar di blogger.com yang ada di mesin pencari google.

Tapi kalau pada akhirnya setelah membaca, menerapkan kode untuk memperbaiki template ini tapi hasilnya sama saja, sama-sama belum bisa memperbaiki fitur balas komentar di blog ini, yaudah, nggak apa-apa kok.

Coba deh kamu lihat gambar sebelumnya, saya membalas komentar adhi dan rhosanda dengan tanda baca "@" sebagai bentuk balasan komentar.

Dulu, sebelum sering menggunakan fitur reply comment di blogger, saya dan teman-teman blogger lain yang sering saya kunjungi blognya, kami sering menggunakan tanda baca "@" sebagai bentuk balasan komentar yang sudah ditulis oleh blogger lain.

Ya, saya pikir, mendapatkan komentar banyak di artikel blog bukan prestasi, dan tidak ada komentar sama sekali bukan berarti kualitas tulisanmu jelek kok.

Entah siapa sih yang buat standar sukses seorang blogger itu harus dapet banyak komentar di tulisannya. Itu tulisan blog apa chat group. Haha :)

But seriously, if you ask me these question; emang enggak suka blognya dikomentari banyak orang? Saya bakal jawab;


Biasa Aja


Iya, biasa aja. Saya lebih suka nulis artikel dan baca artikel di blog lain. Bahkan saya lebih suka punya ratusan atau ribuan artikel di blog ini ketimbang ningkatin jumlah interaksi komentar di blog ini.

Dengan menulis banyak artikel, pembaca blog ini bisa mendapatkan manfaat lebih, tapi bukan berarti saya enggak suka ngobrol-ngobrol asyik dan ucul, eh lucu deh maksudnya. But actually, lebih enak ngobrol langsung sih, misalnya kumpul di event blogger gitu, jadi bisa ngobrol langsung deh sepuasnya.

Meskipun di blog ini saya sering menggunakan "call to action" untuk mengajak pembaca memberikan responnya terhadap tulisan yang mereka baca sih, itu saya lakukan sebagai bentuk apresiasi saya untuk pembaca, karena pembaca punya hak untuk sekedar membaca saja atau boleh juga memberikan respon komentar di tulisan yang ia baca.

Oh iya, kalau kamu "ngeh" di judul artikel ini, ada tulisan series "blogger diary", itu maksudnya, saya ingin membuat rubrik series baru untuk label blogging di blog ini, biar bisa sharing sama kamu gimana sih kehidupannya blogger, kesehariannya, proses buat konten, gabung di komunitas blogger, atau bahkan make money from blog. Semoga saya diberi kesempatan berupa nikmat untuk terus bisa menulis dan berbagi hal baik untuk pembaca di blog ini. Amin.

That's it, itu aja share blogger diary kali ini. Semoga bermanfaat ya. Buat kamu yang pakai blog platform blogger, semoga kamu bisa memperbaiki fitur tombol balas komentar di blog milikmu ya. Terimakasih sudah membaca tulisan ini dan silahkan bila ingin berbagi cerita melalui kolom komentar, mau baca tulisan ini aja tanpa komen juga boleh kok. It's your choice.


Referensi Gambar: Freepik & Dokumentasi Pribadi

Click to comment