Cara Mudah Menyiasati Gugup Saat Lomba Debat Bahasa Inggris

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok kasih tip biar kreator hepi dan makin semangat update bikin konten edukasi buat Kamu;
10k 20k 25k 50k 100k 150k

English debate competition, lomba debat bahasa inggris, debater, case building, debate motion, motion launch, BP Debate, Asian Debate, Australian Debate, EDS, IVED, NUDC, JFF, ALSA, Gugup, Cara Mengatasi Rasa Gugup Dan Grogi Saat Debat
NUDC Kopertis 3 2019 - Dokumntasi Pribadi

Bagaimana sih cara mengatasi gugup saat lomba debat Bahasa Inggris pertamamu?

Well, pertanyaan ini seringkali dilontarkan oleh siswa atau mahasiswa yang baru pertama kali terjun dalam ajang lomba debat Bahasa Inggris. Biasanya, member baru ini akan bertanya pada seniornya untuk mendapatkan pengarahan mengenai cara menyiasati rasa gugup yang muncul tiba-tiba saat hendak bertanding dengan tim lain.

Dalam artikel seri English debate ini, saya ingin berbagi ilmu denganmu nih, siapa tahu kamu, teman, adik kelas, atau sahabatmu ingin ikut lomba debat Bahasa Inggris untuk pertama kalinya. Harapannya, meski nantinya kamu masih agak gugup, perasaan gugup itu tak sampai membuat performamu jadi tampil buruk.

Cara Mudah Menyiasati Gugup Saat Lomba Debat Bahasa Inggris


Jadi, bagaimana sih cara menyiasati atau mengatasi perasaan gugup saat lomba debat Bahasa Inggris?

1. Tetap Tenang Saat Menyampaikan Argumen Di Podium


Kalau kamu termasuk tipe orang yang berbicara sambal menggerakkan tangan, hal ini bisa menguntungkan bisa juga sebaliknya. Kalau tanganmu gemetar, usahakan tetap tenang, solusinya, kamu tak perlu memaksakan diri untuk menggerakkan tanganmu saat menyampaikan argumen.

Cukup gunakan intonasi yang jelas dan ekspresif saja supaya argumenmu bisa mudah didengar dan dipahami oleh juri dan penonton.

2. Saling Mendukung Satu Sama Lain


Lomba debat Bahasa Inggris itu nggak pernah main solo, basisnya selalu tim. Kalau ssstem lombanya menggunakan parlemen Asia, 1 tim terdiri 3 orang. Sebaliknya, bila sistemnya British, 1 tim 2 orang.

Keuntungannya, kamu nggak perlu khawatir soal performamu saat menyampaikan argumen di podium. Usahakan saja sebaik dan semaksimal yang kamu bisa.

Bila ada kekurangan, teman satu tim akan melakukan back-up atau membantu kamu dengan cara menguatkan argumen milikmu saat giliran mereka maju.

So, saat kamu merasa gugup, mintalah dukungan teman satu tim, hal itu bisa menenangkan diri saat lomba debat berlangsung.

3. Pahami Mosi Debat Dan Buat Banyak Argumen Relevan


Kamu tak harus memaksakan diri jadi English debater yang menyampaikan argumen berapi-api sampai seisi ruangan mendengar suaramu kalau memang nyatanya tone suaramu kecil atau sedang.

Selain membuang energi, kamu juga bisa tidak fokus dengan materi argumen yang ingin kamu sampaikan. Oleh karena itu, saran saya, saat sebelum lomba, di momen case building dimana kamu dan teman satu tim diberi waktu untuk membuat argumen dalam kurun waktu terbatas, usahakan untuk memahami mosi debat dan buat argumen yang relevan dan banyak.

Kamu bisa membuat dua atau 3 argumen relevan. Jadi, kalau kamu tahu argumen apa yang hendak kamu sampaikan, percayalah, gugup yang kamu rasakan bisa mereda.

Kesimpulan Blog Post Cara Mengatasi Gugup Saat Lomba Debat Bahasa Inggris


Sebagai penutup, saya harap tulisan ini bisa membantu kamu mengatasi rasa gugup saat berlomba, meski ini lomba pertamamu, merasa gugup itu wajar, untuk itu, daripada risau karena gugup berlebih, terapkan saja 3 tips yang ada dalam artikel ini seperti tetap tenang, minta dukungan teman satu tim, dan pahami mosi beserta membuat banyak argumen relevan, semoga tulisan ini membantumu ya. :) 

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating terbaikmu atau kirim tip donasi sebagai bentuk apresiasi kepada kreator;


10k 20k 25k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website atau blog lain. Apabila kamu ingin menggunakan konten kami sebagai referensi karya ilmiah baik itu; jurnal, skripsi, buku komersil, harap ajukan izin terlebih dahulu kepada admin website DBP.

Aturan Berkomentar

Pembaca bebas berdiskusi dan konsultasi terkait materi edukasi sesuai topik konten. Semua komentar akan dimoderasi dan hanya komentar yang relevan saja yang akan terbit, untuk komentar spam yang dikirim spammer, maaf, komentar Anda tidak akan lolos dan semua link aktif di komentar sudah dinon-aktifkan melalui sistem website kami.