MASIGNASUKAv102
102632425344894399

Project 2020: Buka Usaha Marketplace Online Jual Beli Artikel, Jasa Penerjemah, Ebook, Tutor Bahasa Inggris, dan Tutor Menulis

Project 2020: Buka Usaha Marketplace Online Jual Beli Artikel, Jasa Penerjemah, Ebook, Tutor Bahasa Inggris, dan Tutor Menulis
Add Comments
Kamis, 13 Februari 2020
Project 2020: Buka Usaha Marketplace Online Jual Beli Artikel, Jasa Penerjemah, Ebook, Tutor Bahasa Inggris, dan Tutor Menulis

Halo sobat DBP, sudah punya resolusi yang kamu jadikan project agar bisa segera dieksekusi? Bila belum, kamu bisa menyimak cerita saya melalui post ini. Saya ingin bercerita mengenai salah satu resolusi yang ingin saya wujudkan; bisnis toko online jual beli artikel, ebook, jasa penerjemah, tutor Bahasa Inggris, dan tutor menulis di Daily Blogger Pro Academy.

Setelah menekuni aktifitas blogging yang bisa dibilang cukup lama, saya sampai pada satu kesimpulan; aktifitas ngeblog memang bisa menghasilkan uang, tapi sifatnya masih terbilang kecil, seperti uang jajan tambahan begitu deh kalau anak sekolah menyebutnya.

Kenapa saya bisa berkata demikian? Ini berdasarkan pengalaman pribadi sih, kalau kamu ingin menghasilkan uang dari aktifitas blogging, kamu bisa mendapatkannya melalui content placement, liputan event brand, jadi PIC lomba blog dari brand, ikutan lomba blog, atau bisa juga lewat google adsense.

Semua cara itu cukup realistis dan memang memungkinkan untuk dilakukan. Untuk blog yang trafiknya belum sampai 100k - 1000k view perbulan, hasil yang didapatkan belum bisa mendapatkan penghasilan gaji bulanan, akan tetapi, saya bersyukur bisa sampai pada titik ini.

Tidak mudah rasanya merintis sebuah blog dari awal dan mempertahankannya hingga bertahun-tahun, banyak yang semangat diawal, tapi menghilang begitu tak mendapatkan hasil sesuai ekspektasi.

Target saya dulu, belum begitu menargetkan kebebasan finansial lewat blogging, tapi lebih ke rasa penasaran dengan pertanyaan ini;

Apakah blog benar-benar bisa menghasilkan uang?

Pertanyaan ini terlontar saat saya dan teman SMA sedang nongkrong bareng, tepatnya 7 tahun lalu, sebelum kuliah dan kerja. Dan jawabannya; ya, blog bisa digunakan sebagai media untuk menghasilkan uang. Diawal artikel, saya sudah menyinggung beberapa poin make money from blog, detailnya bisa teman-teman baca lewat uraian dibawah ini;

5 Ways to Make Money from Blog

1. Content Placement

Mempublikasikan artikel sponsor dari brand di blog milik kita. Nggak perlu capek-capek nulis, tinggal publish, dan pihak brand akan memberikan bayaran begitu artikelnya sudah dipublikasi.

2. Sponsored Blog Post

Membuat ulasan atau review di blog terkait produk dan jasa yang dijual brand.

3. Liputan Event Brand

Tugas kamu adalah datang ke acara yang diadakan oleh brand, ambil dokumentasi yang relevan, selesai acara, publikasi hasil liputan di blog, dan kirim laporan pembayaran ke pihak brand.

4. Menjadi publisher iklan

Kenal dengan Google AdSense? Well, kalau kamu blogger, pasti tahu dengan layanan periklanan milik google yang satu ini. Kamu bisa menghasilkan uang hanya dengan cara memasang iklan di blog dan tunggu ada pengunjung yang mengklik iklan kamu.

5. Menjual Jasa & Produk

Punya keahlian khusus di bidang tertentu seperti desain grafis? Web programming? Membuat aplikasi android dan IOS? Apapun keahlian kamu, kamu bisa menjualnya melalui blog.


Detail ulasan make money from blog mungkin akan saya ulas di artikel selanjutnya di lain kesempatan, intinya, kalau kamu membaca kelima poin diatas, mungkin terdengar mudah dan gampang, bukan?

Tapi percaya deh, prosesnya nggak semudah baca artikel ini yang cuma 9 menit, butuh waktu untuk membangun blog yang bisa menghasilkan, kamu harus punya trafik blog yang cukup, artikel yang berkualitas, paham banyak metode menghasilkan uang melalui blog, paham cara menggaet klien, dikenal banyak brand untuk bekerjasama, dan masih banyak lagi.

- | | -

Terkait poin kelima, tahun ini saya membuat project marketplace online yang juga menggunakan brand blog ini, anggap saja ini produk turunan blog DBP karena memang menggunakan subdomain dari dailybloggerpro.com.

Untuk namanya sendiri, saya memberi nama Daily Blogger Pro Academy. Disini, saya akan menjual artikel 300 kata - 1000 kata untuk kebutuhan update website milik blogger, brand, dan klien lainnya. Ada jasa penerjemah, ebook, tutor bahassa Inggris, dan tutor menulis.

Untuk saat ini, website-nya sedang dalam tahap pengembangan, saya sedang melakukan update halaman dan produk secara berkala di DBP Academy. Tapi, berhubung saya mengulasnya di artikel ini, saya akan kasih kamu sneak peak a.k.a bocoran tampilan website, menu, dan produk yang sudah tersedia. Berikut tampilan website Daily Blogger Pro Academy;

Halaman utama website Daily Blogger Pro Academy
Halaman produk di website Daily Blogger Pro Academy
Best Product, English Course, & Ebook DBP Academy
Gambar diatas adalah tampilan website yang akan kamu dapati bila berkunjung ke homepage Daily Blogger Pro Academy. Untuk halaman produk, deskripsi produk, hingga halaman pembayarannya bisa kamu lihat lewat ilustasi web berikut ini;

Produk Artikel DBP Academy
Halaman Deskripsi Produk DBP Academy
Halaman Pembayaran Produk DBP Academy

Kamu bisa lihat sendiri, pada halaman produk, sudah terinstal fitur lengkap belanja artikelnya, deskripsinya, hingga pembayarannya yang menggunakan dua pilihan; WhatsApp dan email.

Project ini diinisasi bulan desember 2019. Untuk website-nya, saya membuatnya di bulan januari dan masih terus dikembangkan dan diperbaharui konten produknya hingga sekarang. 

Dalam project ini, saya memiliki tim yang membantu saya. Ada dua divisi;

1) Divisi Content Writing

Divisi yang anggotanya mahir menulis dan bahkan punya buku yang telah diterbitkan

2) Divisi English Content

Divisi ini berisikan anggota yang mahir berbahasa Inggris sesuai bidang spesialisasinya seperti English conversation, grammar, ielts, dan skill Bahasa Inggris lainnya.

Setiap bulan kami mengadakan pertemuan untuk membahas progress bisnis online yang sedang kami rintis ini, seperti membahas kurikulum jasa tutor Bahasa Inggris dan menulis, membahas produk artikel, dan project lainnya.

Saya tahu membangun usaha itu tidak mudah, karena tidak mudah, makanya tidak semua orang mau terjun ke bidang usaha seperti ini. Untuk itu, saya akan belajar, bekerja keras, berdo'a dan meminta dukungan orang terdekat seperti mamah agar dilancarkan project tahun ini.

Sekian cerita resolusi kali ini, ini cerita yang ingin saya bagikan tahun ini, nanti kita cerita tentang progress DBP Academy di akhir tahun 2020, sampai ketemu lagi ya, kamu, pembaca kesayangannya DBP. :)

Last but not least, terimakasih sudah membaca tulisan ini. :)
Baca Juga
Agung Kharisma

Fresh graduate yang suka menulis konten edukasi di blog pribadi dan pernah menjadi freelance SEO content writer di Blibli.com. Penggemar buku fiksi novel fantasi, horor, petualangan, dan nonfiksi. Cowok childish penyuka sate ayam dan chicken katsu kelas berat yang hobinya travelling ke taman bermain. Saat ini, Agung juga sedang merintis usaha bisnis online di bidang jual beli artikel, penerjemah, mentoring bahasa Inggris, dan menulis di Daily Blogger Pro Academy