5 Hal Penting Yang Harus Kamu Perhatikan Saat Belajar Menulis Dalam Bahasa Inggris - English Writing Skill #1

5 Hal Penting Yang Harus Kamu Perhatikan Saat Belajar Menulis Dalam Bahasa Inggris - English Writing Skill #1

Stereotip atau konstruksi sosial di masyarakat Indonesia dalam memandang seberapa mahir seseorang dalam menguasai bahasa Inggris adalah jika dia bisa fasih berbicara dalam bahasa Inggris atau minimalnya jago di bidang grammar (tata Bahasa). Padahal, ada satu skill produktif selain speaking yang sebenarnya juga penting, yaitu writing skill. Sebelum kamu mulai menulis, ada 5 hal penting yang harus kamu perhatikan saat belajar menulis dalam bahasa Inggris.

Tertarik ingin tahu apa saja 5 poin penting dalan writing skill ini? Well, kamu akan mendapatkan ulasannya di artikel ini kok. Dengan mengetahui konsep dasar mengenai writing, harapannya kamu bisa tahu hal penting apa saja sih yang harus kamu persiapkan sebelum mulai menulis dalam bahasa Inggris. Yaudah, langsung aja yuk kita bahas kelima poinnya lewat ulasan dibawah ini;

1. Menulis Adalah Proses Menerjemahkan Gagasan

Kegiatan menulis dalam bahasa Inggris sebenarnya adalah aktivitas menerjemahkan gagasan yang kita pikirkan dalam konstruksi bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Tapi jangan disamakan dengan translation (penerjemahan) ya, soalnya kalau translation itu titik fokusnya menerjemahkan teks dari bahasa asing ke bahasa target, misal bahasa Indonesia dimana kita nggak perlu memikirkan gagasan atau ide apapun.

2. Kuasai Tata Bahasa Indonesia Yang Baik & Benar

Kamu harus menguasai tata bahasa Indonesia yang baik dan benar karena aktifitas menulis dalam bahasa Inggris pun memiliki pola struktur kalimat yang mirip dengan bahasa Indonesia, misalnya saja kalimat pasif / passive voice. Dengan menguasai tata bahasa Indonesia, kamu akan lebih mudah menerjemahkan gagasan ide milikmu saat menulisnya dalam bahasa Inggris.


3. Miliki Kamus Indonesia Inggris Yang Lengkap

Pernah nggak sih main ke toko buku atau penjaja buku di pinggri jalan trus ada kamus yang judulnya begini;

Kamus Lengkap 100 Juta Miliar : p

Kalau saran saya, jangan beli kamus jenis itu, soalnya judul kamusnya aja yang berlebihan tapi isinya nggak relevan buat membantu kamu menulis dalam bahasa Inggris. Saran saya, kamu beli kamus Indonesia-Inggris susunan Peter Salim, John Echols, dan Hasan Shadily.

Kamus yang saya rekomendasikan tidak hanya menyediakan arti tiap kata bahasa Inggrisnya saja, tapi juga ada tata bahasanya, serta cara penggunaannya dalam kalimat, lengkap deh.

4. Gunakan Diksi Sesuai Konteks Kalimat

Pernah nggak sih ngeliat ada orang yang ngomong atau nulis kalimat begini;

my body is not delicious
Kalimat seharusnya adalah I am sick. Itulah sebabnya kamu perlu kamus Indonesia-Inggris yang isi kontennya lengkap berisi penggunaan diksi / pilihan kata berdasarkan kondisinya soalnya saat menerjemahkan dan menulis dalam bahasa Inggris, kamu tidak bisa mengartikannya per kata.

5. Kuasai Tata Bahasa Inggris Yang Baik & Benar

Dalam proses membentuk keahlian menulis dalam bahasa Inggris, kamu harus mengetahui dan memahami penggunaan tata bahasa Inggris saat menulis kalimat. Semakin baik pemahamanmu terhadap English Grammar, maka kamu bisa membuat berbagai macam variasi kalimat dalam bahasa Inggris. Untuk awalan, kamu bisa pelajar materi grammar dasarnya terlebih dahulu melalui tabel yang sudah saya siapkan dibawah ini;

Materi English Grammar Dasar untuk Menulis Dalam Bahasa Inggris
1Noun (Kata Benda Dalam Bahasa Inggris)
2Verb (Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris)
3Pronoun (Kata ganti orang dalam Bahasa Inggris)
4Adjective (Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris)
5Adverb
6Preposition
7Conjunction
8Interjection

Selamat, kamu sudah selesai membaca artikel dengan judul; 5 hal penting yang harus kamu perhatikan saat belajar menulis dalam bahasa Inggris. Terimakasih sudah membaca tulisan ini ya, dear. :)

Bila tulisan ini bisa membantu temanmu, silahkan dishare. :)