Software Inventory Ini Dapat Membantu Mengembangkan Bisnis Milikmu, Berani Coba?

Bagi kamu yang saat ini sedang mengembangkan bisnis, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan agar bisnis yang kamu jalankan meraih kesuksesan.

Salah satu poin penting dalam bisnis adalah pengelolaan barang. Pengelolaan barang memang terkesan sepele, namun bisa mengakibatkan permasalahan dalam bisnis, seperti saat ada pesanan barang padahal stok barang tersebut digudang sedang kosong.

Untuk mencegah terjadinya permasalahan-permasalahan tersebut, ada solusi yang bisa kamu lakukan yaitu pastikan kamu selalu memantau stok barang yang ada di gudang. Untuk memudahkan pemantauan stok barang ini, kamu dapat menggunakan software inventory. Apa sih itu software inventory? Berikut penjelasannya:

Pengertian Software Inventory

Inventory berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti persediaan. Sedangkan software inventory diartikan sebagai perangkat lunak yang memiliki kegunaan untuk melacak tingkat inventaris, pesanan, penjualan, dan pengiriman.

Dengan software inventory kamu dapat menghindari terjadinya kelebihan atau kekurangan stok barang. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir terjadi kekosangan stok atau kelebihan barang karena kamu bisa mengontrolnya dengan sangat mudah.

Manfaat Software Inventory

Sebelum memutuskan menggunakan software inventory, kamu pasti ingin tahu apa saja manfaat yang akan diberikan software inventory bagi bisnis yang sedang kamu kembangkan. Berikut manfaat yang akan diberikan software inventory untukmu:

Manfaat Software Inventory untuk Perusahaan

1. Akan membantu perusahaan dalam memantau stok
2. Memudahkan perusahaan dalam menulis laporan atau informasi yang dibutuhkan oleh stakeholder
3. Memudahkan perusahaan dalam melakukan rekonsiliasi
4. Membantu perusahaan dalam mengelola vendor
5. Meminimalisir biaya yang disebabkan oleh kesalahan manusia
6. Mengurangi lead time yang terjadi saat proses produksi dan pemesanan barang
7. Dapat melakukan manajemen saldo dengan baik.

Manfaat Software Inventory untuk Dirjen Pajak dan Cukai

1. Memudahkan untuk mengontrol pergerakan persediaan perusahaan
2. Dapat dengan mudah mengontrol rekonsiliasi dokumen kepabeanan dengan sistem persediaan ada ada pada perusahaan.

Keunggulan Menggunakan Software Inventory

1. Memudahkan Pemantauan Produk Paling Laris

Software inventory akan memudahkan kamu dalam mendapatkan update produk terlaris, berapa profit yang dihasilkan, dan laporan stok barang kosong secara realtime. Informasi ini sangat dibutuhkan saat kamu ingin membuat keputusan saat melakukan reorder dan juga dalam menentukan harga produk.

2. Memudahkan Import Langsung dari Excel

Software inventory akan membuatmu lebih mudah dalam memasukan data produk dan stok opname, yaitu kamu tidak perlu memasukannya satu per satu. Kamu dapat membuatnya di excel, kemudian mengunggahnya dan semua data yang kamu unggah akan masuk ke bagian inventory.

3. Dapat Melakukan Penyimpanan Multi Gudang

Kamu bingung bagaimana mengontrol gudang yang lebih dari satu? Stop khawatir, karena dengan software inventory, kamu dapat mudah mengontrol multi gudang dengan adanya penyimpanan multi gudang di inventory tersebut.

4. Memudahkan Pembuatan Produk Paket

Kamu dapat menggabungkan beberapa produk yang ada menjadi satu paket untuk menaikan penjualan. Kamu juga dapat mengolala produk paket ini dengan mudah melalui software inventory.

5. Memudahkan Membuat Laporan Gudang Realtime

Dengan software inventory ini, kamu juga dapat memantau laporan stok secara detail dan realtime di setiap gudang, tanpa menunggu akhir bulan. Kamu dapat melakukan pemantauan pergerakan stok dan tidak khawatir barang hilang tidak dapat terlacak.

6. Memantau Stok dari Mana Saja

Software inventory akan memudahkanmu dalam melakukan pemantauan stok barang dari mana saja, tanpa harus datang ke kantor atau gudang. Cukup buka laporan dari laptop dan handphone dimana pun kamu sedang berada.

7. Perhitungan HPP Secara Otomatis

Dengan menggunakan software inventory, kamu dapat menghitung Harga Pokok Penjualan atau HPP secara otomatis. Ini tentu akan memudahkan kamu dibandingkan harus menghitungnya secara manual.

8. Surat Jalan yang Terintegrasi

Software inventory juga telah terintegrasi dengan surat jalan. Jadi, buat kamu yang membutuhkan surat jalan, dapat dengan mudah membuatnya di software inventory ini karena surat jalan langsung terintegrasi dengan stok barang.

9. Terintegrasi dengan Fitur Invoice

Software inventory juga telah terintegrasi dengan fitur invoice pembelian dan invoice penjualan. Stok yang ada di gudang akan terhitung secara otomatis setelah invoice dibuat kepada pelanggan.

10. Dapat Melakukan Transfer Gudang

Software inventory juga akan membuat kamu lebih mudah dalam melakukan transfer gudang.

Pilih Software Inventory Terbaik di Kledo

Setelah mengetahui semua manfaat dan keunggulan dari software inventory, kini saatnya memilih software inventory terbaik dan software inventory yang wajib kamu gunakan adalah software inventory dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi yang di dalamnya dilengkapi berbagai fitur untuk memudahkan pengelolaan keuangan dan pengelolaan stok barang. Dengan semua fitur yang dimiliki Kledo kamu dapat mengelola keuangan dengan baik dan membawa bisnismu untuk meraih kesuksesan. Kunjungi kledo.com sekarang dan untuk mendapatkan kemudahan software inventory bisa diakses di sini.

Kesimpulan

Stok barang merupakan komponen yang sangat penting bagi bisnis. Jadi, pastikan kamu melakukan yang terbaik dan gunakan software inventory terbaik yang dapat membuat sesuatu yang ribet menjadi lebih mudah.