5 Cara Mengatasi Jerawat Mask Acne Akibat Pakai Masker

Punya masalah jerawat akibat sering menggunakan masker? Tenang saja, kamu bukan satu-satunya orang yang mengalami masalah mask acne selama pandemi covid-19. Ada yang bermasalah dengan jerawat jenis komedo, papul atau bahkan noduls. Kalau kamu tidak tahu bagaimana penganganannya, kamu bisa konsultasi ke dokter kulit terdekat.

Masalah Kulit yang Timbul Akibat Pemakaian Masker, Pencegahan, dan Cara Mengatasi Mask Acne Menurut Dokter Spesialis Kulit

Penyebab Mask Acne

Setelah mengikuti webinar MASK-NE (Mask Acne) yang dipresentasikan oleh narasumber kredibel di bidang spesialisasi kulit, yaitu dr. Sonia Hanifati SpDV, saya jadi tahu bahwa ada beberapa sebab timbulnya jerawat akibat pemakaian masker, diantaranya;

1. Minyak Berlebih
2. Sumbatan pada pori-pori kulit wajah
3. Adanya bakteri yang menempel di pori-pori kulit wajah
4. Peradangan (Inflamasi) akibat luka gesekan masker dengan kulit wajah

Cara Mencegah Mask Acne

Seperti kata pepatah; mencegah lebih baik daripada mengobati, maka dari itu, untuk tahap awal, ada baiknya kamu menerapkan tips pencegahan dibawah ini agar terhindar dari mask acne yang menyebalkan dan bikin nggak pede. Yuk terapkan 5 tips mencegah jerawat membandel akibat pemakaian masker;

1. Rutin Mengganti Masker

Tips pencegahan mask acne yang pertama; rutin mengganti masker. Meski terkadang malas kalau harus mengganti masker setiap hari, tapi kalau tidak dilakukan, ada kemungkinan bakteri dan virus yang mengendap ke pori-pori wajah sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.

Nggak mau kan wajah cantik dan gantengmu jerawatan? Yaudah mulai sekarang biasakan untuk mengganti masker setiap 4-6 jam sekali ya. Tapi kalau mager, boleh ganti masker sehari sekali. Pastikan kamu selalu membawa masker cadangan ya.

2. Cuci Masker Sampai Bersih

Mengingat stok masker yang tiba-tiba langka diawal masa pandemi, maka dari itu, pemerintah mengizinkan masyarakat untuk menggunakan masker kain.

Selain harganya terjangkau, ketersediaan masker kain juga melimpah, namun perlu diingat bahwa kamu perlu mencuci bersih masker kain setiap hari agar terhindar dari bakteri dan virus yang menyebabkan jerawat tumbuh di permukaan kulit wajah.

3. Rajin Mencuci Wajah

Tips ketiga yang bisa kamu terapkan adalah rajin mencuci wajahmu. Usahakan untuk mencuci wajah dengan rutin baik itu setelah bepergian ke minimarket, konsultasi ke dokter kulit terdekat, mengantar si kecil ke sekolah, atau bahkan berbelanja ke pasar.

Setelah melakukan banyak kegiatan diluar rumah, wajah bisa kusam, berminyak, dan kotor, maka dari itu, kamu harus sering-sering membersihkan wajahmu secara rutin.

4. Lakukan Perawatan Kulit dengan Menggunakan Skin Care

Setelah mencuci wajah, kamu bisa merawat kulit wajahmu dengan menggunakan skin care. Lepas masker, cuci wajah pakai dengan cleanser. Kemudian, pakai skin care sesuai tahapannya, yaitu hydrating dan moisturizing.

Bagian terbaiknya, dr. Sonia Hanifati SpDV berbaik hati mau membagikan tips menggunakan skin care yang baik dan benar agar terhindar dari mask acne. Penasaran? Yuk disimak ulasannya dibawah ini;

1. Minimalkan penggunaan make up dan skincare
2. Gunakan sabun cuci muka (cleanser) yang gentle
3. Gunakan pelembab yang mengandung bahan aktif untuk mengurangi produksi sebum
4. Aplikasikan skincare 30 menit sebelum menggunakan masker
5. Menggunakan tabir surya pada pagi atau siang hari

5. Konsultasikan Masalah Kulit Wajahmu ke Dokter Spesialis Kulit Berpengalaman

Jika masalah kulit wajahmu tidak kunjung membaik padahal sudah menerapkan 4 tips pencegahan sebelumnya, tenang, nggak usah khawatir, kamu bisa mengkonsultasikan masalah kulit wajahmu ke dokter spesialis berpengalaman. Karena sekarang sedang pandemi, usahakan untuk mengunjungi dokter kulit terdekat dengan rumahmu ya, dear. :)

Buat kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, kamu bisa mengunjungi dokter kulit jakarta pusat atau dokter kulit bekasi. Kalau kamu tinggal di dua kota yang sudah saya sebutkan, saya ucapkan selamat ya, soalnya ada dr. Sonia Hanifati SpDV, dokter spesialis kulit berpengalaman, kredibel, dan siap memberikan pelayanan terkait masalah kulitmu. Tertarik untuk mengenal lebih dekat dengan dr. Sonia Hanifati SpDV? Yuk kenalan, siapa tahu rekomendasi dari saya cocok buat kamu.

dr. Sonia Hanifati SpDV Dokter Spesialis Kulit yang Berpengalaman

Okey, saya akan mengenalkanmu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin berpengalaman, kredibel, dan kompeten di bidang ini. Beliau adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dimana kamu bisa konsultasi? Well, kamu bisa mengunjungi dr. Sonia di tempat praktik kerjanya, yaitu di RS Budi Kemuliaan, Bamed Skincare dan Dermatoven Clinic. Selain bekerja sebagai dokter spesialis kulit, saat ini dr. Sonia merupakan Co-Founder dari The GoodChem. Kamu bisa mengunjungi website instagramnya melalui tautan link berikut ini; @thegoodchem (Instagram) dan TheGoodChem.com. Hebat, bukan?

Penanganan Jerawat Masker oleh dr. Sonia

Saat berkunjung dan berkonsultasi masalah kulit wajah, treatment atau penanganan apa aja sih yang disediakan oleh dr. Sonia? Berikut layanan perawatan kulit yang bisa kamu pesan;

1. Memberikan resep obat oles atau obat minum sesuai dengan kondisi jerawat pada wajah klien.
2. Ekstraksi komedo
3. Chemical peeling
4. Laser NdYAG untuk menghilangkan bekas warna gelap yang disebabkan jerawat masker
5. Laser CO2 khususnya pada bekas jerawat berupa tekstur (bopeng)
6. Subsisi khususnya pada bopeng yang dalam

Nah itu dia ulasan mengenai layanan apa saja yang disediakan oleh dr. Sonia. Kalau kamu sudah melakukan segala cara untuk menghilangkan jerawat masker atau mask acne tapi tak kunjung berhasil, silahkan konsultasi langsung kepada beliau ya. Dr. Sonia dengan senang hati akan membantu kamu menangani masalah pada kulit wajahmu.

Kontak Konsultasi dr.Sonia Hanifati

Oh iya, untuk kamu yang ingin konsultasi langsung setelah membaca artikel ini, bisa langsung hubungi dr. Sonia melalui kontak berikut ini ya;
Kontak Konsultasi
IG dr.Sonia Hanifati Instagram
Blog dr.Sonia Hanifati Blog
WA dr.Sonia Hanifati Whatsapp

Bonus Video Webinar Perawatan Kulit Wajah agar Terbebas dari Mask Acne