Ruangkelas: Platform Pembelajaran Online Terbaik untuk Sekolah

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok, kasih tip donasi sebagai bentuk apresiasi untuk kreator agar website ini bisa terus aktif hingga 1 tahun mendatang;
10k 20k 25k 50k 100k 150k

Kaus covid-19 di bulan juli naik drastis, terdapat 545.447 kasus aktif pasien yang terjangkit corona. Rencana awal yang tadinya pembelajaran tatap muka akan dilaksanakan, terpaksa batal! Melihat kondisi yang belum aman, solusi terbaik untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar via online adalah keputusan yang bijak.

Sekalipun aman, belajar online harus tetap mempertimbangkan aspek kenyamanan belajar untuk siswa, begitupula juga guru, fasilitas mengajar daringnya pun harus terpenuhi agar proses pembelajaran di sekolah bisa berjalan dengan lancar.

Namun, setelah melaksanakan sekolah online selama hampir satu tahu setengah, infrastruktur belajar online tidak memadai karena guru dan murid harus menggunakan banyak aplikasi untuk belajar bersama via aplikasi video conference, mengirim tugas via google form, membagikan tugas kepada murid lewat google classroom, hingga ada yang menggunakan chat whatsapp untuk memberi tugas, meski semua infrastruktur itu gratis dan mudah, akan lebih praktis kalau semua proses belajar online dilakukan di satu aplikasi.

Melihat kendala yang dialami para pendidik di Indonesia, Ruangguru tergerak untuk berkontribusi mengisi gap tersebut, akhirnya, lahirlah LMS sekolah yang dikemas dalam satu aplikasi yang menjawab semua kebutuhan guru dan siswa di Indonesia, yaitu Ruangkelas!

Review Ruangkelas: Platform LMS Sekolah dengan Fitur Canggih yang Memudahkan Guru Mengajarkan Ilmu kepada Siswa

Sebagaimana konten ulasan / review pada umumnya, untuk mendapatkan penilaian objektif seutuhnya apakah ibu dan bapak guru harus menggunakan LMS sekolah dari Ruangguru, saya akan bahas semua fitur dari LMS Ruangkelas ini, kalau dalam poin pembahasan fitur Ruangkelas dirasa bisa membantu ibu dan bapak guru dalam mengajar, silahkan gunakan platform ini ya. :)

1. Fitur Ruangkelas: Guru Bisa Membuat Kelas Sendiri

Kalau sebelumnya ibu dan bapak guru menggunakan Google Classroom untuk membuat kelas, ada kabar baik untuk para guru, kelas yang dibuat di Google Classroom bisa diimpor kelasnya ke Ruangkelas. Jadi, kelas lama yang sudah dibuat, bisa digunakan di Ruangkelas. Menarik, bukan? Jadi nggak perlu buat kelas sendiri dari awal deh.

2. Materi di Ruangkelas Sangat Lengkap

Produk ruangkelas jpunya fitur yang akan memudahkan guru dalam menyampaikan materi ajar kepada murid. Memangnya ada fitur apa aja? Di ruangkelas, guru bisa memberikan materi pembelajaran dari video ruangbelajar yang sangat lengkap, apapun spesialisasi mata pelajarannya, semua materi videonya lengkap, dan bagian terbaiknya, tersedia rangkuman belajarnya juga lho. Selain menggunakan video dari Ruangbelajar, guru juga bisa mengunggah materi buatan sendiri. Well, Ruangkelas benar-benar memudahkan guru mengajar via daring.

3. Fitur Memberikan Tugas

Produk ruangkelas juga mendukung fitur yang memudahkan guru dalam memberikan tugas kepada murid. Belum sempat buat soal tugasnya? Kamu bisa pakai bank soal dan latihan topik dari aplikasi Ruangguru. Hebat, bukan?

Menariknya lagi, guru bisa mengatur jadwal pemberian tugas, waktu deadline pengumpulan tugas, hingga fitur memeriksa tugas secara otomatis juga tersedia lho! Terakhir, demi menjaga kejujuran siswa dalam mengerjakan tugas dan tidak mencontek, ada fitur acak soal, jadi, setiap murid akan mendapatkan urutan soal dan jawaban pilihan ganda yang diacak.

4. Fitur Chat / Obrolan Kelas

Produk ruangkelas ke-4, ada fitur chat kelas, fitur ini bisa digunakan oleh guru dan murid untuk berkomunikasi terkait kegiatan belajar, diskusi, atau konsultasi secara langsung dan praktis.

5. Fitur Analisis Nilai dan Tugas

Ingin tahu progress performa belajar siswa? Kamu bisa menggunakan fitur analisis nilai dan tugas. Fitur ini memungkinkan guru mendapatkan analisis data tabel nilai, grafik performa pengerjaan dan pengumpulan tugas. Data analisisnya pun bisa di unduh, kegiatan administrasi guru yang rumit dibuat mudah oleh Ruangkelas. Yakin, nggak mau pakai Ruangkelas yang fiturnya selengkap ini dan gratis?

6. Bocoran Fitur Pembaruan: Daftar Hadir Kelas

Spesial untuk pembaca website DBP, saya mau ngasih sneak-peak alias bocoran info nih kalau nantinya, Ruangguru akan memberikan update fitur daftar hadir pada produk Ruangkelas, yuk kita nantikan fitur ini bersama. :)

Kesimpulan

Kesimpulannya, produk Ruangkelas buatan Ruangguru ini benar-benar gebrakan inovasi yang bisa membantu kebutuhan para pendidik dan pelajar di Indonesia. Semua fitur belajar online, tersedia lengkap, kalau begini, meski belum bisa belajar offline, kalau ada Ruangkelas, guru dan murid masih bisa melanjutkan pembelajaran online dengan performa terbaik dan menyenangkan.

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating & kirim tip donasi untuk kreator agar website ini bisa aktif hingga 1 tahun mendatang;


10k 20k 25k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten & Aturan Berkomentar

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang keras menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website, blog, karya ilmiah (jurnal, skripsi, buku komersil). Aturan berkomentar mudah, cukup komentar sesuai topik artikel, semua komentar akan dimoderasi, komentar yang relevan & tidak SPAM akan diterbitkan.