No Bookmarks

Tips Belajar Saat Menghadapi UTBK

Ujian bisa menjadi sesuatu yang menakutkan bagi sebagian orang. Terlebih lagi ujian untuk memasuki pendidakan tinggi. Di Indonesia, UTBK merupakan singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Hasilnya nanti akan digunakan untuk mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Daripada menunda-nunda sampai malam terakhir sebelum ujian, salah satu cara terbaik untuk bersiap menghadapi ujian adalah dengan tetap fokus pada hal-hal yang perlu kamu lakukan. Meskipun setiap orang memiliki preferensi dan praktik yang berbeda, ada cara untuk memaksimalkan waktu belajar dan efisiensi kamu untuk mengingat materi dan memberikan output yang maksimal pada hari ujian. Untuk itu, yuk mari kita simak tips belajar saat menghadapi UTBK:

5 Tips Ampuh Menghadapi UTBK agar Lolos di Kampus Impian

1. Persiapkan Jauh Sebelum Hari Ujian

Sebelum kamu menerapkan “sistem kebut semalam” untuk mempersiapkan diri menghadapi ujjian, kamu harus sudah siap dari beberapa hari atau minggu sebelum ujian berlangsung. Malam sebelum ujian bukanlah waktu yang tepat untuk mencari buku dari perpustakaan. Selain itu, kamu juga bisa menyewa tutor privat atau bimbel online agar persiapan menghadapi UTBK makin siap. Semua hal yang kamu perlukan untuk mempersiapkan ujian harus tersedia untuk digunakan pada malam sebelumnya sehingga kamu dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

2. Teknik Belajar Pomodoro

Metode ini dikembangkan oleh Francesco Cirillo yang terinspirasi dari timer dapur tomat merah kecil. Intinya, kerjakan satu hal dengan timer selama 20-25 menit. Kemudian istirahat sejenak (regangkan kaki, minum). Kemudian lanjutkan lagi 25 menit. Setelah 4-5 set 20-25 menit, istirahat panjang selama 15-30 menit. Kemudian mulai lagi. Hal terpenting dalam metode ini adalah selama 20-25 menit itu kamu fokus sepenuhnya pada tugas yang ada.

. Memiliki Teman atau Kelompok Belajar

Temukan seseorang atau sekelompok orang yang kamu percayai untuk tetap mengerjakan tugas dan ingin melakukannya dengan baik dan belajar bersama mereka. Cara terbaik adalah mengatur jadwal belajar ini sebelumnya, karena ini bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk mempersiapkan ujian. Akan tetapi, lebih baik untuk menjaga jumlahnya tetap kecil dan bekerja dengan orang-orang yang mungkin kinerjanya sedikit lebih tinggi di kelas.

4. Latihan Try Out Online

Salah satu cara paling efektif untuk mempersiapkan ujian adalah dengan benar-benar merancang ujian untuk diri sendiri. Pelajari semua materi pembelajaran kamu seperti buku teks, catatan, materi tambahan dan cari pertanyaan yang semirip mungkin. Di internet, banyak terdapat website yang menyediakan try out online yang bisa kamu ambil sebagai media latihan sebelum UTBK.

5. Tulis Ulang Materi dengan Kata-Kata Kamu Sendiri

Untuk setiap pelajaran yang membutuhkan banyak membaca, pastikan untuk berhenti secara berkala saat kamu membaca. Berhenti sejenak di akhir paragraf/halaman/bab. Berapa banyak yang dapat kamu baca sekaligus dan masih ingat dengan jelas kemungkinan besar akan bergantung pada materi yang kamu baca.

Rangkum kembali dengan kata-kata kamu sendiri, dan tuliskan poin-poin jika membantu. Lihat kembali materi dan pastikan kamu merangkum materi secara akurat dan memasukkan semua detail penting. Catat apa pun yang kamu lewatkan, lalu lanjutkan bacaan kamu di bagian terakhir yang kamu baca.

Dengan menyusun ulang teks dengan kata-kata kamu sendiri, kamu dapat memastikan bahwa kamu benar-benar mengingat informasi dan menyerap maknanya, bukan hanya menggerakkan mata kamu pada halaman yang ada tanpa memahami apa yang kamu baca.

Nah, menarik sekali bukan tips-tips belajar saat menghadapi UTBK? Semoga artikel ini bermanfaat ya.