No Bookmarks

5 Cara Meningkatkan Listening Skills Bahasa Inggris

5 Cara Meningkatkan Listening Skills Bahasa Inggris
Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Listening Skill Bahasa Inggris Kamu | Kredit Gambar: Freepik.com - Kreator (Pikisuperstar)

Saat mempelajari bahasa inggris, ada 4 skill yang harus kamu pelajari, yaitu speaking, writing, reading, dan listening skill. Untuk pembaca yang sedang kuliah S1 B.Inggris, adik-adik SMA yang ingin lanjut kuliah atau umum, kalian bisa memfokuskan penguasaan skill english listening di awal.

Karena dalam komunikasi, ada pembicara dan pendengar, dengan meningkatkan kemampuan listening skill dalam bahasa inggris, kamu bisa merespon obrolan dari lawan bicaramu. Mau? Yuk pelajari kiat-kiatnya lewat konten ini.

5 Cara Meningkatkan Kemampuan Listening Bahasa Inggris

5 cara ini kami sesuaikan dengan tipe pembelajar bahasa inggris dari Indonesia dan sudah diuji oleh penulis dan teman-teman semasa kuliah dulu. Jadi, mungkin panduannya akan punya insight berbeda ketimbang konten di web lain, silahkan disimak;

1. Dengarkan Lagu Bahasa Inggris dengan Liriknya

Sudah saya bilang, tips-nya berbeda, bukan? Kalau orang lain menyarankan kamu untuk mendengarkan lagu yang kamu suka tanpa lirik, saya sebaliknya.

Dengarkan lagu sambil membaca liriknya, dengan trik ini, kamu bisa paham cara pengucapan kata dalam lirik lagunya sekaligus bisa menangkap setiap kata yang dinyanyikan.

Skill Listening yang Kamu Peroleh;

Level UP: Mampu mengucapkan kata di dalam lirik lagu sesuai pelafalan kata bahasa inggris yang benar baik itu saat membaca lirik atau tanpa lirik lagu

2. Menonton Film dengan Subtitle Bahasa Inggris

Platform nontonya bebas, mau itu netflix, youtube, atau layanan streaming apapun bisa asalkan mereka menyediakan film bahasa inggris.

Trik ini terlihat mirip dengan panduan sebelumnya tapi agak berbeda lho!

Bedanya, lirik lagu banyak menggunakan kata kiasan indah / ilustrasi sastra. Sedangkan film, kata, frasa, dan kalimatnya lebih fokus ke english conversation, itu berarti, kalimat yang berhasil kamu dengar dan ucapkan, bisa dipakai buat ngobrol langsung bareng temen, asyik, kan?

Tahap awal, kamu bisa simak kalimat percakapan yang ingin kamu kuasai, baca subtitle dan dengar pengucapannya, kemudian praktek dengan mengucapkan kalimat yang baru didengar, voila! Skill listening kamu meningkat 1 level!

Langkah selanjutnya, ulangi film yang sama, tanpa subtitle, dengan syarat; kamu sudah cukup paham dengan conversation di dalam film-nya ya.

Skill Listening yang Kamu Peroleh;

Level UP: Mampu mendengarkan kalimat percakapan sederhana hingga kompleks di dalam film sekaligus bisa menggunakan kalimatnya dalam keseharian

3. Dengarkan Podcast Native Speaker / Bule Berbahasa Inggris dengan Mengurangi Kecepatan Audio

Salah satu kelebihan platform podcast adalah punya fitur untuk slow audio / mengurangi kecepatan suara pada konten podcast. Idealnya, kamu bisa kurangi kecepatan audio pada angka 0,8x, di frekuensi kecepatan audio ini.

Dengan mengurangi kecepatan audio, kamu bisa menyimak dan menangkap kata, frasa, dan kalimat yang diucapkan pengisi suara podcast.

Ada dua pilihan untuk pengisi suara podcast-nya, kamu bisa pilih podcaster dari penutur b.inggris asli (native speaker) tapi kalau sulit, bisa pilih podcaster bule dari negara manapun asalkan dia menggunakan pengantar bahasa inggris.

Skill Listening yang Kamu Peroleh;

Level UP: Mampu mendengarkan dan menangkap kalimat di dalam konten podcast penutur asli b.inggris / orang asing yang menggunakan pengantar bahasa inggris

4. Catat Kalimat Penting Saat Mendengarkan Lagu, Film, atau Podcast

Kamu bisa menyiapkan note / buku catatan khusus untuk menulis kata, frasa, atau kalimat bahasa inggris yang sudah kamu dengarkan, baik itu dari konten film, podcast, atau lagu.

Mencatat bisa menguatkan memori di dalam otak untuk menyimpan informasi kalimat bahasa inggris yang baru kamu dengarkan.

Tidak perlu mencatat semua kata atau kalimat dari awal hingga akhir konten, cukup pilih kalimat yang kamu rasa penting dan bisa kamu pakai praktek ngobrol aja. Itu udah cukup kok.

Skill Listening yang Kamu Peroleh;

Level UP: Mampu menguasai kalimat yang didengarkan dan menggunakannya untuk percakapan bahasa inggris dengan teman.

5. Cari Partner untuk Ngobrol Bahasa Inggris

Wait, ini memang bukan tips untuk meningkatkan english speaking skill, tapi dalam percakapan, ada orang yang mendengarkan, berbicara, dan saling merespon.

Kalau kamu bisa paham kalimat bahasa inggris dan merespon balik, well, selamat, skill listening bahasa inggris kamu telah meningkat dan lebih baik dari sebelumnya. :)

Skill Listening yang Kamu Peroleh;

Level UP:Mampu menyimak kalimat dalam percakapan bahasa inggris dan meresponnya langsung.

Kesimpulan

Kelima cara ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan listening skill bahasa inggris kamu. Kalau kamu konsisten, mendengarkan konten apapun dengan bahasa inggris, kamu bisa santai soalnya udah mahir. Semoga konten ini bermanfaat untukmu ya.