No Bookmarks

Apa Itu Linguistik? Panduan Linguistics untuk Mahasiswa S1

Materi Kuliah B.Inggris S1 English Linguistics
Materi Kuliah B.Inggris S1: Apa Itu Linguistik & Cabangnya | Kredit Gambar: Freepik.com - Kreator: Tirachardz

Semester ini ada mata kuliah English Linguistics dan kamu bingung apa itu linguistik? Well, kamu nggak usah bingung ya, soalnya DBP bakalan bantuin kamu menguasai materi ini.

Sekalipun materi ini terlihat agak sulit tapi kamu tentunya harus menguasai materi ini. Kenapa demikian? Ya biar kamu lulus mata kuliahnya lah. : p

Di konten kelas Linguistics ini, saya akan mengulas definisi apa itu linguistik dan cabang-cabang linguistik yang nantinya akan kamu pelajari selama 1 semester.

Tenang, di artikel ini, format pengemasan kontennya dibuat semudah dan se-ringkas mungkin, biar kamu fokus ke poin-poin pentingnya saja. Yuk pelajarin materinya.

Panduan Linguistik untuk Mahasiswa S1 B.Inggris: Definisi & Cabang Linguistik

Di awal pertemuan dengan dosen linguistics, biasanya kamu akan dikenalkan dengan pengertian apa itu linguistik dan cabang-cabang linguistik aja kok. So, kalau kamu udah baca materinya disini, ketika masuk kelas, kamu udah selangkah lebih maju dan bisa bantu temen kamu memahami materinya.

1. Apa Itu Linguistik?

Mudahnya, linguistik bisa diartikan sebagai ilmu yang fokus mempelajari tentang struktur bahasa dan penggunaannya sebagai alat komunikasi.

2. Cabang-cabang Ilmu Linguistik yang Harus Kamu Ketahui

Dari definisi linguistik yang mempelajari bahasa hingga komponen terkecilnya, tidak heran kalau linguistik bisa memiliki 6 cabang ilmu, ada apa saja? Yuk disimak ulasan ringkasnya dibawah ini;
Cabang Ilmu Linguistik :
  • 1. Fonetik (Phonetics) - studi tentang produksi, akustik, dan bunyi ujaran sebuah kata
  • 2. Fonologi (Phonology) - studi tentang pelafalan / pengucapan kata
  • 3. Morfologi (Morphology) - studi tentang morfem, komponen kata
  • 4. Sintaksis (Syntax) - studi tentang pola bahasa
  • 5. Semantik (Semantics) - studi tentang makna relasi antar kata dan frasa
  • 6. Pragmatik (Pragmatics) - studi tentang makna kata sesuai konteks penggunaannya

Kesimpulan

Ringkasnya, linguistik adalah ilmu yang mengenalkanmu tentang struktur bahasa, mulai dari bagaimana sebuah kata dilafalkan secara tepat, komponen kata yang membentuknya, pola kata, relasi kata, dan kapan sebuah kata cocok digunakan pada konteks situasi tertentu.

Untuk materi awal, cukup sampai sini aja ya, kalau mau belajar lebih detail lagi, saya akan membuat seri artikel lainnya agar kontennya bisa dikemas seringkas mungkin. Semoga konten ini membantu kamu ya, silahkan bagikan konten ini lewat sosial media ke teman kampus kamu.

Referensi;

1. University of Arizona;
https://linguistics.arizona.edu/content/what-linguistics-and-why-study-it-0

2. Pengalaman penulis selama belajar b.inggris S1