No Bookmarks

5 Tips Untuk Meningkatkan Skor IELTS Kamu

Tips Meningkatkan Skor IELTS - Kredit Gambar: themeisle.com/illustrations


Bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi atau bekerja di luar negeri, pasti kalian tidak asing lagi dengan tes IELTS. Bahkan, IELTS bisa sangat berguna jika kamu ingin melanjutkan karir di bidang bahasa Inggris, entah itu sebagai penulis konten website, buku, novel, atau pengajar bahasa Inggris. Tertarik untuk mengetahui bagaimana cara menambah skor IELTS dengan mudah? Yuk dilanjut bacanya. :)

5 Tips Meningkatkan Band Score IELTS Kamu

IELTS merupakan singkatan dari International English Language Testing System. Singkatnya, tes IELTS adalah sistem pengujian yang menilai kemampuan bahasa Inggris kamu berdasarkan empat aspek utama suatu bahasa: berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan. Agar mendapatkan nilai yang maksimal, yuk simak 5 tips tes IELTS berikut ini:

1. Mempelajari Kosakata

Saat kamu membaca, perhatikan baik-baik kata-kata yang tidak kamu ketahui dan garis bawahi kata tersebut. Kamu harus mencoba mencari tahu artinya dan mengingat kata tersebut. Sering menggunakan kata-kata baru akan membantu kamu belajar berbicara bahasa Inggris dengan lancar.

2. Banyak Latihan Membaca

Kamu bisa mulai dengan membaca skim dan pindai untuk membentuk gambaran umum teks dengan cepat. Di dalam latihan membaca, kita harus mengingat kosakata kunci dan semua instruksi. Kita juga dapat melatih kemampuan membaca kita dengan cara membaca koran berbahasa Inggris setiap pagi dan mendengarkan berita dalam bahasa Inggris.

3. Berlatih Menulis

Kita bisa berlatih untuk mencatat kata-kata dan menulis definisi dan kalimat menggunakan kata tersebut. Cara latihannya yaitu kamu harus mengucapkan kata itu dengan mantap untuk memulai ingatan terkait suara kamu dan menghubungkan kata itu dengan kata-kata yang pasti kamu ketahui. Misalnya, "great", yang berarti luar biasa, memiliki makna yang sebanding dengan kata kolosal, besar dan luas.

4. Berlatih Pengucapan Kata

Sebagai orang yang berbicara bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, tentu terkadang kita memiliki masalah dalam pengucapan. Dengan menggunakan kata baru atau pelafalan yang benar, kamu dapat mempraktikkan dengan lancar saat tes IELTS berlangsung.

5. Berlatih Mendengarkan

Latihan untuk mendengarkan bisa jadi menjadi latihan yang sangat menyenangkan karena media yang kamu gunakan sangat aman beragam. Misalnya kamu bisa mendengarkan lagu artis favorit, atau kamu bisa menonton film tapa menggunakan subtitel.

Bagaimana, sangat menarik bukan pembahasan mengenai tips tes IELTS? Semoga artikel ini bermanfaat ya.