No Bookmarks

Catat! Begini Cara Membuat Argumen Debat dengan Rumus AREL

Topik KontenDebat B.Inggris
Kategori KontenKelas Debat Dasar
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa membuat argumen debat yang terstruktur baik

Argumen yang tidak beraturan dan strukturnya berantakan bisa membuat tim lawan, audien, bahkan juri jadi gagal paham dengan poin yang sebenarnya ingin disampaikan.

Jangan sampai ide brilianmu gagal tersampaikan hanya karena argumenmu tidak terstruktur ya. Untuk memaksimalkannya, kamu bisa pakai rumus AREL!

Apa itu AREL?

AREL adalah singkatan dari Assertion, Reasoning, Evidence, dan Linkback. Berikut penjelasan dari tiap-tiap kata dalam singkatan AREL:

Assertion: Pernyataan / judul dari argumenmu.
Reasoning: Alasan yang mendukung pernyataan / judul argumenmu.
Evidence: Bukti atau data yang mendukung pernyataan dan alasan pendukungmu.
Linkback: Ringkasan / kesimpulan yang berisi poin-poin penting yang telah kamu sampaikan supaya audiens teringat kembali terhadap materi yang sudah kamu sampaikan.

Note; saat menyampaikan argumen, kamu tidak harus menyebutkan my assertion is... , my reasoning are ... , dan struktur lainnya. Langsung saja sampaikan isi argumenmu, juri pastinya bisa mengikuti alur argumenmu sekalipun tidak menyebutkan nama strukturnya saat presentasi.

Contoh Argumen dengan Rumus AREL

Contoh argumen untuk mosi: THW ban mobile phone at home

Assertion:
Ban mobile phone at home will make children focus on their study and other positive activities.
Reasoning:
If we ban mobile phone at home, our children will spend their time on other activities which are more postive for them such as study at home, interact each other with family members, and building their competency on whatever their passion it is.

Evidence:
According to kompas, the children who doesn't have mobile phone or interact with this device has a great possibility to be more productive and do positive activies than others.

Linkback:
From what I have already explained, we see that there are many positive impacts if we ban mobile phone at home, our children will be spend their time in a positive activities, and the fact from kompas also supports it.

Kesimpulan

Dengan menggunakan struktur AREL, argumenmu bisa lebih mudah diikuti alurnya oleh semua pihak, baik itu tim sendiri, tim lawan, audien, dan terutama oleh juri.

Untuk kamu yang sudah menggunakan rumus ini, kamu bisa perbanyak latihannya dengan mosi berbeda-beda. Sedangkan untuk debater pemula, coba praktekkan rumus AREL ini di sesi latihan debat secr mandiri atau komunitas debat di sekolah / kampusmu.

Bagaimana konten ini menurutmu? Cukup membantu kah? Yuk bagikan pendapatmu via komentar dan share jika suka. :)