No Bookmarks

Mengenal Alur Jalannya Lomba Debat Dari Awal - Akhir, Lengkap!

Topik KontenDebat B.Inggris
Kategori KontenKelas Debat Dasar
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa mengetahui alur jalannya lomba debat dari awal hingga akhir

Pertama kali jadi perwakilan sekolah / kampus dalam lomba debat b.inggris? Selamat! Manfaatkan kesempatan ini untuk menambah pengalaman dan ilmu baru.

Meskipun belum banyak yang kamu ketahui, itu tak jadi masalah, toh materi, skill, dan teknik debat bisa terus dilatih seiring banyaknya jam terbang kamu ikut lomba debat.

Untuk debater pemula, pasti masih bingung ya, gimana sih alur lomba debat b.inggris. Di konten kelas debat b.inggris dasar ini, saya akan berbagi informasi mengenai alur tersebut. Silahkan disimak!

Alur Jalannya Lomba Debat B.Inggris dari Awal Hingga Akhir

Apapun sistem debat parlementer yang diterapkan dalam lombanya, alur perlombaan debat selalu sama dan itu-itu aja. Jadi, kamu akan mudah memahami alurnya, mudahnya, kamu bisa ikuti list berikut;

Alur Lomba Debat yang Harus DIketahui English Debater

1. Roll call
sesi dimana tim juri / panitia lomba debat akan melakukan absensi kepada peserta delegasi dari masing-masing sekolah / kampus. Jika delegasi tidak hadir pada sesi ini hingga batas waktu yang ditentukan, tim akan didiskualifikasi.

2. Motion launch
sesi dimana ketua juri (Core Adjudicator) mengumumkan mosi yang akan diperdebatkan tim pro & kontra sekaligus penjelasan ringkas terkait mosinya dan tanya jawab (Juri hanya akan memberikan petunjuk / poin pentingnya saja, elaborasi argumen mendalam dilakukan masing-masing debater).

3. Match-up
sesi dimana adjudicator akan menampilkan informasi tentang posisi tim debat kamu, lawan, ruangan debat, dan juri.

4. Case building
sesi dimana kamu dan rekan tim debatmu membuat kerangka debat (set-up) dan argumen sesuai mosi & posisi tim yang kamu peroleh. Bisanya, setelah match-up, case building sudah langsung dimulai, jadi, kamu melakukan case building mulai dari auditorium hingga menuju lokasi ruang debat.

5. Start debate
setelah waktu case building berakhir, pertanding debat dimulai, tim pro dan kontra mulai mempresentasikan kerangka debat, argumen, dan saling memberikan respon sanggahan satu sama lain.

6. Verbal Adjudication
setelah sesi pertandingan debat berakhir, juri akan memberikan review / ulasan terkait performa debat kedua tim secara umum, hasil debat, dan justifikasi kenapa tim kamu menang / kalah

7. Selesai! Siklus alur no 1 - 6 akan berulang dari babak penyisihan awal, quarter final, octo-final, semi final, hingga babak final. Setelah itu pengumuman juara umum 1 - 3 serta best speaker dalam lomba debatnya.

Kesimpulan

Mengetahui alur lomba debat terkesan simpel / sepele tapi cukup membantu kalau kamu baru pertama kali ikut lomba debat. Setelah lomba pertamamu selelsai, kamu jadi tahu gambaran riil seperti apa jalannya lomba debat. Setidaknya konten ini bisa dijadikan persiapan untuk lomba debatmu.

Semoga bermanfaat. Share konten ini jika suka dan kalau ingin diskusi, silahkan sampaikan lewat kolom komentar.