No Bookmarks

Apa Itu POI Dalam Debat B.Inggris? Ini Penjelasannya!

Topik KontenDebat B.Inggris
Kategori KontenKelas Debat Dasar
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa memahami pentingnya memanfaatkan POI agar bisa memberikan timbal balik saat lomba debat berlangsung

Dinamika jalannya lomba debat tidak akan lengkap tanpa adanya POI (Point of Information).

Dan semua debater harus memanfaatkannya dengan baik agar argumen kedua tim bisa diuji keabsahannya. Sound complicated, eh? Let's make it simply.

Apa Itu POI Dalam Debat B.Inggris? Ini Maksudnya!

POI bisa diartikan sebagai sesi interupsi atau klarifikasi yang diajukan kepada debater lawan.

Jenis POI Yang Bisa Kamu Ajukan Pada Debater Lawan

Perhatikan kata interupsi dan klarifikasi, dari dua kata kerja diatas, kamu bisa memilih salah satu opsi tersebut atau keduanya. Makanya, POI kadang kepanjangannya bisa diartikan dengan dua istilah berikut ini;

1. Point of Information

Untuk jenis pertama, point of information bisa diartikan seperti ini; mengajukan pertanyaan mengenai istilah, aktor, bentuk proposal solusi dalam argumen lawan untuk mendapatkan klarifikasi.
Contoh penggunaan:Can you clarify what you mean by (isi istilah atau pertanyaan apapun yang masih ambigu dalam argumen lawan)?

2. Point of Interruption

Jenis POI kedua, sesuai diksi katanya; interruption, yup, kamu bisa mengajukan interupsi terhadap argumen lawan dengan tujuan meruntuhkan argumen milik debater lawan.
Contoh penggunaan:We believe that the status quo right know is progressive, therefore, the problem will be solved organically without your team proposal because it would be worsen the condition of SQ or hamper progress.

Berapa Durasi Waktu yang Kita Miliki untuk Menyampaikan POI?

Semua format debat (Asia, British, Aussie) menyepakati durasi waktu yang sama untuk penyampaian POI, yaitu 15 detik!

Kapan Kamu Bisa Mengajukan POI Pada Debater Lawan?

Baik itu sistem debat parlementer Asia, British, atau Aussie, sepakat bahwa POI bisa diajukan setelah pendebat dari tim lawan sudah menyampaikan presentasinya selama 1 menit. Dan kamu bisa mengajukan POI hingga batas waktu yang ditentukan, yaitu menit ke 6.

Bagaimana Cara Mengajukan POI?

Mudahnya, kamu bisa mengangkat tangan sambil berdiri dan ajukan izin POI kepada debater lawan. Jika diizinkan, kamu bisa mulai menyampaikan POI. Jika ditolak, tunggu 30 detik kemudian, baru ajukan POI kembali.

Apakah Ada Penanda / Pengingat Kapan POI Dimulai?

Ada, ketika pembicara di podium sudah mempresentasikan argumennya lewat dari 1 menit, maka time keeper akan memberikan tanda, baik itu dalam bentuk tulisan POI atau penanda lainnya seperti bel.

Dan ketika pembicara telah menyampaikan presentasi selama 6 menit, bel kedua akan dibunyikan sebagai penanda tidak diperbolehkan ada POI lagi.

Apakah Semua Debater Wajib Mengajukan POI?

Bisa iya, atau tidak. Sekalipun debat yang minim POI, juri tidak otomatis mendiskredikan skor tim debat yang pasif.

Sebaliknya, jika terdapat POI yang konsisten dari kedua tim, perdebatan jadi lebih dinamis dan clash yang diperdebatkan lebih mudah diketahui juri untuk mempertimbangkan performa debat kedua tim.

Kesimpulan

POI adalah elemen yang membuat perdebatan menjadi hidup. Jadi, kedua tim bisa saling mengajukan pertanyaan dan pendapat yang berseberangan di sesi POI. Hal ini membuat debat jadi lebih dinamis dan memudahkan juri menemukan clash yang diperdebatkan kedua tim.

Bagaiaman panduan ini? Apakah bermanfaat buatmu? Yuk bagikan pendapatmu tentang POI di kolom komentar & share artikelnya ke debater lain yang kamu rasa butuh materi ini ya. :)