No Bookmarks

Begini Cara Tepat Menggunakan Kata Literally Dalam B.Inggris

Topik KelasEnglish Grammar
Kategori KontenMateri B.Inggris Dasar
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarStock Foto Canva Premium
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro mengenal fungsi kata Literally agar bisa digunakan pada momen yang tepat.


Punya teman anak Jaksel yang suka pakai kata: "Literally" sambil menggabungkan bahasa Indonesia & bahasa Inggris?

Sebelum kamu ikut-ikutan pakai kata "Literally" pas ngobrol biar keliatan gaul kaya anak Jaksel, mending coba cari tahu dulu deh sebenernya kapan sih waktu yang tepat kata "Literally" digunakan? Yuk cari tahu!

Cara Tepat Menggunakan Kata Adverb Literally Dalam Bahasa Inggris

Fyi, kata Literally adalah adverb (tata bahasa yang menerangkan kata kerja), maka dari itu, kamu harus menggunakannya pada momen yang tepat.

Ada 3 momen dimana kamu bisa menggunakan kata Literally, di momen apa saja? Yuk simak hingga tuntas!

1. Menyampaikan Sesuatu yang Bermakna “Secara Harfiah”

Secara makna, literally memiliki arti “in literal way” atau “pengertian secara harfiah atau sebenarnya”. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa kamu bisa menggunakan kata "literally" saat ingin mengungkapkan pernyataan yang sebenarnya terjadi. Misal;

Aldi meant it as a joke but Kanesia took it literally - Aldi menganggapnya sebagai candaan, tapi Kanesia menganggapnya serius

Konteks: Aldi bisa saja mengucapkan kalimat ejekan yang menurutnya biasa dijadikan candaan di lingkungan pertemanannya, tapi berbeda dengan Kanesia, ia tidak menganggap apa yang diucapkan Aldi sebagai candaan, melainkan hal serius sehingga ia merasa sedih.

2. Memberi Penekanan Pada Pernyataan

Kata literally pada fungsi yang kedua bisa kamu gunakan saat ingin memberi penekanan pada statement (pernyataan) bahwa sesuatu yang kamu sampaikan memang benar adanya dan akurat. Bisa dibilang kata literally mirip maknanya dengan actually atau really yang artinya “benar-benar”.

Ilman is literally a SEO Expert - Dia benar-benar seorang ahli / praktisi SEO.

Konteks: Jika Ilman adalah pakar SEO dan memang benar-benar ahli di bidang tersebut, paham cara kerja mesin pencari Google, optimasi onpage, offpage, teknikal, pembuatan konten seo-friendly dan aspek lainnya, kata literally bisa digunakan untuk membenarkan pernyataan bahwa Ilman memang ahli di bidang SEO.

Sebaliknya, jika Ilman tidak ahli di bidang SEO, kata "Literally" tidak bisa digunakan.

3. Menyatakan kiasan / momen informal

Ketiga, kata literally bisa digunakan pada momen informal / bisa juga untuk menyatakan kalimat kiasan seperti ini;

She literally stole my heart by her good-manner personality.

Konteks: setelah kata literally, ada frasa; stole my hearts, ini merupakan frasa kiasan, bukan makna sebenarnya, karena tidak mungkin seseorang mencuri hati / jantung seseorang, melainkan lebih relevan jika diartikan sebagai seseorang jatuh hati padanya.

Kesimpulan

Mulai sekarang kamu tahu ya kapan waktu yang tepat kata "literally" bisa digunakan. Semoga konten ini bermanfaat. Share jika suka kontennya ya.