No Bookmarks

Move-On Dari Freelance Roller Coaster Income Dengan Kledo

PHK adalah keputusan paling rasional yang bisa diambil pemilik bisnis di masa sulit sekaligus menjadi topik yang paling dikuatirkan pegawai tetap, betul bukan?

Gimana nggak serem coba, biasanya awal bulan nunggu transferan gaji di rekening tapi sekarang nggak ada!

Rencana healing liburan ke tempat impian harus dibatalin. Hati pun jadi ambyar berantakan! Arus pemasukan berhenti seketika tapi kebutuhan harus tetep dipenuhi, uangnya darimana?

Mau ngutang ke temen di tempat kerja dulu juga nggak bisa karena sama-sama di PHK.

Pinjol? Nggak recommended banget deh buat yang jobless, nanti gagal bayar, kamu kena beban bunga bertumpuk dan pinjolnya pun nggak bisa dapetin uangnya kembali.

Kalau pegawai tetap yang katanya paling stabil income-nya aja bisa kehilangan semua pemasukannya, apa kabar dengan nasibnya pejuang cuan yang merintis bisnis sebagai freelancer?

Roller Coaster Income: Hal Yang Paling Dikuatirkan Freelancer

Sama halnya dengan pekerja tetap yang pendapatannya paycheck to paycheck, freelancer juga siklus pendapatannya nggak jauh beda; project by project.

Bedanya, pekerja tetap punya jumlah pendapatan yang pasti setiap bulannya, bulan ini 4 juta, ya bulan depan sama. Kalau freelancer?

Well, kalau pekerja lepas siklus pendapatannya mirip roller coaster, kadang diatas, kadang dibawah banget, dan terjun bebas :D.

Hal ini sangat sering terjadi terutama untuk para freelancer yang mendapatkan pendapatan dari projek ke projek, dimana jumlah pendapatan antar projek cukup jauh.

Lantas apa solusinya biar kamu yang bekerja lepas bisa terbebas dari siklus pendapatan roller coaster ini? Jawabannya ada di poin pembahasan selanjutnya!

Build Predictable & Manageable Income dengan Kledo

Saya yakin tiap freelancer punya jenis pekerjaan dan pendapatan berbeda tapi mengalami masalah yang sama; roller coaster income!. Untuk itu, solusinya adalah membangun arus pendapatan yang pasti dan mengatur pengelolaan keuangan bisnis / pribadi dengan software akuntansi Kledo.

1. Bangun Pendapatan Pasti untuk Freelancer

Oke, oke, saya paham judul poin ini bentrok banget sama keyakinan kamu soal pendapatan freelancer yang serba nggak pasti.

Tapi saya minta waktu ke kamu buat jelasin semuanya, please let me tell you how it works, sehabis itu, saya serahkan ke kamu buat ambil keputusan / penilaian apakah freelancer bisa membangun pendapatan pasti dan stabil atau impossible? Begini ceritanya;

Pertama, jual banyak jasa sehingga memungkinkan kamu punya market berbeda yang bisa mendatangkan income stabil tiap bulannya.
Studi Kasus Pribadi:Saya sendiri bekerja sebagai full time freelancer dengan banyak bidang berbeda agar pemasukan bulanan bisa tercukupi.
Content WriterMenulis artikel seo untuk klien dari berbagai latar belakang, mulai dari individu, agency, hingga brand besar
BloggerPemasukan lainnya, saya dapatkan dari job kerjasama sponsorship dari banyak brand setiap bulannya
English TutorSelain mengerjakan job diranah digital, saya juga masih bekerja secara offline, yaitu menjadi tutor untuk siswa dan mahasiswa yang ingin mengikuti lomba debat bahasa Inggris
Web DeveloperSekalipun masih junior web developer, saya kerap kali mendapatkan project pembuatan website dan fitur web dari banyak klien.

Kedua, manfaatkan semua platform digital yang bisa digunakan untuk mempromosikan jasa freelance milikmu agar rutin mendapatkan project.

Blog

Blog tidak hanya mempertemukan saya dengan banyak klien tapi juga membantu personal branding di internet, khususnya di pencarian google

Marketplace

Sedari januari 2020, saya aktif menjual jasa freelance content writer, blogger, dan job lainnya dan berhasil mendapatkan penghasilan 23,3 Juta dari platform marketplace freelance Fastwork.id.

Sosial Media

Meski tidak sering mendatangkan klien, namun kebanyakan komunikasi sebelum terjadinya transaksi dilakukan melalui sosmed whatsapp & instagram..


Terakhir, maksimalkan upayamu dengan tips tambahan berikut ini agar bisa mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya;
Tips stable income for freelancer :
  • Incar project dengan kontrak jangka panjang, 1 tahun misalnya
  • Jaga komunikasi dengan klien lamamu agar mereka memesan jasa lagi
  • Fokus mencari project dengan bayaran tinggi biar kamu bisa kerja lebih sedikit tapi hasilnya banyak
  • Jangan lupa berjejaring dan tingkatkan koneksimu. Karena klien biasanya datang dari koneksi kita
  • Minta klien mereferensikan jasamu kepada orang lain

2. Perkaya Diri dengan Literasi Keuangan & Maksimalkan Manajemen Keuanganmu dengan Software Akuntansi Kledo

Sebagai seorang pekerja yang punya pikiran waras, kita pastinya setuju dengan beberapa poin ini di dunia kerja;
asset image keunggulan
icon keunggulan

Kita Tidak Selamanya Produktif Bekerja

Fakta ini kurang menyenangkan tapi harus diterima, makanya kita perlu memperkaya literasi keuangan

icon keunggulan

Pengelolaan Keuangan Tidak Mudah

Punya ilmu finansial yang bagus itu baik, tapi jika tidak ada alat untuk mengelola keuangannya, ya susah!

Pembahasan Kedua Poin Diatas :
  • 1. Kita tidak selamanya bisa produktif bekerja dan menggantungkan hidup dari satu sumber penghasilan karena ada banyak faktor tidak terduga yang bisa membuat kita kehilangan pendapatan: resesi ekonomi, phk massal karena pandemi, pensiun, & penyebab lainnya. Oleh karena itulah penting bagi kita agar punya pendidikan finansial yang baik agar bisa mengelola keuangan pribadi, mengalokasikannya ke dalam aset likuid, surat berharga seperti saham, obligasi, atau bahkan kripto untuk tujuan finansial di masa depan; dana darurat, dana pensiun, beli rumah, beli mobil, atau nikahin ayang kesayangan kamu.

  • 2. Di jaman yang udah canggih kaya gini, outdated banget kalo mesti nyatet arus pemasukan dan pengeluaran pendapatan di buku karena rentan hilang / rusak. Maka dari itu, kita perlu menggunakan software akuntansi online yang bisa memudahkan kita mengelola keuangan pribadi sebagai seorang freelancer biar bisa move on dari penghasilan yang suka terjun bebas kaya roller coaster.

Begini Cara Kledo

Bikin Kamu Bebas Khawatir Dari Pendapatan Freelance Yang Nggak Pasti
Kledo adalah software akuntansi yang bisa digunakan untuk melakukan semua kegiatan bisnis mulai dari penjualan, pembelian, monitor saldo kas & bank,laporan keuangan dan bisnis, inventori, aset hingga invoice.

Dan bagian terbaiknya, software Kledo juga cocok untuk self-employ person seperti freelancer lho. Bagusnya lagi, software ini gratis serta bisa kamu pakai via web maupun aplikasi. Dari semua fungsi yang sudah saya sebutkan, ada 3 fitur yang sangat membantu freelancer biar nggak terjebak lagi dalam siklus roller coaster income, berikut fiturnya;
1. Membantu Pencatatan Keuangan
Pemasukan & Pengeluaran

Mencatat pemasukan dari project freelance dan alokasi pengeluarannya bisa dilakukan dengan mudah di software akuntansi Kledo. Dengan menggunakan software ini, kita jadi bisa memulai habit bagus untuk melakukan pencatatan keuangan.
Kelebihan Kledo
Kelebihan Kledo untuk Bisnis
2. Membuat Tagihan Invoice
Untuk Klien Kamu

Sudah bukan rahasia umum ya di dunia kerja, ada klien yang langsung bayar all-in 100%, partial 50% & pelunasan begitu project selesai. Tapi ada juga klien yang suka amnesia, Kledo bisa bantuin kamu bikinin tagihan invoice buat klien tersebut biar pembayaran project jadi lancar.
Bagian yang paling saya suka dari software akuntansi Kledo adalah fitur biaya & invoice-nya. Freelancer jadi lebih dimudahkan dalam mengorganisir pembayaran project.

Ada status pembayaran klien yang sudah bayar project lunas, bayar DP, jatuh tempo atau bahkan ada order berulang untuk klien yang sering memesan jasa kita. Well, this plugin helps me a lot. Yay!
3. Mempermudah Melakukan Budgeting
Untuk Mencapai Tujuan Finansial Kamu

Punya rencana dan tujuan finansial masa depan seperti mengamankan diri dari masa sulit dengan dana darurat dan dana pensiun? Atau ingin membangun rumah beserta kehidupan yang baik bersama pasangan kesayangan? Well, jangan hanya segerakan tapi rencanakan dengan baik dengan cara budgeting. Di software Kledo, kamu bisa mengatur alokasi perencanaan keuangan dengan konsep 50:30:20 pun bisa diterapkan untuk personal finance-nya freelancer seperti kamu kok.
Kelebihan Kledo untuk Freelancer

Kesimpulan

Worth It Nggak Sih Pakai Kledo Buat Freelancer?
Well, I have to say; Kledo worth it to try! Kita yang kerja lepas bakalan kebantu banget buat memperkokoh personal finance kita. Dan berikut rating yang saya berikan untuk software akuntansi Kledo dalam ulasan konten ini;

Kledo

Software Akuntansi Online
(Bisnis, Startup, UKM, UMKM & Self-Employed / Freelancer)

5.0
Variasi Fitur5.0
Kemudahan Pemakaian5.0
UI & UX5.0
Harga5.0


So far, di software ini, freelancer bakalan kebantu banget buat cari tahu berapa sih pemasukan tiap bulan dan bisa nentuin pengeluaran tetap yang harus dijaga biar cashflow bulanan baik itu untuk keuangan pribadi maupun bisnis.

Misalnya saja, meski saya masuk kategori self-employed sebagai freelancer, saya pun memilki tim SEO Content Writer dimana setiap bulannya saya mencatat saldo penulis dan membayarkan fee mereka di akhir bulan. And you know, saya melakukan pembukuan catatannya secara manual di menu deskripsi whatsapp, ini agak rentan data hilang sih kalau nggak sengaja terhapus, tapi semenjak kenal Kledo, data pembayaran tim penulis akan jauh lebih aman dan terorganisir.

From this:
To this:


Melakukan budgeting juga sangat perlu diterapkan freelancer biar alokasi uang yang dikeluarkan bisa tepat, mana untung kebutuhan bulanan, rekreasi, dan dana tabungan / investasi.

Tertarik buat cobain aplikasi ini juga biar bisa move-on dari roller coaster income? Klik tombol daftar dibawah ini ya, silahkan.
Download App Android Download
Download App IOS Download
Aplikasi Kledo Kledo Android IOS Kledo Playstore