No Bookmarks

Apa Arti THR Dalam Mosi Debat Bahasa Inggris?

Apa Arti THR Dalam Mosi Debat Bahasa Inggris?
Topik KontenDebat B.Inggris
Kategori KontenKelas Debat Dasar
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa mengerti maksud mosi THR & mampu membuat argumen sesuai posisi tim debatnya

Dalam perlombaan debat bahasa Inggris, juri akan memberikan berbagai macam topik debat / motion kepada peserta.

Nah, para debater pemula, mungkin familiar dengan mosi yang diawali dengan singkatan THBT atau THW, tapi kebingungan ketika mosinya diawali dengan singkatan THR.

Untuk itulah konten edukasi debat bahasa Inggris ini dibuat, yuk disimak biar kamu tidak salah mengartikan mosi debat yang berakibat fatal di mata juri.

Pengertian Mosi Yang Diawali dengan THR, Bentuk Argumen, & Goal-nya

Di konten ini, kamu akan mengenal apa itu mosi debat THR, fokus argumen yang harus dibuat kedua tim, dan goal yang harus dicapai dari mosi ini.

Apa Yang Dimaksud dengan Mosi THR Dalam Debat Bahasa Inggris?

Penjelasan mudahnya, THR adalah frasa singkatan yang memiliki kepanjangan arti: "This House Regrets (Dewan ini kecewa dengan . . . )". Mosi ini mengharuskan kamu untuk menunjukkan bagian mana (aturan, kebijakan, perubahan, norma, dll) yang membuat kecewa / disayangkan terjadi di masyarakat.

Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan contoh mosi ini;

Mosi: THR the rise of flexing trend nowadays


Mosi diatas menginginkan adanya pembahasan argumen mengenai; kenapa kita menyesal dengan tren flexing yang terngah populer saat ini (khususnya dilakukan di sosmed).

Tips Fokus Argumen Untuk Mosi THR Yang Harus Diperhatikan Tim Pro & Kontra

Jika kamu kebetulan mendapatkan mosi yang diawali frasa ini, hati-hati ya, jangan terkecoh, banyak debater pemula yang bingung harus membuat argumen seperti apa.

Kenapa demikian? Karena jika tidak teliti, bisa saja kamu malah membuat argumen untuk tim lawan, dan sebaliknya. Untuk itu, kamu bisa ikuti panduan berikut ini;

Mosi: THR the rise of flexing trend nowadays


Argumen Tim Pro Fokus tim pro adalah membuat argumen yang bisa meyakinkan juri bahwa mereka menyesalkan / kecewa dengan maraknya tren flexing di masyarakat Indonesia.
Argumen Tim Kontra Sebaliknya, tim oposisi / kontra fokus membuat argumen jika mereka tidak menyesal apalagi kecewa dengan tren flexing yang terjadi di masyarakat Indonesia, malahan tim oposisi senang, setuju, atau merayakannya (celebrate) bahwa flexing itu hal normal dan bisa dimanfaatkan untuk hal positif.

Apa Goal / Tujuan Yang Harus Dipenuhi Dalam Mosi THR?

Goal dari mosi ini adalah seberapa bisa kalian (tim pro & oposisi) meyakinkan juri apakah *Flexing* itu sesuatu yg buruk atau baik?

Jadi, tim debat yang paling bisa meyakinkan juri dengan argumennya lah yang mendapatkan kontribusi poin lebih untuk dimenangkan, well, tentunya dengan penilaian objektif ya.

Kesimpulan

Dengan memahami mosi yang diawali frase this house regrets, tim debatmu akan punya landasan kokoh supaya bisa membuat argumen yang tepat serta menjawab goal yang diinginkan mosi. Last but not least, semoga konten ini bermanfaat untukmu ya, debaters! :)