No Bookmarks

Cara Menulis Artikel Postingan Baru di Blogger

Jenis KontenKelas Blogger.com
Lisensi GambarCanva, Undraw, & Blogger.com
Lisensi KontenDaily Blogger Pro
ReferensiBlogger.com
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu bagaimana caranya menulis artikel postingan baru di Blogger.com


Sudah punya blog atau website di blogger tapi belum punya konten atau postingan apapun? Well, konten ini akan memandu kamu agar tahu caranya menulis artikel postingan baru di Blogger. Silahkan praktekkan caranya ya!

Panduan Menulis Artikel Baru di Blogger

Blogger.com sudah menyediakan fitur editor tulisan yang bisa kamu gunakan untuk menulis artikel blog. Panduan ini bisa membantu kamu menciptakan konten pertamamu.

1. Login ke Akun Blogger.com

Pertama, kunjungi blogger.com, login, dan kamu akan diarahkan ke dasbor milik blogger di akunmu.

2. Pilih Postingan Baru

Coba perhatikan di pojok kiri atas, ada tombol bertuliskan; "Postingan Baru". Klik tombol tersebut, maka kamu akan diarahkan ke halaman editor tulisan.

3. Mulai Menulis di Editor Postingan Blogger

Ketika halaman editor postingan sudah tampil, kamu bisa mulai menulis. Untuk aspek kepenulisan yang harus kamu perhatikan adalah mengenal bagian-bagian penting untuk membantu proses menulismu.
3.1 Kolom Judul
Blogger telah menyediakan kolom khusus yang bisa penulis gunakan untuk membuat judul artikel. Agar judul artikel tidak terpotong saat tampil di Google, pastikan judul kamu minimal terdiri dari 46 karakter, maksimal 64 karakter

3.2 Kolom Fungsi / Fitur Tulisan
Keuda, kamu bisa mengedit, merubah font, ukuran font, heading, menebalkan huruf, menambahkan media gambar / video di dalam artikel, dan fitur lainnya yang berguna untuk menulis.

3.3 Body Artikel / Text Editor
Dibawah kolom fungsi / fitur,ada box putih / canvas (mirip ms.word), yang bisa kamu gunakan untuk menulis isi konten artikelmu

3.4 Setelan Entri Postingan
Coba perhatikan ke sebelah kanan, pada setelan entri post, kamu bisa mengatur kategori label artikel, tanggal publikasi, mengedit url artikel, lokasi, meta deskripsi, dan setelan lainnya

3.5 Fitur Publikasi
Fungsi terakhir yang harus kamu ketahui di editor tulisan blogger adalah fungsi status autsave yang menandakan perubahan status dokumen / teks telah tersimpan,pratinjau untuk melihat cuplikan tampilan sementara sebelum dipublikasikan, dan opsi publikasikan untuk menerbitkan artikel agar tayang di halaman utama blog.

Kesimpulan

Fitur editor teks di cms blogger.com terbilang bersih dan simpel. Bahkan, blogger pemula pun akan langsung bisa dengan sekali percobaan. Dengan menguasai cara menulis artikel postingan di blogger.com, kini, kamu sudah siap untuk menulis dan menerbitkan konten pertamamu. Dan seperti biasa; semoga konten ini bermanfaat untukmu ya. :)