No Bookmarks

Mengenal Blogger.com: Platform Blogging & Website Milik Google

Jenis KontenKelas Blogger.com
Lisensi GambarCanva, Undraw, & Blogger.com
Lisensi KontenDaily Blogger Pro
ReferensiWikipedia, Google Blog, dll
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa mengenal apa itu blogger.com, sejarah, dan fitur didalamnya


Buat kamu yang tertarik buat ngeblog atau bikin website, blogger.com bisa kamu jadikan cms andalan untuk kebutuhanmu di tahun ini dan seterusnya lho.

Mengenal CMS Blogger.com, Sejarah, Desain, & Kelengkapannya

Menyoal cms blogger.com, di segmen konten kali ini, saya ingin mengajak kamu berkenalan sekilas dengan platform blogging dan website besutan Google. Yuk cari tahu segala hal tentang cms blogger mulai dari tanggal akuisisinya, sejarah, bahasa yang didukung, dan personalisasi fitur dasar lainnya yang bisa pengguna dapatkan.

Google Mengakuisisi Blogger.com Sebagai Platform Blogging Miliknya

Awalnya, Blogger adalah layanan penerbitan blog yang dikembangkan oleh Pyra Labs. Kemudian cms blogging ini dibeli oleh Google pada tahun 2003.

Setelah berpindah tangan ke Google, semua blog yang menggunakan engine cms blogger.com akan menggunakan subdomain "blogspot.com".

Tidak ingin menggunakan ekstensi subdomain blogspot karena terlihat kurang profesional? Well, Google menyediakan kustomisasi domain khusus milik pengguna yang dibeli dari Goolge Domain atau layanan penyedia domain lokal di Indonesia; Dewaweb, Sahabat Hosting, dll.

Blogger.com memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk melakukan kustomisasi domain di platform cms-nya. Contoh:

Domain Dailybloggerpro.blogspot.com diubah menjadi Dailybloggerpro.com.

Note: Kamu hanya tinggal mengarahkan DNS domainnya ke server hosting milik Google dan domain yang kamu install siap diakses.

Mengenal Sekilas Sejarah CMS Blogger.com

Tahukah kamu, Blogger.com adalah cms / perangkat publikasi blog pertama yang sudah hadir sejak 1999.

Awalnya fitur blogging milik Pyra Labs ini berbayar, tapi setelah diakuisisi Google, semua fiturnya bisa diakses secara gratis terhitung mulai dari Februari 2003. Buat kamu yang penasaran dengan timeline sejarah update yang terjadi di cms blogger.com, silahkan cek dengan menekan tombol show all dibawah ini ya;

Timeline Update Blogger.com:
Mei 2004 Desain ulang fitur besar-besaran;

+Fitur editor template dihadirkan
+Fitur arsip konten
+Fitur komentar di konten / postingan dihadirkan
+Posting via email
Agustus 2006 +Blogger versi beta diluncurkan
+Server host lama dipindah ke server Google
+Penambahan bahasa antarmuka dalam bahasa Prancis, Italia, Jerman, dan Spanyol.
Desember 2006+Blogger versi beta sudah selesai dan resmi diluncurkan versi terbarunya
Mei 2007 +Semua layanan Blogger telah sepenuhnya ditempatkan dan dioperasikan di server Google
+Blogger menduduki peringkat 16 dalam daftar 50 domain teratas dalam hal jumlah pengunjung unik pada tahun 2007
September 2009 +Tampilan baru untuk menulis post
+Penyempurnaan penanganan gambar, dan implementasi berbasis Google Docs
+Menambahkan lokasi ke pos melalui penandaan geografis.
+Memberi cap waktu pada publikasi, bukan pada kreasi asli.
+Mengubah ukuran vertikal dari editor posting. Ukurannya disimpan dalam preferensi per-pengguna, per-blog.
+Tautan pengeditan dalam mode penulisan.
+Dukungan dan kesetiaan Safari 3 penuh pada Windows dan macOS.
+Dialog Pratinjau Baru yang menampilkan tulisan dalam lebar dan ukuran font yang mendekati apa yang terlihat dalam tampilan yang dipublikasikan.
+Gambar placeholder untuk tag sehingga embed dapat dipindahkan dalam mode penulisan.
Toolbar baru dengan estetika Google, waktu pemuatan yang lebih cepat, dan tombol "undo" dan "redo", juga menambahkan tombol justifikasi penuh, tombol mogok, dan palet warna yang diperluas.
Februari - Mei 2010 +Mendukung upgrade domain TLD dari blogspot.com ke www.namablog.com
+Blogger memperkenalkan templat baru dan mendesain ulang situs webnya. Editor posting baru dikritik karena kurang dapat diandalkan daripada pendahulunya.

+Blogger memperkenalkan "auto-pagination", yang membatasi jumlah posting yang dapat ditampilkan pada setiap halaman, sering kali menyebabkan jumlah posting pada halaman utama lebih kecil dari yang ditentukan oleh pengguna.
Agustus - September 2011 +Template desain baru, "Dynamic View" diperkenalkan. Totalnya ada 7 template berbeda: klasik, flipcard, majalah, mosaik, bilah sisi, foto, dan jangka waktu.
Februari - April 2013 +Blogger memperbarui editor template HTML-nya yang memiliki beberapa perbaikan untuk memudahkan pengguna mengedit kode sumber blog. Editor diperbarui dengan highlight sintaksis, garis angka dan tombol jump-to-widget untuk kemudahan mengedit kode.

+Blogger mendukung ekstensi domain berdasarkan negara pengguna masing-masing. Misalnya saja ekstensi Indonesia, subdomain blogger milik pengguna akan jadi seperti ini: blogpengguna.blogspot.co.id.
Agustus - September 2011 +Template desain baru, "Dynamic View" diperkenalkan. Totalnya ada 7 template berbeda: klasik, flipcard, majalah, mosaik, bilah sisi, foto, dan jangka waktu.
Februari 2015 - Desember 2016 +Blogger melarang pengguna mempublikasi konten dewasa di platformnya
+Blogger mendukung banyak bahasa untuk antarmuka platformnya seperti;

Afrika, Amharik, Arab, Basque, Bengali, Bulgaria, Catalan, Cina (Hong Kong), Cina (Sederhana), Cina (Tradisional), Kroasia, Ceko , Denmark, Belanda, Inggris (Inggris), Inggris (Amerika Serikat), Estonia, Filipina, Finlandia, Prancis, Galicia, Jerman, Yunani, Gujarati, Ibrani, Hindi, Hongaria, Islandia, Indonesia, Italia, Jepang, Kannada, Korea , Latvia, Lituania, Melayu, Malayalam, Marathi, Norwegia, Persia, Polandia, Portugis (Brasil), Portugis (Portugal), Rumania, Rusia, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol (Amerika Latin), Spanyol (Spanyol), Swahili, Swedia, Tamil, Telugu, Thailand, Turki, Ukraina, Urdu, Vietnam, dan Zulu.
Daftar timeline update cms blogger.com ini akan terus diperbaharui begitu penulis mendapatkan sumber referensi tambahan terbaru dan sedang luang

Desain Blog & Website di CMS Bloger.com

Blogger sendiri sudah menyiapkan template blog / website untuk pengguna secara gratis seperti Contempo, Emporio, Soho, Notable, Essential, Simple, Dynamic View, dan masih banyak lagi.

Meskipun begitu, jika kamu ingin melakukan kustomisasi template website sendiri, blogger memberikan keleluasaan ini. Kamu juga bisa membeli template premium yang disediakan oleh web developer yang membuat produk digital template untuk cms blogger.com.

Misalnya saja Idblanter.com / blantertheme.com, jika tertarik untuk membeli template premium, kamu bisa pakai kode; AG46 untuk mendapatkan diskon 15% untuk semua template yang tersedia di blantertheme.com.

Jenis Website yang Bisa Dibuat di Blogger.com

Kalau dulu, sebelum 2015, satu-satunya jenis website yang bisa dibuat di platform blogger.com hanya blog pribadi. Tapi sekarang berbeda, semenjak web developer pembuat template cms blogger.com makin banyak, ada beragam jenis website yang bisa kamu buat, seperti;

Jenis-jenis website :
  • Blog Pribadi
  • Website Toko Online
  • Website Landing Page Bisnis
  • Website Portofolio
  • Website korporasi dan bisnis
  • Bahkan website membership pun saat ini bisa dibuat.

Dukungan Plugin dan Fitur Web di CMS Blogger.com

Semua platform blogging dan website pastinya dilengkapi dengan semacam fitur atau plugin, blogger juga memiliki beberapa fitur dasar yang bisa kamu gunakan seperti;

Fitur / Plugint di Blogger.com :
  • Postingan Unggulan
  • Postingan Populer
  • Teks, Arsip, dan Label
  • Pengikut
  • Penelusuran
  • Profil
  • Statistik pageview
  • Daftar Link
  • Gambar
  • Formulir kontak dan langganan
Jika dirasa kurang, kamu bisa menginstall fitur yang dibutuhkan dari pengembang cms blogger.com independen yang ada di Indonesia. Mereka biasanya menyediakan fitur web dengan kode siap pakai agar pengguna mudah menginstallnya di website mereka.

Kesimpulan

Dari awal perilisannya, Google terus memberikan skala update yang lumayan banyak agar pengguna bisa menggunakan layanan publikasi blog dan website miliknya.

Dari segi target market, produk Google ini sangat cocok untuk pemula atau kreator yang ingin fokus menulis konten ketimbang dipusingkan dengan banyaknya plugin, atau bisa juga untuk para web programmer yang berniat untuk membuat produk fitur atau template web di cms blogger.

Itu dia ulasan konten tentang pengenalan platform blog dan website berbasis cms blogger. Kedepannya, saya akan memberikan update seputar blogger.com dan cms website lainnya, ditunggu aja ya, dan seperti biasa; semoga konten ini bermanfaat buat kamu ya :)