No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Cara Moderasi Komentar Pembaca di Blogger

Jenis KontenKelas Blogger.com
Lisensi GambarCanva, Dokumentasi pribadi, & Blogger.com
Lisensi KontenDaily Blogger Pro
ReferensiBlogger.com
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu bagaimana caranya mengaktifkan fitur moderasi komentar pembaca di Blogger.com

Di tahun 2011-2014, kegiatan blogwalking murni dilakukan blogger karena memang tujuannya adalah silaturahmi / saling mengenal serta mendukung karya masing-masing.

Namun sekarang berbeda, banyak yang berkomentar dengan tujuan menanam backliink di kolom komentar.

Backlink memang salah satu aspek dalam strategi SEO offpage, dan sah-sah saja kalau mau meningkatkan jumlah backlink lewat kolom komentar.

Namun yang perlu diingat adalah ketika kita berkunjung ke blog atau website milik orang lain, ini tak ubahnya seperti kita bertamu di dunia nyata.

Sebagai tamu, idealnya kita tahu untuk beretika yang baik kepada pemilik rumah. Dalam konteks blogging, memberikan komentar relevan dengan pembahasan konten dan iktikad baik dengan tujuan berinteraksi akan sangat menyenangkan rasanya.

Well, meski kita nggak bisa mengontrol orang lain mau berkomentar seperti apa di blog kita, namun kita punya kontrol untuk menahan semua komentar yang masuk dengan cara menggunakan fitur moderasi komentar di blogger.com.

Mengenal Fungsi dan Cara Menggunakan Fitur Moderasi Komentar Blogger.com

Platform Blogger sudah menyediakan fitur moderasi komentar semenjak kamu membuat blog / website di platform mereka. Jadi, kenapa tidak memanfaatkannya dengan baik.

Fungsi Moderasi Komentar

Fitur moderasi sangat berguna bagi pemilik website atau blog untuk menampung banyak komentar masuk dari pembaca. Biasanya akan diarsipkan di folder / menu moderasi, di menu ini, kamu bisa menyortir, komentar mana yang layak dipublikasikan atau dibuang ke halaman spam.

Panduan Mengaktifkan Fitur Moderasi Komentar di Blogger.com

Untuk mengaktifkan fitur moderasi komentar di Blogger cukup mudah kok, ikuti saja panduan ini;

1. Login ke akun blogger milikmu

2. Ketika kamu sudah masuk di halaman dasbor Blogger, silahkan klik menu setelan (settings).

3. Cari menu komenttar yang ada di setelan, klik moderasi komentar, pilih selalu.

4. Klik simpan. Selesai!

Kesimpulan

Dengan mengaktifkan fitur moderasi komentar, komentar spam bisa menurun dan metrik spam score blog milikmu pun tidak tinggi. Karena aspek skor spam juga masuk dalam penilaian saat klien ingin bekerjasama dengan blogger. Dan seperti biasa; semoga konten ini bisa bermanfaat untukmu ya. :)