No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

3 Cara Menulis Tanggal yang Benar dalam Bahasa inggris

Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Lisensi GambarFreepik
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu cara menulis tanggal yang baik dan benar dalam bahasa Inggris

Kita secara sadar mengingat tanggal hampir setiap hari. Namun berbeda dengan sistem penanggalan bahasa Inggris yang mengikuti aturan dari Amerika dan British, meski ini ilmu dasar, nyatanya, jika kamu tidak mengetahuinya, bisa saja kamu mendapatkan masalah ketika sedang kuliah di luar negeri.

Misalnya saja salah membaca tanggal ujian semester, harusnya hari ini ujian, kamu salah baca tanggal mengira ujiannya besok, tentu kamu nggak mau hal ini terjadi, bukan? Oleh karena itu, mempelajari cara membaca dan menulis tanggal yang benar dalam bahasa Inggris adalah keharusan buat kamu; pembelajar bahasa.

Bingung gimana cara menulis tanggal yang benar dalam bahasa Inggris? Begini caranya!

Sesuai uraian dalam paragraf pembuka diatas, penulisan tanggal dalam bahasa Inggris dibagi menjadi dua, yaitu 1) Sistem penanggalan Amerika, dan 2) Sistem penanggalan British. Mau tahu cara penulisan keduanya? Simak ulasan di pembahasan selanjutnya!

A). Dua Aturan Penulisan Tanggal Bahasa Inggris

American EnglishBulan - Hari - Tahun
Month - Day - Year


Contoh
January 18, 2023
British EnglishHari - Bulan - Tahun
Day - Month - Year


Contoh
18 January 2023

B). 3 Cara Penulisan Tanggal Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Sekarang kita masuk ke bagian panduan penulisan tanggal bahasa Inggris, ada tiga cara, simak panduannya ya!

1. Penggunaan Angka Ordinal

Penulisan tanggal dengan menggunakan Ordinal Number(angka yang menunjukkan urutan; 1st, 2nd, dst) sangat sering digunakan pada sistem penanggalan British, sedangkan sistem Amerika lebih sering menggunakan ordinal number saat mengobrol namun jarang menggunakannya dalam penulisan.

American EnglishThe exam will begin on January 18
British EnglishThe exam will begin on 18th January

2. Penggunaan Koma Setelah Tanggal / Hari

Tips penulisan kedua, kamu bisa menambahkan koma setelah tanggal / hari khusus untuk sistem Amerika ya. Sedangkan, sistem British tidak menggunakan koma.

American EnglishThe movie will begin on January 19, 2023
British EnglishThe movie will begin on 19 January 2023

3. Penulisan Tanggal Hanya dengan Angka

Tips terakhir, berbeda dengan dua panduan penulisan sebelumnya, kali ini penulisan tanggalnya cukup menggunakan angka saja. Penulisan tanggal dengan angka sering digunakan untuk kebutuhan informal saja, jadi kalau kamu menulis surat, proposal, atau hal formal lainnya, lebih baik pakai dua tips sebelumnya ya.

Kamu bisa menambahkan tanda hubung (-) atau garis miring (/) untuk penulisan tanggalnya ya, seperti ini:

American English (Month / Day / Year)1 / 19 / 2023
British English (Day / Month / Year)19 / 1 / 2023

Kesimpulan

Setelah membaca konten ini, saya harap kamu jadi bisa menulis tanggal yang baik dan benar dalam bahasa Inggris sesuai aturan penulisan American / British. Semoga konten ini bermanfaat untukmu ya!