No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Cara Membuat & Mengubah Logo Favicon di Blogger (Blogspot)

Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Lisensi GambarCanva, Pribadi, & Qwords.com
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa mengganti logo favicon blog agar terlihat profesional di platform Blogger.com

Logo yang tampil pada tab browser sering kita sebut dengan istilah favicon. Ini penting nggak sih? Jawabannya; iya!

Kalau kamu ingin menseriusi aktifitas ngeblog, merubah tampilan logo favicon pada tab browser sangat penting, khususnya untuk branding kamu.

Bagaimana caranya? Simak dan ikuti panduan berikut ini.

Cara Membuat dan Mengubah Logo Favicon di Blogger.com

Di awal, sebelum membuat favicon, pastikan kamu sudah memiliki logo untuk website milikmu. Jika belum punya, silahkan buat terlebih dahulu, bisa pesan jasa logo desainer atau buat sendiri.

1. Rubah Logo dengan Favicon Generator

Di fase ini saya anggap kamu sudah memiliki logo. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah merubah logo gambar blog milikmu ke format ico untuk favicon.

1. Kamu bisa mengetik kata kunci: "favicon generator" di Google atau bisa juga mengunjungi web favicon generator ini: https://www.websiteplanet.com/webtools/favicon-generator/

2. Unggah gambar logo ke favicon generator

3. Konversi logo website yang sudah kamu unggah menjadi favicon dengan mengklik tombol "Generate".

4. Ketika logo gambar website sudah terkonversi, kami bisa mengunduh file faviconnya. Well, logo favicon blogmu sudah jadi.

2. Unggah File Logo Favicon di Blogger

Setelah memiliki logo favicon yang sudah dibuat dari generator. Kamu bisa langsung menginstall logo favicon tersebut di Blogger. Begini caranya!

1. Login ke akun blogger milikmu.

2. Pilih setelan, di menu dasar ada opsi favicon. Klik tulisan favicon tersebut.

3. Di menu favicon, kamu bisa mengupload file logo favicon. Cukup klik pilih file dan unggah file favicon yang sudah dibuat. Kemudian, klik simpan.

4. Favicon sudah terpasang. Cukup refresh halaman, jika faviconnya belum berubah, tunggu sekitar 30 menit atau lebih untuk mendapatkan perubahannya. Jika sudah tampil, kamu bisa melihat faviconnya di menu tab bagian atas pada browser yang kamu gunakan seperti ini:

Coba perhatikan pada tab browser, sebelum tulisan nama blog "Daily Gamer Pro", terdapat sebuah logo, logo inilah yang kita sebut sebagai favicon.

Kesimpulan

Setelah mengunggah file faviicon, di tab browser logonya tidak langsung berubah, kamu harus menunggu beberapa jam dulu sampai logo faviconnya benar-benar berubah.

Manfaat lainnya dari mengubah favicon ini adalah bisa meningkatkan branding website kamu di halaman pencarian google karena logo favicon blog tidak jarang ditampilkan juga. Dan seperti biasa; semoga konten ini bermanfaat untukmu ya.