No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Cara Mengembalikan Domain TLD Expired ke Blogspot

Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Lisensi GambarDokumentasi Pribadi & Freepik.com
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu cara mengembalikan akses website yang Domain TLD (.Com, .Id, .Net, dll) ke Subdomain awal Blogspot.com

Ceritanya, saya dihubungi oleh salah satu klien saya; Ka Ira. Website miliknya tidak bisa diakses sama sekali karena lupa perpanjang domain. Dan karena sudah lewat hampir setengah tahun lebih, domainnya sudah kadaluwarsa dan dibeli orang lain.

Saya pun mencoba mengakses url domain TLD websitenya; https://festivalkebhinekaan.com. Hasilnya tidak bisa diakses seperti ilustrasi dibawah ini:

Sesuai hasil penelusuran saya ketika mengakses TLD Domainnya, sama sekali tidak bisa diakses. Setahu saya, kalau domain website kadaluwarsa, kamu tetap bisa mengakses website dengan mengakses subdomain blogspot.com. Jadi ya, saya coba mengakses subdomain blogspotnya, dan hasilnya seperti ini;

Sesuai ilustrasi gambar diatas, ketika saya mencoba mengakses subdomain blogspotnya di https://festivalkebhinekaan.blogspot.com/.

Saya malah dialihkan ke halaman pengalihan blogger.com. Kenapa hal ini bisa terjadi? Well, jawabannya, website ini masih mengaktifkan pengaturan pengalihan subdomain blogspot.com ke domain TLD .com yang sudah kadaluwarsa. Jadinya ya, mau diakses dengan domain dot com atau blogspot, sama-sama tidak bisa diakses

Dulu pemahaman saya dan kebanyakan pengguna platform blogspot seperti ini; "Kalau domain TLD kadaluwarsa, website masih bisa diakses dengan menggunakan subdomain blogspot.com".

Pemahaman itu nggak 100% salah sih, pihak Blogger.com akan mengalihkan aksesnya ke subdomain blogspot, tapi yang kurang dari pemahaman ini adalah kita harus merubah settingnya terlebih dahulu agar pengunjung bisa mengakses subdomain blogspot.com ini secara manual!

Kalau website dibiarkan tidak bisa diakses sampai seterusnya, akibatnya adalah kamu akan kehilangan trafik, iya trafiknya jadi 0! seperti yang dialami website milik klien saya;

Tentunya hal ini nggak baik untuk website bisnis. Sesuai ilustrasi data historis statistik diatas, terhitung dari awal bulan juli 2022, klien saya sudah kehilangan trafik sejak 6 bulan yang lalu.

Jadi, pilihan yang tepat adalah mengatasi masalah akses terlebih dahulu dengan cara mengembalikan domain TLD yang kadaluwarsa ke subdomain blogspot.com

Cara Agar Website yang TLD Domainnya Kadaluwarsa Bisa Diakses Kembali Lewat Subdomain Blogspot.com

Panduan ini saya buat seringkas dan semudah mungkin, jadi kalau kamu mengalami masalah yang sama dengan klien saya, kamu bisa mengikuti panduan ini ya.

1. Login akun blogger.com milikmu.

2. Ketika sudah login dan masuk ke dashboard blogger. Pilih menu "Setelan / Setting". Scroll ke bagian opsi "Publishing / Memublikasikan". Disini kamu bisa melihat kalau Domain TLD https://festivalkebhinekaan.com masih terpasang. Inilah sumber penyebab masalahnya. Kamu harus melepas domain TLD yang kadaluwarsa ini.

3. Klik custom domain. Kemudian pilih opsi "delete".

5. Kemudian, pihak blogger.com akan memunculkan kotak dialog berisi konfirmasi penghapusan custom domain sekali lagi. Hal ini dilakukan pihak Blogger.com untuk memastikan apakah kamu benar-benar ingin melepas domain tersebut, karena kamu ingin melepas domain kadaluwarsa ini, klik "delete" lagi

6. Setelah menekan opsi "delete", custom TLD Domain tersebut sudah terhapus dan subdomain blogspot; https://festivalkebhinekaan.blogspot.com/ - sudah bisa diakses kembali. Oh iya, jangan lupa centang HTTPS Redirect-nya juga ya!

7. Website klien saya sekarang sudah bisa diakses lewat url subdomain blogspotnya sekarang; https://festivalkebhinekaan.blogspot.com/. Ini hasilnya;

Kesimpulan

Perkara lupa memperpanjang domain meskipun terkesan sepele, nyatanya memiliki dampak yang kurang bagus untuk website, khususnya website bisnis. Kamu bisa kehilangan trafik. Tidak ada kunjungan sama saja tidak ada konversi penjualan dari calon pelanggan baru.

Oleh karena itu, panduan ini bisa kamu gunakan jika kamu lupa memperpanjang domain TLD website milikmu. Cukup kembalikan aksesnya ke subdomain blogspot.com. Kalau website sudah bisa diakses kembali. Saran saya, kalau ada bujet dan waktu, silahkan beli dan pasang domain TLD baru untuk website bisnismu.

Kalau tidak ada waktu, bisa pesan jasa instalasi domain TLD dot com ke web developer yang kamu kenal. Selain domain, kamu juga bisa memesan jasa desain website agar tampilan terlihat profesional dan premium. Dan seperti biasa, semoga konten ini bisa bermanfaat untuk kamu ya.