No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Cara Membuat Goal Dalam Mosi Debat

Topik KontenDebat B.Inggris
Kategori KontenKelas Debat Dasar
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa membuat goal dalam pembukaan debat sebagai pembicara 1 tim pro.

Sebagai pembicara 1 tim pro, kamu diharuskan menyampaikan kerangka pembukaan debat yang terdiri dari definisi, identifikasi masalah, limitasi, dan goals dari mosi debat yang diberikan dewan juri.

Sebagian debater baru, belum mengenal apa itu goals dalam debat, oleh karenanya, konten ini hadir untuk membantu kamu menguatkan pondasi dasar skill debatmu. Yuk cari tahu bagaimana cara membuat goals di pembahasan selanjutnya!

Mengenal Apa Itu Goals Dalam Lomba Debat

Saya akan mengenalkanmu apa definisi goals, fungsi, & cara membuatnya agar pembukaan debatmu bisa kuat dan kokoh.

Apa Itu Goals?

Sesuai diksi katanya, goals diartikan sebagai tujuan. Dalam debat, debater diharuskan menyampaikan apa tujuan yang ingin dicapai oleh tim debatnya (baik tim pro atau kontra).

Fungsi Goals Dalam Debat

Goals fungsinya cukup krusial, yaitu memberi tahu dewan juri mengenai tujuan apa yang ingin kamu capai dan solusi apa yang akan kamu bawa lewat argumen untuk merealisasikan goal tersebut.

Cara Membuat Goals Debat

Untuk membuat goals, kita harus tahu apa mosi debatnya, jadi akan lebih praktikal dan mudah dipahami kalau kita gunakan mosi debatnya langsung ya.

Mosi; THW Relocate the Poor from Slum Areas

Untuk mosi diatas, kita tahu aktor mosinya adalah pemerintah selaku pemegang kebijakan relokasi dan objek relokasinya; warga miskin di pemukiman kumuh.

Goals Tim Pro

Jadi goals untuk mosi diatas adalah kamu sebagai tim pro;

Kami ingin meningkatkan taraf hidup warga miskin ex-pemukiman kumuh lebih baik lagi dengan menyediakan tempat tinggal layak, sanitasi bersih, lingkungan yang sehat, mendorong usaha mikro, dan menyediakan pelatihan agar siap kerja di bidang yang lebih layak

Goals Tim Kontra

Sebagai tim kontra goals kamu harus berbeda dengan tim pro ya. Kalau tim pro berkeyakinan relokasi bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin, kamu sebagai tim kontra tidak setuju dengan hal tersebut dan menyampaikan goals berbeda seperti ini;

Kami meyakini dan semuanya pasti sepakat bahwa goals dari mosi debat ini adalah meningkatkan taraf hidup warga miskin di pemukiman kumuh, oleh karenanya, relokasi bukan menjadi solusi efektif karena masyarakat ex-pemukiman kumuh malah akan kehilangan pekerjaan aslinya ketika pindah di tempat baru & bisa saja mereka kembali ke tempat asalnya, lebih baik pemerintah melakukan revitalisasi atau perbaikan lingkungan kumuh menjadi tempat yang layak tinggal, memberikan fasilitas sanitasi yang baik, memberikan edukasi dan pelatihan kerja untuk sdm di area kumuh agar bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari segi penghasilan.

Kesimpulan

Goals perannya sangat vital, dengan adanya goals, dewan juri bisa tahu apa tujuan yang ingin dicapai oleh tim pro dan kontra. Seiring perdebatan berjalan dari awal hingga selesai, dewan juri bisa memutuskan goals mana yang berhasil direalisasikan lewat presentasi argumen tiap tim. Dan seperti biasa, semoga konten edukasi debat ini bisa bermanfaat buatmu ya :)