No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Cara Mendaftarkan Website Blogger ke Google Search Console

Topik KontenSEO Blogspot
Kategori KontenBlogspot
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi, Unspash.com & Igniel.com
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu cara mendaftarkan blog atau website blogspot miliknya ke google search console.

Semua orang yang baru saja membuat website pasti punya satu harapan sama, yaitu ingin blog atau website miliknya terdaftar di Google!

Buat kamu yang mau keinginan blognya tampil di Google, konten ini bisa bantu kamu mewujudkan keinginan tersebut.

Sebelum saya memandu kamu semua langkahnya, perlu diingat bahwa konten ini ditujukan untuk kamu yang punya blog atau website yang dibuat di platform blogger.com / blogspot ya.

Cara mudah mengetahui blog / website kamu pakai cms blogger.com bisa dicek dari url-nya, kalau ada ekstensi url subdomain seperti "blogspot.com", berarti web kamu dibuat di platform Blogger.

Penting untuk dibaca!
Jika blog atau website blogspot kamu sudah di custom domain,

dari url awalnya belajarwebsite.blogspot.com dirubah menjadi belajarwebsite.com,

jangan ikuti panduan ini, akan saya buatkan serial konten berbeda. Konten ini khusus untuk blog / website blogspot yang belum melakukan custom domain!

Cara Mendaftarkan Blog atau Website Blogspot ke Google

Jawaban ringkasnya, kamu perlu mendaftarkan url blog / website blogspot ke google search console. Semudah itu.

Sisanya tinggal tunggu google bot melakukan tugasnya, yaitu crawl url website yang kamu ajukan, menyimpan hasil crawl url ke database index, dan menampilkan url web kamu di indeks halaman mesin pencari google.

Tentunya google bot tidak akan pernah tahu kalau kamu buat website baru kalau kamunya nggak bilang ke Google. Makanya panduan ini ada dan saya buatkan untuk kamu, ikuti panduan ini ya biar google bot bisa nampilin url web kamu di halaman pencarian.

1. Kunjungi Website Google Search Console

Pertama, kunjungi https://search.google.com/search-console/about, kemudian klik "Mulai Sekarang / Start Now".

2. Pilih Kotak URL Prefix / Awalan URL dan Tulis Alamat Lengkap Website Blogger Kamu

Ada dua kotak, Domain & URL Prefix. Silahkan pilih kotak kedua, yaitu URL Prefix. Tulis alamat lengkap website kamu dan klik "Continue / Lanjutkan".

3. Pengajuan URL Website Milikmu Terverifikasi oleh Google

Well, buat kamu yang membuat website atau blog di tahun 2023 bisa saya bilang beruntung. Kenapa demikian? Karena setelah kamu mengklik "Continue / Lanjutkan" pada URL Prefix pada poin sebelumnya, website kamu akan otomatis terverifikasi tanpa ribet menginput kode html ke file template blogspot seperti ini;

Kok sekarang nggak usah input kode verifikasi seperti gambar diatas dan verifikasinya jadi otomatis semudah ini? Iya, karena website yang dibuat di cms blogger terafiliasi sebagai produk milik Google. Jadi proses verifikasi website di search console bisa otomatis seperti ini:

Silahkan klik "Go to Property / Buka Properti". Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman dasbor google search console seperti ini;

Selamat! Blog kamu sudah terdaftar di google search console. Kamu bisa mengakses segala fitur SEO yang disediakan oleh google lewat dasbor console ini.

Penutup

Well, bisa dibilang blog atau website blogger kamu sudah selesai terdaftar di google. Selanjutnya apa yang harus kamu lakukan? Langkah selanjutnya, kamu bisa daftarkan peta situs milikmu di google search console, karena konten ini membahas materi berbeda, akan saya buatkan di update mendatang. Semoga konten ini bermanfaat untukmu ya. :)