No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Cara Submit Url Artikel Baru di Google Agar Cepat Terindeks

Topik KontenSEO Blogspot
Kategori KontenBlogspot
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi & Undraw.co
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu cara mengirimkan url artikel yang baru dipublikasikan ke google agar cepat terindeks.

Seberapa kamu yakin setelah tekan tombol "Publish" di blog, artikel tersebut akan langsung tampil di Google? Realistisnya, mau seyakin apapun kamu, yang menentukan tampil atau tidaknya artikel tersebut nyatanya ada diluar kendalimu.

Karena Google lah yang menentukan kapan artikelmu bisa tayang di halaman pencarian mesin pencarinya.

Ini memang bukan cara mutlak, karena ada beragam cara untuk memberikan sinyal / kode bukan kode dari doi yang suka bilang terserah ya ke google untuk mempercepat proses indexing url artikel baru kamu, salah satu caranya ada di artikel ini, yuk baca biar tulisanmu bisa segera tayang di Google.

Blogspot SEO-Hacks Ini Bisa Percepat Artikelmu Tampil di Google

Pertama-tama, yang perlu kamu siapkan hanya 1, yaitu artikel yang baru saja kamu publikasikan di blog / website. Sisanya tinggal ikuti panduan berikut ini ya:

1. Cek Url Artikel yang Baru Dipublikasi di Google

Salin url link artikel yang baru kamu publikasi ke kotak pencarian google. Bisa kamu lihat pada gambar diatas, artikelnya belum tampil di google. Agar artikelnya bisa tampil, kamu bisa ikuti panduan di poin selanjutnya ya.

2. Kunjungi dan Login ke Google Search Console

Silahkan kunjungi website google search console: https://search.google.com/search-console. Login ke akun milikmu dan kamu akan diarahkan ke halaman dasbor seperti ini:

3. Salin Url Artikel yang Ingin Dikirim ke Google Search Console

Silahkan ambil link artikel yang ingin kamu submit ke google ya. Caranya mudah, seperti ilustrasi gambar diatas, tinggal klik kanan, salin alamat link.

4. Salin dan Tempelkan Alamat Link Artikel di Search Box Google Search Console & Ajukan Pengindeksan

Setelah menyalin alamat link artikelnya, tempelkan pada kotak pencarian / search box yang ada di bagian atas google search console seperti gambar diatas, lalu tekan "enter" pada keyboard laptop milikmu. Maka google akan memindai database-nya dan menampilkan hasilnya seperti ini:

Pada ilustrasi gambar diatas bisa kamu lihat ya, url yang saya pindai belum terindeks di google. Kita bisa minta google untuk mengindeks artikel tersebut dengan mengklik opsi "Minta Pengindekssan". Kemudian google akan memproses pengindeksannya seperti ini:

Jika prosesnya selesai, akan muncul kotak notifikasi baru yang memberitahu bahwa pengajuan url yang kamu kirimkan sudah berhasil terkirim ke google seperti ini:

5. Tunggu Url Artikel Tayang di Google

Bisa dibilang, kamu sudah memberikan sinyal kepada google bot untuk mengindeks artikel yang kamu ajukan pengindeksan agar tampil di halaman pencarian.

Proses ini bisa memakan waktu cepat semisal 1 jam, atau bahkan bisa lama sekitar 1 hari - 7 hari. Tergantung lalu lintas pengajuan indeks url yang masuk ke google ya.

Yang jelas, kamu bisa sering-sering mengeceknya dengan menyalin dan menempelkan url artikelnya di kotak pencarian google. Jika google sudah mengindeks dan menyetujui permintaan indeks, artikelnya akan tampil seperti ini:

Penutup

Dengan mengajukan indeks url artikel di google search console, kamu telah mengupayakan agar artikelnya bisa diprioritaskan untuk di indeks oleh google. Well itu saja, semoga konten ini bermanfaat untukmu ya.