No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Apa Itu Meta Description, Fungsi, & Manfaatnya untuk Blog

Topik KontenMeta Description
Kategori KontenSEO
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi, Developer Google, & Undraw.co
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu apa itu meta description, fungsi, dan manfaatnya untuk seo website

Saat belajar SEO, apakah kamu pernah mendengar istilah meta description? Jika belum, saya akan mengenalkanmu dengan istilah ini agar optimasi seo website atau blog milikmu bisa maksimal.

Mengenal Apa Itu Meta Description, Contoh, Fungsi, & Manfaatnya Dalam SEO

Di pembahasan artikel ini, saya akan memulainya dari pengertian meta deskripsi, fungsi, hingga manfaat besar yang bisa kamu peroleh dari optimasi seo ini. Yuk disimak!

Apa Itu Meta Description?

Pertama kita bahas pengertian meta deskripsi, penjelasan mudahnya, meta description adalah sebuah cuplikan deskripsi atau ringkasan dari artikel yang tayang di hasil penelusuran Google.

Bentuk & Contoh Meta Description

Untuk memudahkanmu mengenal seperti apa sih meta deskripsi itu, kamu bisa lihat contohnya melalui gambar cuplikan dari google & website daily blogger pro berikut ini:

Pada gambar pertama, ilustrasi gambarnya saya kutip dari website developer google, mereka sudah menandai meta deskripsinya dengan kotak hijau.

Untuk contoh riil di halaman pencarian google, bisa lihat gambar kedua yang sampelnya menggunakan website daily blogger pro ya, dibawah judul yoast seo, ada deskripsi tentang isi kontennya, nah itulah meta description.

Fungsi Meta Description yang Harus Kamu Tahu

Meta description berfungsi untuk memberitahu audien yang sedang mencari informasi di google tentang apa isi dari konten sebuah web, jadi audien bisa memutuskan untuk memilih membuka konten tersebut atau tidak setelah membaca meta deskripsinya.

Manfaat Meta Description untuk Website Kamu

Ada beberapa manfaat yang bisa website kamu dapatkan jika menerapkan optimasi seo dengan meta description, ini dia list benefitnya:

Manfaat Meta Description Dalam SEO :
  • 1. Bisa mempersuasi calon pengunjung untuk mengklik dan membuka konten kita dibanding konten kompetitor
  • 2. Menaikkan CTR (Click Through Rate) sesuai ulasan poin pertama sehingga trafik website bisa naik.
  • 3. Memperkaya konten kita di halaman penelusuran Google sehingga terlihat lebih informatif dan menarik dimata calon pengunjung.

Penutup

Dalam keseharian, kita sering melihat teks narasi panjang dibawah judul setiap kali googling, teks deskripsi itu ada bukan tanpa sebab, ternyata itu adalah meta deskripsi. Sekarang kamu jadi tahu ya apa itu meta description, contoh meta deskripsi seperti apa, fungsi utama meta description, hingga manfaatnya untuk web kamu. Well, semoga konten ini bermanfaat untukmu ya.