No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Cara Mengetahui CNAME Custom Domain Blogger yang Hilang

Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Lisensi GambarDokumentasi Pribadi
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu cara menemukan kode CNAME custom domain blogspot yang hilang atau lupa

Pemilik web yang sudah melakukan upgrade custom domain TLD .com di blogspot sering mengalami kendala kesulitan menemukan kode CNAME Label / Host & CNAME Destination / Tujuan.

Khususnya bagi pemilik web yang memutuskan untuk mentransfer domainnya ke registrar baru karena registrar penyedia domain lama bermasalah.

Awalnya, saya pikir kalau domain sudah ditransfer, maka domain web bisa langsung diakses tanpa perlu input ulang kode A record dan kode unik CNAME Blogger.

Ternyata anggapan saya salah, pemilik website tetap harus menginput kedua kodenya lagi. Disinilah masalahnya muncul, saya dan pengguna cms blogspot lainnya kesulitan menemukan kode CNAME-nya.

Di cms blogger, kode CNAME hanya muncul 1x saja, yaitu saat kamu pertama kali menginstall custom domain pada website blogger milikmu.

Masalah kedua; kalau kita mencoba untuk mencari kode CNAME di registrar lama, hal itu tidak memungkinkan, karena domain sudah berpindah atau skenario terburuknya, bisnis provider domainnya sudah bangkrut!

Kamu nggak perlu panik ya. Soalnya saya akan membagikan tips mendapatkan kembali kode CNAME yang hilang atau lupa agar domain website yang baru kamu transfer ke registrar baru bisa diakses kembali.

Tips Mengetahui Kode CNAME Custom Domain Blogspot

Ceritanya saya sedang mentrasnfer domain website gaming saya yang ini ke registrar baru; Dailygamerpro.id, tapi masalahnya, saya lupa dengan kode cname website tersebut. Untungnya ada cara mencari tahu kode unik CNAME web blogspot.

Oleh karenanya, saya membuat artikel ini agar kamu juga bisa mendapatkan kode CNAME blogspot milikmu kembali.

1. Kunjungi dan Buka Properti Website Kamu di Google Search Console

Silahkan kunjungi website resmi google search console berikut; https://search.google.com/search-console/about. Setelah itu klik tombol "Mulai Sekarang".

2. Buka Menu Setelan & Pilih Opsi Pengguna dan Izin

Begitu masuk ke halaman properti domain di google search console, silahkan buka menu setting atau setelah, pilih opsi pengguna dan izin. Kemudian, kamu akan diarahkan ke halaman baru, coba cek menu pengguna, spesifiknya di samping kategori izin, ada menu titik tiga, klik menu tersebut:

Kemudian akan muncul opsi baru setelah mengklik titik tiga, klik menu "Detail Verifikasi Kepemilikan" seperti ini:

Setelah mengklik opsi "Detail Verifikasi Kepemilikan", maka kode CNAME website milikmu akan muncul.

Ada dua kode CNAME, pertama kode host dan destination, silahkan salin kedua kode tersebut untuk di input ke DNS manager di website dimana kamu mentransfer domain website milikmu ya.

Penutup

Cukup 2 langkah saja untu mengetahui dimana kamu bisa menemukan kode CNAME Blogspot untuk kebutuhan custom domain website cms blogger. Mudah, bukan? Semoga artikel ini bermanfaat buatmu ya :)