No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Apa Itu Case Building Di Lomba Debat?

Topik KontenLomba Debat
Kategori KontenKelas Debat B.Inggris
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi Ketika Penulis Menjadi Juri Lomba Debat B.Indonesia di SMAN 90 Jakarta
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar tahu apa itu sesi case building yang ada di hari H lomba debat

Saat baru pertama kali mengikuti lomba debat, baik itu lomba debat b.inggris atau b.indonesia, kita tuh clueless alias nggak tahu apa-apa banget soal jalannya lomba debat, ada sesi apa aja, dan mungkin case building jadi istilah asing buatmu.

Oleh karenanya, di seri artikel panduan debat dasar ini, saya mau mengenalkanmu dengan apa itu case building yang sering ada di lomba debat. Yuk simak ulasannya di poin selanjutnya!

Pengertian Case building, durasi, & Perlengkapan yang Boleh Dipakai Saat Lomba Debat

Saat kamu memasuki sesi case building, pastinya kamu bingung ini mau ngapain, apa aja kententuannya, dan apakah ada poin yang harus dipatuhi? Semuanya akan kita bahas lengkap dimulai dari pengertian apa itu case building di pembahasan berikutnya.

Mengenal Apa Itu Case Building Dalam Lomba Debat

Penjelasan mudahnya, case building adalah momen yang disediakan panitia setelah motion launch dimana kamu diberi waktu tertentu untuk membuat argumen yang nantinya akan kamu presentasikan bersama tim debatmu di depan adjudicator alias juri.

Berapa Lama Durasi Case Building Dalam Lomba Debat?

Durasi case building berbeda-beda menyesuaikan sistem parlementer debat apa yang dipakai dalam lombanya. Mudahnya, ini perbedaan durasi waktu case building sesuai sistem debatnya:
Case building sistem asian parliamentary: waktu 30 menit

Case building sistem british parliamentary: waktu 15 menit

Aturan yang Harus Dipatuhi Debater Selama Case Building Berlangsung

Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh pendebat selama case building sedang berlangsung, berikut list aturannya:
1. Pendebat dilarang menggunakan smartphone untuk browsing riset materi di internet

2. Pendebat diperbolehkan membawa paper (koran), makalah, artikel, dll yang bisa dipakai untuk riset materi

3. Pendebat tidak boleh minta bantuan pihak diluar tim seperti; guru atau dosen pendamping, pelatih official, dll untuk membantu membuatkan materi argumen untuk pertandingan

Lokasi Case Building Tim Pro & Kontra

Saat case building, panitia akan membagi lokasi untuk kedua tim. Tim pro bisa melakukan case building / riset materi di dalam ruangan, sedangkan tim kontra melakukan case building diluar ruangan.

Pemisahan lokasi ini dibuat agar tim lawan tidak bisa tahu materi argumen apa yang akan dipresentasikan oleh tim lawannya.

Penutup

Dari konten ini, kamu jadi tahu ya apa sih case building itu di lomba debat, berapa durasinya, ada aturan apa aja yang harus diikuti serta posisi tempat melakukan case building sudah lengkap dibahas di artikel ini. Well, semoga konten ini bermanfaat buatmu ya.