No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Apa Itu Prepared Motion Dalam Lomba Debat?

Topik KontenJenis Mosi Debat
Kategori KontenKelas Debat B.Inggris
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi Ketika Penulis Menjadi Juri Lomba Debat B.Indonesia di SMAN 90 Jakarta
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar tahu salah satu jenis mosi dalam lomba debat b.inggris

Prepared motion ini dipakai di lomba debat bahasa Inggris dan Indonesia ya. Istilah ini sering dipakai oleh penyelenggara lomba debat, baik itu tingkat pemerintah, universitas, dan sekolah.

Yang jelas, karena motion / mosi debat adalah topik fundamental yang harus dikuasai debater, maka kamu perlu mengetahui apa itu prepared motion.

Mengenal Apa Itu Prepared Motion

Penjelasan mudahnya, prepared motion adalah jenis mosi debat yang daftar topiknya sudah diberitahukan kepada para peserta lomba debat sejak jauh-jauh hari sebelum hari H pelaksanaan lomba dimulai.

Apakah Prepared Motion Sudah Pasti Terpilih Semua & Muncul di Semua Ronde Debat?

Jawabannya, bisa iya dan tidak. Biasanya panitia akan memberitahukan 10 list mosi debat (jumlah tergantung kesepakatan panitia), dari semua list tersebut, ada mosi yang akan terpilih dan tidak.

Jadi, meskipun kamu tidak tahu mosi mana duluan yang terpilih untuk babak penyisihan dan selanjutnya, setidaknya, kamu bisa melakukan riset untuk semua mosi yang sudah dirilis oleh panitia.

Dengan begitu, apapun mosi debat yang terpilih, tim debatmu sudah siap bertanding melawan tim lawan.

Penutup

Sekarang kamu tahu ya apa itu prepared motion. Jadi, kalau nanti kamu ikut lomba debat dan panitianya bilang jenis mosi yang dipakai adalah prepared motion, kamu dan tim debatmu bisa tahu apa saja list topik debat yang akan dipakai di hari H pertandingan. Well, semoga konten ini bermanfaat buatmu ya.