No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Cara Membuat Fitur Checkout Marketplace di Blogspot

Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Jenis KontenKonten Khusus Member
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa menginstall plugin checkout ala marketplace di platform cms blogger.com

Dulu, di tahun 2008, platform cms blogspot / blogger.com cuma bisa digunakan sebagai media blog personal, hanya sebatas itu saja.

Tapi seiring bertambahnya jumlah web developer 3rd party untuk cms blogspot, mulai bermunculan template premium yang memungkinkan pengguna membuat toko online di website berbasis blogspot.

Mulai dari layout tampilan, menu, katalog produk, plugin flash sale, hingga fitur checkout juga tersedia, yaitu menggunakan whatsapp atau email seperti ini:

Email marketing dari dulu memang efektif untuk melakukan transaksi hingga sekarang. Whatsapp juga memungkinkan calon pembeli berdiskusi terkait barang atau jasa yang ingin beli dari seller.

Di tahun 2020, saya pun menggunakan sistem checkout yang mengandalkan whatsapp dan email. Hasilnya? Ya, banyak klien yang memesan jasa pelatihan debat bahaasa Inggris (NSDC, NUDC, WSC, dll) yang saya jual di website toko online berbasis blogspot.

Tapi ada satu kekurangan dengan sistem checkout tersebut, yaitu; semua calon pelanggan yang menekan tombol "beli" tidak langsung melakukan transaksi pembayaran sehingga ada banyak klien yang batal membeli.

Setelah mengetahui kekurangan sistem checkout berbasis whatsapp dan email, saya kepikiran apakah ada plugin checkout mirip di marketplace Tokopedia, Blibli, dll, yang mengharuskan calon pembeli untuk langsung membayar biaya transaksi dan upload bukti transaksinya?

Well, jawabannya ada! Di tahun 2023, saya baru bisa menginstall plugin checkout marketplace yang memungkinkan buyer untuk membeli konten premium (Ebook / artikel) di website Daily Blogger Pro sekaligus upload bukti pembayarannya seperti ini:

Oh iya, plugin checkout marketplace ini pun bisa dikombinasikan dengan plugin membership sehingga buyer tidak perlu menginput nama, email, no hp, dan informasi lainnya. Jadi, fitur checkout ini akan mengambil data user secara otomatis dari database member. Pembeli bisa langsung bayar dan upload bukti transfer pembayaran seperti ini:

Setelah buyer upload bukti pembayaran, ia akan mengklik konfirmasi pembayaran dan akan diarahkan ke halaman informasi pesanan seperti ini:

Sudah mirip dengan fitur checkout di marketplace, bukan? Pembeli bisa langsung bayar, upload buukti transfer, konfirmasi, dan ada informasi pesanannnya. Begitu buyer mengklik konfirmasi pesanan, kita, sebagai pemilik website pun akan mendapatkan notifikasi order di telegram seperti ini:

Kalau sudah membuka notif order dari buyer, kita bisa langsung memproses pesanan pelanggan. Kelebihan plugin checkout marketplace ini jika diterapkan pada web blogspot adalah kita bisa mengeliminasi calon buyer yang tidak niat membeli tapi banyak tanya seperti yang sering terjadi jika kita menerapkan pembayaran di WA.

Tertarik untuk menginstall plugin ini di blog / website blogspot milikmu? Jika tertarik, kamu bisa berlangganan konten membership Daily Blogger Pro dengan cara mengklik tombol "Gabung" dibawah ini:

Pelanggan kami
Terima kasih, sudah berlangganan konten DBP!

Ini adalah konten khusus member, artikel ini hanya terbuka bagi yang sudah berlangganan membership. Terimakasih