No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

4 Kontribusi Nyata PAFI Kabupaten Probolinggo untuk Masyarakat

Di kondisi status quo saat ini, kebanyakan kita abai dengan satu nikmat yang kita miliki, yaitu kesehatan.

Entah karena di circle kita tidak ada orang yang bekerja sebagai tenaga medis dari rumah sakit, apoteker, kuliah jurusan farmasi, atau praktisi ahli di bidang farmasi.

Mungkin karena ketidakhadiran figur tersebut di lingkungan terdekat, kita, sebagai masyarakat, jarang mendapatkan sosialisasi atau pelayanan kesehatan secara merata & berkelanjutan.

Tapi kamu, saya, dan semua masyarakat tak perlu khawatir lagi, karena ada satu organisasi bernama PAFI yang bisa mengisi peran nyata di bidang industri farmasi untuk kebermanfaatan masyarakat.

Di artikel ini, kita akan membahas salah satu kontribusi dari organisasi PAFI Kabupaten Probolinggo. Apa saja kontribusi nyata yang sudah mereka berikan kepada masyarakat? Mari cari tahu lewat artikel ini.

Mengenal Apa Itu PAFI

Apa sih PAFI itu? Well, penjelasan mudahnya, PAFI merupakah singkatan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Sesuai namanya ya, organisasi skala nasional ini fokus bergerak di bidang farmasi di Indonesia.

PAFI sudah ada sejak 70 tahun lalu, spesifiknya, organisasi ini sudah ada sejak diprokalamasikannya kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Dulu, organisasi ini diresmikan pada tanggal 13 Februari 1946 bertempat di Yogyakarta

Itu berarti, eksistensi PAFI cukup penting posisinya dalam Pembangunan Masyarakat dan Negara, khususnya di bidang kesehatan sesuai spesialisasinya.

Oke, kita sudah tahu apa itu PAFI, kapan peresmiannya, & bidang spesialisasinya. Sekarang, saya ingin mengajak kamu untuk mengetahui kontribusi yang telah dilakukan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Probolinggo, yuk cari tahu lewat poin pembahasan selanjutnya.

4 Kontribusi Nyata PAFI Kabupaten Probolinggo untuk Meningkatkan Taraf Kesehatan Masyarakat

Bagi kamu yang tinggal di Probolinggo, wajib tahu nih kontribusi yang sudah dilakukan oleh PAFI Kabupaten Probolinggo, siapa tahu kamu atau orang terdekatmu bekerja di bidang farmasi, bisa memanfaatkan fasilitas dan layanan yang PAFI sediakan.

Kalau membahas kontribusi, pasti nggak akan jauh pembahasannya dari program kerja yang dibuat oleh PAFI, jadi ini dia program kerja dan hasil kontribusinya:

1. Pelatihan & Workshop

PAFI Kabupaten Probolinggo punya program pelatihan atau workshop berkala dengan pembahasan materi perkembangan terbaru di bidang farmasi, teknologi farmasi, serta manajemen farmasi.

Jadi, kalau kamu ingin mendapatkan pelatihan di bidang yang sudah disebutkan, silahkan ikuti workshop yang disediakan oleh PAFI cabang Probolinggo ya.

2. Seminar & Simposium

Program kerja kedua, ada seminar dan simposium. Di program ini, masyarakat bisa mendapatkan informasi dari para pakar dan praktisi langsung lho! Para pemateri kredibel ini akan berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait isu-isu terkini di dunia farmasi.

3. Pengabdian Masyarakat

Bagian terbaiknya, PAFI Probolinggo punya program kerja yang langsung memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat lho! Iya, ada program pengabdian masyarakat seperti; penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan gratis, dan kampanye penggunaan obat yang bijak di masyarakat.

4. Sertifikasi Profesi

Kontribusi keempat, selain menargetkan masyarakat umum, PAFI juga ingin memberikan manfaat terbaiknya untuk para tenaga medis dan farmasi, khususnya yang telah menjadi anggota PAFI Probolinggo. Jadi, para anggota PAFI akan mendapatkan sertifikasi profesi untuk meningkatkan kredibilitas dan kompetensi di bidang farmasi. Menarik, bukan?

Kita jadi tahu ya kalau ada organisasi bernama PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia). Dan organisasi ini punya banyak cabang di setiap daerah, Probolinggo misalnya. Ada banyak kontribusi yang sudah dilakukan oleh PAFI Kabupaten Probolinggo. Well, semoga artikel edukasi ini bermanfaat untukmu ya, khususnya warga Probolinggo.