Mau Mahir Ngobrol Bahasa Inggris Tanpa Harus Kursus? Ini Panduannya!

Cara Cepang Ngomong Inggris Sehari, Lancar Cas Cis Cus Bahasa Inggris Tanpa Kursus Mahal, Mahir bahasa Inggris tanpa les mahal, Cara cepat belajar bahasa Inggris mandiri
5 Cara Cepat Mahir Ngomong Bahasa Inggris Tanpa Kursus Mahal | Dokumentasi Pribadi: Daily Blogger Pro

Bisa berkomunikasi dalam bahasa internasional mungkin jadi impian bagi tiap orang. Namun, tidak semua orang bisa menguasainya, selain karena biaya belajar di lembaga kursus terbilang mahal, jadi, kita mungkin berpikir mencari alternatif lain.

Ada enggak sih cara belajar bahasa Inggris secara mandiri tanpa harus kursus? Ada kok! Lewat tulisan ini, saya ingin berbagi tips sederhana yang sudah saya terapkan sendiri yang siapa tahu kamu bisa mencobanya

5 Cara Cepat Mahir Percakapan Bahasa Inggris Tanpa Kursus Mahal


1. Baca, Hafalkan, Dan Gunakan Kosakata Bahasa Inggris Yang Baru Kamu Pelajari

Kamu enggak harus berkutat dengan membaca kamus tebal membosankan dan akhirnya malah terlelap nyenyak setelah membaca halaman pertama.

Ada baiknya kamu membaca kosakata bahasa inggris yang sering digunakan dalam keseharian dan dikategorikan sesuai konteks penggunaannya. Dimana mencari sumber bacaan seperti yang saya sarankan?

Alih-alih menyuruhmu googling dari satu website ke website lain, saya ingin memberitahu jalan pintas nih buat kamu, kamu bisa membaca blog yang membuat konten kosakata kontekstual dan relevan dengan tips pertama ini, kamu bisa belajar di blog ini; Daily Blogger Pro.

Di blog ini, kamu bisa membaca artikel kosakata yang sudah disesuaikan dengan kategori konteks penggunaannya masing-masing. Misalnya kamu ingin tahu kosakata nama-nama jurusan dalam bahasa Inggris, cari di pencarian blognya, dan voila! Artikel yang kamu cari muncul deh, tinggal baca aja semua nama jurusannya, kurang dari 3 menit, kamu sudah tahu kosakatanya.

Beda kalau cari di kamus manual, kamu harus pindah dari satu halaman ke halaman lain karena sistemnya menggunakan abjad, bukan list kosakata sesuai kategori, jadi bakalan menghabiskan banyak waktu.

2. Gunakan Teknik Reading Aloud

Beli buku percakapan bahasa Inggris yang isinya dialog. Biasanya kamu akan mendapatkan CD berisi konten suara yang bisa kamu dengarkan. Dengarkan dulu cara pengucapannya, baru baca ulang tanpa mendengarkan audio dialognya dengan suara keras.

Reading Aloud atau membaca dengan bersuara bisa meningkatkan rasa percaya diri saat mengucapkan kalimat bahasa Inggris pertamamu. So, gunakan teknik yang saya sarankan ini ya.

3. Latihan Berdialog Dengan Teman

Setelah berlatih membaca teks dialog dengan bersuara, latihan selanjutnya, kamu bisa mengajak temanmu untuk berlatih dialog bersama. Latihan ini bermanfaat untuk melatih kemampuanmu dalam berkomunikasi di tahap awal.

4. Ajak Ngobrol Bule Di Tempat Wisata

Kalau kamu tinggal di Jakarta, kamu bisa mengunjungi Kota Tua, disana banyak bule yang sedang traveling. Biar kamu pede meskipun kemampuan komunikasimu masih pas-pasan, Saya sarankan kamu latihan percakapan sederhana seperti meminta foto bersama. Dialognya singkat, kira-kira seperti ini;

A: Sir, do you mind if I take a picture with you, please? - Pak, jika berkenan bolehkah saya berswafoto bersama Anda?

B: Yes, I don't mind. - Ya, silahkan.

(Ambil foto bersama dengan bule)

A: Thank you, sir. - Terimakasih, pak.

B: Don't mention it. - Terimakasih kembali.


5. Keluar Zona Nyaman Dengan Cara Ikut Lomba

Kamu bisa ikut lomba bercerita, pidato, atau bahkan debat bahasa Inggris. Manfaatnya kamu bisa mengasah sejauh mana kemampuan berbahasamu. Kamu juga bisa dapat teman baru dan belajar darinya.

Itu dia tips sederhana yang bisa kamu terapkan untuk belajar bahasa Inggris secara mandiri tanpa harus kursus bahasa Inggris. Ternyata ada banyak cara ya yang bisa kita lakukan untuk mahir berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Silahkan diterapkan kiat-kiat yang saya bagikan di tulisan ini dan semoga bermanfaat ya. :)

Click to comment