No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Apa Itu Motion Dalam Debat B.Inggris? Ini Maksudnya!

Topik KontenDebat B.Inggris
Kategori KontenKelas Debat Dasar
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar siap mengikuti lomba debat b.inggris dimulai dengan mengambil langkah pertama; mengenal & memahami apa itu motion.

Mau ikut lomba debat b.inggris tapi baru denger istilah "motion" aja udah bingung & sakit kepala?

Nggak usah bingung lagi ya, konten seri kelas debat b.inggris dasar ini akan memandu kamu untuk memahami apa itu motion dan jenis motion yang sering digunakan dalam lomba debat serta contohnya.

Pengertian Motion, Jenis, & Contohnya

Dalam konten kelas debat dasar seri pertama ini, kami akan mengenalkanmu dengan pengertian motion, siapa yang membuatnya, apa tujuan motion dibuat, topik / genre apa saja yang sering diambil untuk dijadikan motion, dan contohnya. Simak hingga tuntas ya!

Apa itu Motion Dalam Lomba Debat B.Inggris?

Penjelasan mudahnya, motion adalah topik perdebatan yang digunakan dalam lomba debat.

Siapa yang Membuat Motion Lomba Debat & Apa Tujuannya?

Motion dibuat oleh Adjudicator-Core (Ketua Juri dalam Lomba Debat). Tujuan mosi dibuat adalah juri menginginkan sebuah solusi permasalahan yang diangkat dalam sebuah motion dari para pendebat (baik itu tim pro / kontra).

Kategori Motion Dalam Lomba Debat B.Inggris

Untuk jenis / genre topik debatnya, adju-core akan mengangkat isu dari berbagai latar belakang disiplin ilmu mulai dari;

1. Pendidikan
2. Sosial
3. Agama
4. Politik
5. Lingkungan
6. Ekonomi
7. Internasional
8. Budaya
9. Hak Asasi Manusia
10. Hukum
11. Sains
12. Olahraga
13. Digital, dll

Contoh Motion Dalam Lomba Debat B.Inggris

Motion debat sangat mudah dikenali asalkan kamu mengetahui frase baku yang sering digunakan, yaitu this house would (THW), this house believe that (THBT), dll. Berikut contoh motion yang akan sering kamu temui dalam lomba debat;

1. THW ban smoking
2. THBT internet censorship brings more harm for digital freedom
3. THBT animal has rights

Kesimpulan

Setelah membaca konten ini, kamu bisa menyimpulkan bahwa motion adalah topik yang diperdebatkan dalam lomba debat demi menemukan solusi dari sebuah isu / masalah yang sedang terjadi. Well, sekian materi kelas debat dasar seri pertamanya ya. Kalau artikel ini bermanfaat, kamu bisa share ke temanmu atau boleh juga lanjut ke materi kedua; apa itu motion launch dalam lomba debat b.inggris.