No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

3 Cara Memasang Widget atau Plugin di Blogger

Jenis KontenKelas Blogger.com
Lisensi GambarUndraw.co
Lisensi KontenDaily Blogger Pro
ReferensiBlogger.com
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu bagaimana caranya menginstall fitur web atau plugin di Blogger.com

Sebuah website atau blog memiliki fitur (widget atau plugin) yang sangat berguna untuk end-user, yaitu pengunjung. Untuk kamu yang menggunakan cms blogger.com / blogspot, mungkin sudah pernah lihat fitur statistik pageview, postingan populer, follower, label, dan fitur lainnya.

Semua fitur yang sudah saya sebutkan sebelumnya, bisa kamu install di website / blog milikmu. Caranya cukup mudah, cukup ikuti panduan yang ada di konten ini, setelah itu kamu bisa menginstall fitur web apapun yang dibutuhkan. Yuk, disimak panduannya!

Panduan Memasang Widget atau Plugin Website di CMS Blogger.com

Setidaknya ada tiga cara yang kamu lakukan jika ingin menambah sebuah fitur di website atau blog berbasis blogspot, apa saja caranya? Simak list panduan berikut ini:

1. Cara Menginstall Widget Lewat Menu Tata Letak

Semua pengguna blogger yang pemula sekalipun bisa memasang fitur web melalui fitur "tambah gadget" yang ada di menu tata letak. Untuk langkah konkritnya, silahkan ikuti panduan berikut ini:

1. Login ke akun blogger.com

2. Pilih menu tata letak

3. Pilih lokasi yang ingin kamu tambah fitur web, misalnya kamu ingin menambahkan fiturnya di sidebar kanan website.

4. Klik "tambahkan gadget", kemudian pilih plugin atau widget yang ingin kamu install.

2. Cara Menginstall Plugin atau Widget Website Lewat Sumber Eksternal

Platform cms blogger.com memang sudah menyiapkan fitur / plugin website dasar, namun jika kamu ingin menginstall plugin yang tidak tersedia di blogger, memilih layanan penyedia plugin eksternal adalah solusinya.

Untuk opsi kedua ini, kamu bisa mencari plugin-nya di website web developer yang menjual template blogspot premium, biasanya mereka sering berbagi source code / kode sumber siap pakai sesuai plugin website yang kamu inginkan. Ini 4 rekomendasi website milik web developer indonesia yang menyediakan plugin blogspot gratis yang bisa kamu kunjungi:

Selain sumber referensi dari website pembuat template blogger premium, kamu juga bisa mencari layanan penyedia fitur web premium, biasanya mereka mnyediakan fitur web untuk cms apapun termasuk blogspot!

3. Membuat Fitur Website Sendiri

Cara terakhir ini paling cocok kalau kamu sudah punya pengetahuan dasar seputar html, css, dan javascript. Saya sendiri, pernah mencoba membuat fitur accordion untuk fitur QnA di blogspot dengan berbekal kode html dan css saja ternyata bisa, lho. Kamu bisa baca cara pemasangan plugin buatan saya lewat link artikel berikut ini;

Jadi ya, kalau kamu nggak suka ngoding, opsi ketiga ini bisa kamu skip. Tapi kalau suka ngoding dan punya keinginan kuat menjadi front-end web developer, kamu bisa menciptakan fitur apapun sesuka kamu di platform cms blogger.com. Google membebaskan penggunanya membuat fitur apapun tanpa batasan, baik ya Google. :)

Kesimpulan

Sebuah website mau se-minimalis apapun pastinya punya fitur dasar mulai dari list menu, postingan populer, label atau kategori konten, dan lainnya. Dengan mengetahui cara instalasi widget atau plugin website, kamu bisa memasang fitur apapun yang kamu butuhkan.