No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Apa arti THBT dalam Mosi Debat Bahasa Inggris?

Topik KontenDebat B.Inggris
Kategori KontenKelas Debat Dasar
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi Ketika Penulis Menjadi Juri Debat NSDC 2018 Tingkat SMA di Jakarta Timur
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa mengerti maksud mosi THBT & mampu membuat argumen sesuai posisi tim debatnya

Dalam perlombaan debat bahasa Inggris, juri akan memberikan berbagai macam topik debat / motion kepada peserta debat. Ya, kamu mungkin tidak asing dengan mosi yang diawali dengan singkatan kata; THW, THBT, atau bahkan THR.

Dalam seri artikel bedah motion sebelumnya, kita sudah membahas apa arti THR dalam mosi debat bahasa Inggris. Di seri kali ini, kita akan bedah pengertian mosi yang diawali singkatan kata THBT. Penasaran dengan jenis mosi ini dan intensi goal yang harus ada di mosi ini? Yuk simak pembahasan tuntasnya!

Pengertian Mosi Yang Diawali dengan THBT, Bentuk Argumen, & Goal-nya

Di konten ini, kamu akan mengenal apa itu mosi debat THBT, fokus argumen yang harus dibuat kedua tim, dan goal yang harus dicapai dari mosi ini.

Apa Yang Dimaksud dengan Mosi THBT Dalam Debat Bahasa Inggris?

Penjelasan mudahnya, THBT adalah frasa singkatan yang memiliki kepanjangan arti: "This House Believes That (Dewan ini meyakini bahwa . . . )". Mosi ini mengharuskan kamu untuk menunjukkan dan membuktikan kenapa sebuah statement (dalam hal ini; pernyataan yang ada di mosi debat) dinilai sebagai benar atau salah. Poin penting untuk dicatat;

1. Debater fokus memberikan narasi untuk meyakinkan bahwa pernyataan mosi adalah benar atau salah (sesuai posisi tim debatmu).

2. Di mosi ini tidak ada atau bahkan jarang sekali diminta untuk membuat mekanisme bagaimana sebuah proposal kebijakan bisa diterapkan secara riil.

Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan contoh mosi ini;

Mosi: This House Believe That Teachers Should not Punish Misbehaved Students

Mosi diatas menginginkan adanya pembahasan argumen mengenai; “apakah tidak memberikan hukuman kepada murid yang tidak patuh bisa memberikan efek yang lebih baik dibandingkan menghukum murid tersebut.”

Tips Fokus Argumen Untuk Mosi THBT Yang Harus Diperhatikan Tim Pro & Kontra

Jika kamu kebetulan mendapatkan mosi yang diawali frasa ini, sebagai debater pemula, asal kamu mengigat definisi dan tujuan yang diinginkan mosi, kamu bisa membuat argumen relevan untuk dipresentasikan kepada juri.

Untuk itu, kamu bisa ikuti panduan berikut ini;

Mosi: This House Believe That Teachers Should not Punish Misbehaved Students

Argumen Tim Pro

Fokus tim pro adalah membuat argumen yang bisa meyakinkan juri bahwa guru tidak seharusnya menghukum murid yang tidak patuh / nakal. Argumen yang bisa dibuat bisa membahas;

+Efek jika memberi hukuman malah akan lebih buruk bagi siswa dan pembelajaran di kelas

+Tawarkan pendekatan lain yang bisa membuat murid tsb bisa sukarela mengikuti pelajaran dari guru dengan senang dan mendapatkan pembelajaran penting yang ia butuhkan.
Argumen Tim Kontra

Fokus tim kontra adalah membuat argumen yang berkebalikan dengan tim pro. Itu berarti kamu setuju dengan mosi jika;

+Memberi hukuman bisa memberikan efek jera dan membuat murid menjadi patuh

+Menyebutkan bentuk hukuman non-fisik dan edukatif yang ada manfaatnya untuk siswa tersebut bisa jadi poin menarik untuk dipresentasikan di depan juri.

Apa Goal / Tujuan Yang Harus Dipenuhi Dalam Mosi THBT?

Setelah tahu definisi dan fokus argumen yang harus dibuat. Kamu sebagai debater juga mesti tahu apa sih tujuan yang diinginkan dari mosi debat ini; THBT Teachers Should not Punish Misbehaved Students. Ini dia ulasannya;

Tujuan Utama (Main Goal) Di mosi ini, tujuan yang harus dicapai kedua tim adalah membuktikan cara mana yang paling efektif, etis, dan benar secara moral agar siswa bisa nyaman belajar termasuk murid yang mendapat label “misbehaved”. Haruskah siswa tsb dihukum atau tidak.

Kesimpulan

Dengan memahami mosi yang diawali frase this house believes that (THBT), tim debatmu akan punya landasan kokoh supaya bisa membuat argumen yang tepat, relevan sesuai posisi tim yang kamu dapatkan (Pro / Kontra), serta mampu menjawab goal yang diinginkan mosi. Last but not least, semoga konten ini bermanfaat untukmu ya, debaters! :)