No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Cara Mendaftarkan Website Blogger yang Sudah Custom Domain di Google Search Console

Topik KontenSEO Blogspot
Kategori KontenBlogspot
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi & Unspash.com
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu cara mendaftarkan blog atau website blogspot yang sudah di custom domain (.com, id, net, dll) ke google search console.

Kalau sebelumnya saya sudah membahas cara mendaftarkan blog atau website blogger yang masih menggunakan subdomain blogpsot.com, di konten ini saya akan membahas cara mendaftarkan website blogger yang sudah melakukan custom domain di google search console.

Custom domain maksudnya, kamu sudah mengganti url domain yang sebelumnya masih "webdev.blogspot.com / webdev.wordpress.com" menjadi "webdev.com".

Kebanyakan panduan yang beredar di google lebih banyak membahas cara mendaftarkan website yang menggunakan subdomain blogspot.com. Oleh karenanya, panduan ini saya buat agar kamu yang sudah melakukan custom domain bisa membuat properti search console yang benar.

Cara Mendaftarkan Blog atau Website Blogger yang Sudah Custom Domain ke Google

Jawaban ringkasnya, kamu perlu mendaftarkan url blog / website yang sudah custom domain ke google search console. Semudah itu.

Yang perlu diperhatikan adalah kamu harus menginput url custom domain pada properti yang tepat. Silahkan ikuti panduan berikut ini:

1. Kunjungi Website Google Search Console

Pertama, kunjungi https://search.google.com/search-console/about, kemudian klik "Mulai Sekarang / Start Now".

2. Pilih Kotak Properti Domain dan Tulis Alamat Lengkap Website Blogger yang Sudah Di Custom Domainnya

Ada dua kotak, Domain & URL Prefix. Silahkan pilih kotak pertama, yaitu Domain. Tulis alamat lengkap website kamu dan klik "Continue / Lanjutkan".

3. Pengajuan URL Website Milikmu Terverifikasi oleh Google

Oke, sama seperti pendaftaran website subdomain blogspot.com, proses verifikasinya otomatis. Pokoknya pendaftaran website ke google search console sangat mudah di tahun 2023, berbeda di tahun sebelumnya, kamu harus menginput kode txt yang harus disimpan pada DNS Domain di platform web kamu membeli domain tersebut. Hal ini dialami oleh klien saya, prosesnya cukup panjang, bisa kamu lihat dengan cara swipe gambar dibawah ini:

Sekarang proses verifikasinya tidak serumit slide gambar diatas, karena website yang dibuat di cms blogger sekalipun sudah di custom domain tetap terafiliasi sebagai produk milik Google. Jadi proses verifikasi website di search console bisa otomatis seperti ini:

Silahkan klik "Go to Property / Buka Properti". Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman dasbor google search console seperti ini;

Selamat! Website custom domain kamu sudah terdaftar di google search console. Kamu bisa mengakses segala fitur SEO yang disediakan oleh google lewat dasbor console ini.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat akun google search console untuk website blogger yang sudah di custom domainnya dan web milikmu juga sudah terdaftar di google. Semoga konten ini bermanfaat untukmu ya. :)